[Update Laporan 1] Apakah 1000 Artikel akan Menghasilkan $100/Bln dari AdSense?

posted in: Blog | 68

Halo dan selamat datang di dUS. Artikel ini adalah laporan pertama dari Eksperimen AdSense: Apakah 1000 Artikel Akan Menghasilkan $100/Bln?

Sebelum Anda lanjut membaca artikel ini, saya sarankan agar Anda membaca artikel pertama. Dengan demikian Anda dapat memahami latar belakang dan tujuan dari eksperimen ini.

Sekarang berita bagusnya. Akhirnya, pada tanggal 14 Agustus 2015 saya telah mempublikasikan aritkel ke 1000 dalam 20 hari. Yayyy!!!

1000 posts

Saya tahu beberapa dari Anda terkejut melihat angka di atas. Gila!

Bagi Anda yang tidak mengerti kenapa gila, mari saya berikan Anda sebuah perbandingan. Jika Anda menulis artikel yang orisinil, unik dan berkualitas sehari satu saja, maka diperlukan kurang lebih 3 tahun untuk mencapai 1000 artikel.

Sementara faktanya, sebagian besar orang tidak bisa menerbitkan satu artikel setiap hari secara konsisten. Mereka akan lebih lama lagi untuk mencapai jumlah tersebut. Jadi jika saya dapat mengompress 3 tahun menjadi 20 hari saja, maka artinya hanya ada satu…

Saya adalah Superman.

Ah, bukan saya bercanda. Mari saya jelaskan semuanya di bawah.

Dan saya juga akan beritahukan, berapa banyak uang yang dihasilkan oleh situs itu dalam waktu 20 hari.

Perubahan

Pertama, saya ingin menginformasikan beberapa perubahan dari rencana semula.

  1. Saya menggunakan tema Avada dan bukan StudioPress.
    Alasannya karena saya ingin situsnya terlihat lebih baik.
  2. Saya mengurangi gol 3 bulan menjadi 20 hari.
    Alasannya karena saya tidak ingin menghabiskan terlalu banyak waktu untuk eksperimen ini. Ini adalah eksperimen yang menarik, tetapi prosesnya membosankan.
  3. Awalnya, total kata per artikel hanya sampai 300, sekarang antara 50 hingga 1000 kata.
    Alasannya akan Anda ketahui setelah membaca artikel ini.

WordPress plugin yang saya gunakan

Saat ini saya hanya menggunakan 7 plugin:

  1. Ad Inserter – untuk mengelola iklan
  2. Akismet – untuk mengelola komen spam
  3. Fusion Core – plugin inti dari tema Avada
  4. Heartbeat Control – untuk mengontrol API WP Heartbeat, mencegah penggunaan resource berlebih dari server hosting. Sebab kala Anda menerbitkan banyak artikel, penggunaan CPU dan Memori bisa sering kena limit (shared hosting).
  5. Jetpack by WordPress.com – untuk statistik yang sedeharna.
  6. W3 Total Cache – untuk pengaturan caching
  7. WordPress SEO – untuk mengelola SEO artikel dan situs

Cara saya menerbitkan 1000 artikel dalam 20 hari

Awalnya saya membuat sebuah gol untuk menulis 13 post per hari dan eksperimen ini akan selesai dalam 3 bulan. Akan tetapi kemudian saya menyadari meskipun hanya menulis 300 per artikel masih terlalu sulit dan tidak realistis.

Selain itu, saya tidak memiliki passion untuk mengembangkan situs tersebut. Saya sekedar ingin bereksperimen. Oleh karena itu saya memutuskan untuk tidak menggunakan waktu saya ke dalam pembuatan konten lagi dan meminjam konten orang lain.

Jadi realitanya, satu-satunya cara saya bisa mencapai 1000 artikel dalam 20 hari adalah dengan tidak menggunakan konten saya sendiri.

Harap catat: Saya mengerti sepenuhnya, beberapa metode yang saya gunakan di dalam eksperimen ini secara teknis melanggar hak cipta, meskipun saya menghaluskannya dengan kata “pinjam.” Tidak tertutup kemungkinan saya terkena masalah. Oleh karena itu saya tidak menganjurkan Anda menggunakan beberapa metode yang gunakan di dalam eksperimen ini untuk mencari uang dari AdSense.

Berikut adalah metode-metode yang saya gunakan untuk menghasilkan konten:

  1. Scan dari majalah-majalah – Saya menggunakan scanner CanonScan Lide 110 dan sebuah software OCR (Optical Character Recognition) untuk mengubah gambar menjadi teks. Metode ini memungkinkan saya untuk menerbitkan lebih dari 100 artikel per hari.
  2. Tulis ulang – Saya menulis ulang beberapa artikel Wikipedia dan beberapa cerita rakyat Indonesia.
  3. Menerjemahkan – Saya menerjemahkan beberapa artikel Ezine dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indoanesia.
  4. Menggunakan artikel lama – Saya memindahkan beberapa artikel lama dUS ke situs eksperimen.
  5. Tulis sendiri – Ada beberapa artikel baru yang saya tulis sendiri.
  6. Dapat artikel dari teman.

Dari 6 metode di atas, paling banyak saya menggunakan metode no.1. Saya dapat menerbitkan 30, 50 hingga lebih dari 100 artikel per hari. 50 artikel biasanya memerlukan waktu 5 jam, itu sudah termasuk waktu istirahat.

Kecepatan menelurkan 1 artikel menggunakan metode no.1 tergantung dari:

  1. Layout – semakin sederhana layout sebuah majalah, semakin cepat prosesnya. Kita tidak perlu menata ulang formatnya.
  2. Berapa kali scan – Jika sebuah artikel majalah terdiri dari dua halaman, maka proses scanning menjadi dua kali. Itu akan menambah waktu penerbiatan sebuah artikel, namun isinya akan menjadi lebih dalam dan banyak informasi.
  3. Cari artikel – Jika saya harus mencari dan memilah konten di sebuah majalah, prosesnya jadi tambah lama.

Untuk informasi, kualitas konten yang saya ambil dari majalah sebagian besar berkualitas baik. Setiap artikel bisa mengandung 50 hingga 1000 kata.

Saat ini, saya tidak memformat artikel saya dan juga tidak menggunakan gambar. Hanya kurang lebh 1% yang diformat dan ada gambarnya.

Kemajuan artikel dan trafik

The first visitor

Ini adalah grafik trafik dari 26 Juli hingga 14 Agustus 2015.

Grafik tersebut menunjukkan, bahwa visitor pertama saya adalah tanggal 1 Agustus. Sebenarnya itu adalah kunjungan saya sendiri, pengunjung sesungguhnya baru ada tanggal 2 Agustus. Mereka mulai datang setelah 8 hari. Saat itu setelah saya menerbitkan kurang lebih 120 artikel.

Pada tanggal 6 Agustus, saya telah menerbitkan 359 artikel dan Google masih mengirimkan trafik. Trafiknya terus naik semenjak itu.

Pada tanggal 9 Agustus, saya telah mencapai setengah dari perjalanan. Saya telah menerbitkan 500 artikel. Trafik masih tetap ada sedikit, tapi bounce rate masih terbilang tinggi.

Pada tanggal 14 Agustus, Saya telah mencapai gol 1000 artikel. Trafik tampak masih tetap meningkat. Pageview tertinggi adaalah 14 PV.

Dalam 20 hari, persentase trafik sekitar 1% hingga 1,5% dari total artikel yang diterbitkan.

Berapa banyak uang yang dihasilkan oleh situs tersebut?

Juragan cipir memperkirakan dibutuhkan 1000-3000 unique visitors (UV) untuk menghasilkan $3,5 per hari. Sebagaimana Anda dapat lihat di statistik, saat ini UV terbaiknya baru 11 UV per hari.

Jadi bisa Anda tebak, situsnya belum menghasilkan apa-apa saat ini.

Kesimpulan

Memiliki 1000 artikel tidak otomatis memberikan Anda ribuan uniqe visitor. Itu artinya jika Anda membeli 1000 artikel hari ini, jangan berharap uang akan mulai mengalir keesokan harinya. Kesuksesan untuk mencapai sedikitnya $100/bulan dari AdSense tidak hanya tergantung dari jumlah artikel semata.

Akan tetapi saya akui, mendapatkan pembaca pertama dari mesin pencari jauh lebih cepat dibandingkan saat saya memulai dUS. Hanya dalam 8 hari!

Untuk saat ini, jawaban dari pertanyaan:
Dapatkan 1000 artikel menghasilkan $100 per bulan? Tidak
Tetapi apakah nanti bisa? Mungkin. Kita harus tunggu dan lihat.

Rencana ke depan

Saya akan biarkan situs ini selama 3 bulan untuk melihat pertumbuhannya. Saya hanya akan mengalokasikan waktu saya sekitar 5-10% untuk perawatan.

Kata terakhir

Jika Anda mengikuti blog ini, Anda mungkin telah membaca artikel AdSense: Analisa Teori Mencapai $100/bulan dalam 2 bulan. Di artikel tersebut saya ada menyinggung tentang pembuatan konten dalam jumlah besar mirip dengan eksperimen ini. Saya ingin menyoroti topik ini untuk nubi.

Ketika saya pertama kali mulai AdSense, saya membaca tentang beternak blogspot. Itu adalah metode membuat  banyak blog niche di blogspot untuk mendapatkan penghasilan dari AdSense.

Tampaknya mereka dapat mencapai sukses dalam waktu yang singkat mungkin sekitar 3-6 bulan. Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana mereka dapat mengurus semua blog-blog itu. Dan bagaimana mereka dapat membuat konten untuk semua blog itu. Sementara disana Anda duduk di depan laptop, menatap kursor berkedip, berjuang, bahkan untuk membuat satu artikel.

Mari saya beritahukan sebuah rahasia. Memang tidak mudah untuk membuat satu artikel yang bagus. Butuh banyak waktu. Lihat saja artikel ini, butuh 20 hari yang penuh kerja keras. Ini realitanya, dengan cara biasa Anda tidak akan pernah bisa menyamai petani blogspot itu.

Karena pada umumnya mereka hanya menggunakan kembali/ mengubah kata-kata/ menulis ulang konten orang. Atau yang punya modal, beli artikel. Beberapa dari mereka bahkan ada yang sampai mencuri konten orang lain, entah dengan kopas maupun menggunakan teknik auto generated content (AGC). Jadi jangan heran dengan kecepatan mereka.

Bukan tidak mungkin cara biasa dapat berhasil, namun hal ini akan melibatkan kemampuan membuat konten yang baik dan kemampuan promosi yang baik.

Dengan mengangkat topik ini, saya hendak membuat ekspektasi Anda lebih objektif. Jika Anda berencana untuk menyamai eksperimen ini dengan menulis 1000 artikel dalam 20 hari sendirian, Anda tidak akan pernah sampai. Atau jika Anda berencana membuat 100 blog yang berhasil dalam tempo singkat, Anda bermimpi. Seorang diri itu ada batasnya.

Harap diingat, eksperimen ini bukan hendak mengajarkan Anda cara membuat 1000 artikel dalam 20 hari, melainkan untuk menunjukkan, apakah kuantitas dapat membantu Anda menghasilkan $100/mo dari AdSense.

Jika memang nanti jawabannya adalah bisa, masih ada strategi lain yang bisa Anda gunakan, misalnya: berkoloborasi dengan penulis lain seperti yang dilakukan seorang blogger bernama Gee John untuk membangun erudisi.com.

Ok, semoga Anda dapat belajar sesuatu dari laporan ini dan saya ingin mendengar komentar, pendapat dan masukan Anda.

Highlight

Saya menemukan sebuah komentar yang menurut saya menarik dan saya ingin menyorotinya. Komentar ini diposting oleh Aditra. Ternyata ia juga sudah melakukan percobaan 1000 artikel dengan cara membeli, dan ia membagikan hasilnya.

Bener sekali gan , saya juga telah berekspreimen selama 8 bulan beli 1000 artikel, trafik masih 400 / day itupun sebagian besar trafik dari artikel saya yang saya pindah dari eksperimen blog lama saya yang temanya tidak cocok buat adense. Pernah saya coba pasang adsense dan hanya dapet rata2 4 klik perhari total dapet duit adsense $ 0,2 – 0,4 per day. Memang butuh waktu yang lama untuk sukses melalui adsense bila bermain jujur. Karena tentunya google pun sudah sangat jeli dalam menilai keseriusan seorang pemilik blog. Saya kira kalau kita ingin berhasil adsense ,umur blog juga sangat menentukan kesuksesan bermain adsense, Biasanya setelah 1 tahun trafik blog akan mulai meningkat pesat.

Kelebihan dari Aditra dibandingkan saya adalah ia sudah lebih dulu melakukannya. Dari hasil eksperimen Aditra bisa kita tarik kesimpulan: Memiliki 1000 artikel ternyata belum tentu bisa payout tiap bulan, bahkan setelah 8 bulan.

Trafiknya masih 400 per hari. Padahal jika ingin payout target visitor minimal ribuan. Untuk perhitungannya silahkan baca: AdSense: Kenapa Pendapatan Hanya Berkisar $0 Terus

68 Responses

  1. Soni
    | Reply

    Saya baru mau mencoba eksperimen ini Gan :D
    Ternyata memang butuh perjuangan ya .

  2. youngkimochi
    | Reply

    bagaimana kelanjutan artikel agan-agan sekarang? Apakah sudah mengalami kemajuan semenjak 2 tahun yang lalu? Atau sudah pada berhenti blogging?

  3. Iram M
    | Reply

    Misi mas numpang baca hehe, mksh sharingnya mas & smga sukses trus

  4. gudangpengertian
    | Reply

    ini bener-bener trik edan dan sanggat edan , boleh copas cara dan triknya ya master izin menggunakan trik yang sangat edan ini… gue banget deh…

  5. sumberpengertian
    | Reply

    mantap om percobaannya… gimana bagi waktunya untuk buat artikel lebih dari 10/hari?

    • Juan
      | Reply

      Strategi bikin artikel banyak itu kurang ok. Kecuali kayak perusahaan besar yang satu hari bisa pompa ratusan ribu hingga jutaan artikel.

      • Tedi blog kopinet
        | Reply

        Ini perlu dieksperimen ulang oleh saya sepertinya, heee… salam kenal gan

  6. ruangfoto
    | Reply

    Ribuah artikel jika tidak dapat mendudukin page 1 atau minimal 2 google tidak akan mendapatkan $100/daya, apalagi untuk blog indo..

  7. mister K
    | Reply

    Misi.. Ikut gabung ya mas Juan. Ternyata mas Juan juga berexperiment gela.. Memang bermain itu susah2 gampang, saya pernah berexperiment dalam sehari dapetin 2k pageview Dan mendapatkan 34 klik, dari hasil experiment itu saya mendapatkan 180 US dollar dalam waktu setengah hari.. Namun pihak google lebih pintar untuk di akali dalam waktu 2hari akun adsense sayapun di lenyapkan..

  8. iklanetindo
    | Reply

    pasti bisa gan dan saya yakin bisa lebih dari itu kalau memang isi artikelnya menarik dan bermanfaat, apalagi kalo semua artikel sudah terindex di mesin pencari

  9. hendra
    | Reply

    mantep gan, untuk mendapatkan dolar yang melimpah di butuhkan juga artikel yang melimpah, mesti perbanyak artikel lagi nih…… terima kasih atas artikelnya……

  10. Uhendrayana
    | Reply

    Bisa jadi bahan motivasi dan inspirasi bagi saya gan sebagai blogger pemula, makasih gan artikel nya

  11. Rizqia
    | Reply

    Seru bacanya, dari awal artikel sampai seluruh komentar saya baca, ternyata banyak sekali pelajaran yang bisa dipetik terutama untuks saya sebagai pemula, ekperimennya luar biasa, kesimpulannya tidak ada jaminan artikel banyak banyak juga visitor. menarik thanks

  12. erifsan
    | Reply

    dijaman google sekarang, memiliiki konten ribuan tapi hasil copas jangan anggap dapat page one, mengabil dari majalah cerita, geni, playboy itu juga sudah di anggap copas karena jaman sekarang majallah memiliki situs sendiri.

    cara terbaik agar payout adsen adalah, menulis konten dengan mengulas konten orang lain (rewrite artikel) dengan gaya bahasa kita. Rewrite dengan dan publish artikel sebanyak yang engkauu bisa..

    Strukturkode.blogspot.co.id hanya memiliki artikel kurang dari 500 namun memiliki 10.000 pengunjung perhari. Kuantitas artikel tidak dapat menyaingi kualitas artikel. Google sekarang mementingkan kualitas brooo…

  13. Liliek Suharto
    | Reply

    Tulis ulang artikel orang lain dengan sedikit pengembangan jadi salah satu cara yang sya gunakan juga. Tapi sumbernya selalu dicantumkan :)

  14. ekky
    | Reply

    benar sekali karna google sekarang lebih jeli… saya sepakat artikel diatas…
    terimakasih untuk artikelnya…

  15. Bams
    | Reply

    Thanks mas atas tulisannya, begitu inspiratif!
    Kalau saja tiap artikel bisa teroptimasi dengan baik bukan hal yang tidak mungkin bisa mendapatkan 10K – 100K visitor bahkan lebih, mungkin yang harus diperhatikan sisi kualitas konten dan jangan lupa dengan backlinks :D

    • Juan feju
      | Reply

      Kalau memang mau dapat trafik dari search engine, memang backlink adalah penentu utama. Kecuali orang membahas hal-hal yang kata kunci yang tingkat persaingannya sangat-sangat rendah. Namun kalau sudah harus bersaing bahkan dengan brand-brand besar, tidak bisa tidak.

  16. yudha k
    | Reply

    wahh ane jadi smangat gann… baru 2 miggu blogging hhuhuhu

  17. Ghufron xyz
    | Reply

    saya baru punya GA non hosted dan dipasang hnya di dua blog. total artikel per blog dibwh 100 smua. earning tdk menentu. seringnya dbwh Rp 10/hari. sngat mengenaskan memang. saya ingin punya 1000 artikel per blog dgn harapan bsa PO stiap bulan dari Google. trima ksih atas tipsnya. saya akan mncoba tips diatas.

    • Juan feju
      | Reply

      Hai Ghufron, berdasarkan hasil eksperimen saya, 1000 artikel tidak menjamin akan PO setiap bulan. Bahkan hingga kini blog eksperimen itu hanya mencapai 50 pengunjung per hari.

  18. Rachma
    | Reply

    wah,,, 1000 artikel kalau sudah terindeks semua bisa mengerikan tuh..

    • Juan feju
      | Reply

      Salah, mas. Kalau masuk laman 1 semua. Terindeks tapi di laman 1000 tidak efek.

  19. saliman
    | Reply

    Jadi intinya semakin bnyak konten semakin bnyak pengunjung. Memang butuh waktu lama untuk membangun sebuah blig. Membangun sebuah blig sama saja membangun sebuah bisnis nyata, yang dibutuhkan kesabaran xtra. Thnk memotivasi saya . salam dari sudut pandang dot net

    • Juan feju
      | Reply

      Banyak konten belum tentu banyak pengunjung. Sedikit konten, belum tentu sedikit pengunjung. Semuanya tergantung dari banyak faktor.

  20. abdhus
    | Reply

    sangat menarik mas, dan sangat membantu saya. terimakasih,.

  21. Riana
    | Reply

    Uraian yang sangat lengkap dan menginspirasi. Terima kasih. Saya jadi kepikiran untuk juga mendaftar adsense. Siapa tahu juga bisa mendapatkan penghasilan dari adsense.

    • Juan feju
      | Reply

      Semoga keterima lamarannya.

  22. fhandy
    | Reply

    sangat bermanfaat mas,
    saya sudah frustasi ini, 2 kali ditolak google adsense.
    setelah baca artikel mas, terlintas ingin bereksperimen membuat web dengan 100 artikel.

  23. abdurohman afandi
    | Reply

    luar biasa eksperimennya mas juan…. saya sendiri yang baru diterima adsense, ternyata untuk bisa PO memerlukan usaha lain disamping update artikel

  24. Dika
    | Reply

    Memang seo itu unik sekali tidak ada tehnik benar benar bergaransi. Saya pernah lihat trafik dari hedisasrawan,blogspot,com dia per hari bisa sampai 10rb visitor bahkan ada yg sampai 20rb padahal kalau saya lihat standar penulisan artikelnya (beberapa artikel punya dia) gak sesuai anjuran umum (maksudnya kurang dari 300 kata). Tapi setelah saya lihat jumlah artikelnya 1000 lebih dan umur blognya juga udah lama. Jadi saya simpulkan dari pengamatan saya di blog itu bahwa 1000 artikel perlu publish berkala tidak bisa langsung seketika. Menurut abang gimana?

    • Juan feju
      | Reply

      Saya agak ragu kalau situs Hedisasrawan mencapai 10rb visitor berdasarkan rangking alexanya yang saat ini sekitar 170rb-an. Kalau visitornya 10 rb perkiraan saya akan jauh di bawah 100rb.

      Kalau menurut saya punya 1000 artikel kalau tidak tembus laman 1 akan sia-sia saja. Ada artikel-artikel saya yang hanya tidur saja. Alias trafiknya 0, meskipun sudah lama lahir.

      Saya tidak tahu, apakah berkala atau langsung itu ada efeknya. Akan tetapi dari pengalaman pembaca, yang juga telah publish secara berkala, tidak tampak hasil yang wow.

      Bagi saya kuantitas bukan satu-satunya kunci penentu.

  25. bayu win
    | Reply

    Gela dari mulai search kata kunci mba indri juragan cipir ketemu blog ini.. baca artikelnya.. baca identitas penulis blognya.. nyangkut di percobaan blog.. baca komen-komennya.. saya lakukan semua, entah berapa menit saya habiskan membacanya.. jarang saya lakukan hal ini.. isi tulisan blog ini enak dibaca plus target pasar minat blogging sangat cocok..

    • Juan feju
      | Reply

      Terima kasih, semoga saya bisa terus membuat konten-konten yang lebih gela lagi.

  26. bocah soenyi
    | Reply

    Wah.. boleh dicoba tuh gan. Karena saya hanya mampu membuat 170 artikel unik dalam kurun waktu 6 tahun. Ediaaan gak tuh? padahal blog saya cuma blog gado-gado. :)

    • Juan feju
      | Reply

      Sebenarnya sih kalau ahli 32 artikel juga bisa dapat trafik banyak. Brian Dean cuma 32 artikel, dalam setahun bisa menghasilkan 5000 visitor/hari.

      • yudho
        | Reply

        mantap om Juan feju, artikelnya sangat membantu saya. terimakasih bnyk.
        om aku seorang pemula mungkin sudah terlambat untuk jadi bloger. tapi saya ada tekad untuk terjun jadi bloger.
        rencananya ingin bikin blog sebanyak mungkin dan artikelnya sistem eksport-import, apakah method seperti ini bisa mndatangkan trafik? dan jika nantinya bakal tenggelam kira2 berapa lamakah blog saya ada di indeks google?
        sekalian pngn tanya ini om :) untuk monitize selain google adsense yng bagus apa?
        mksh om sebelumnya, smoga jalan saya terbuka di sini. :)

        • Juan feju
          |

          Hai Yudo, thanks untuk komennya.
          Rasanya tidak ada istilah terlambat jadi bloger. Kalau saran saya sih jangan bikin blog banyak-banyak, karena nanti tidak akan terurus. Lebih baik 1-3 tapi yang menohok dan besar. Namun demikian setiap orang memiliki caranya masing-masing.

          Kemudian sistem eksport import itu apa yah?

          Cara memonetize sih ada banyak. Yang bagus yah yang menghasilkan :) Di tangan A bisa menghasilkan. Di tangan B nol besar. Tergantung kepiawaian masing-masing.

  27. Selvia adinda
    | Reply

    Saya juga pernah mencoba menerbitkan banyak artikel dengan harapan akan cepat menjaring visitor, namun apa yang saya dapat hanyalah kunjungan dari beberapa artikel yang saya anggap sebagai pilarnya saja. Sedangkan artikel lainnya berfungsi sebagai upaya untuk memperkecil bounce rate karena pengunjung di suguhkan dengan banyak pilihan untuk di baca, meskipun kebanyakan mereka hanya sekedar buka buka halaman selayaknya melakukan scan sembari mencarai barang kali ada materi lain yg lebih menarik.

    • Juan feju
      | Reply

      Terima kasih. Saya senang kalau ada yang berbagi pengalamannya.

  28. christian
    | Reply

    Superman!
    1000 artikel dalam 20 hari, luar biasa om..
    Apakah Gugel tidak menganggap jadinya nyepam ya kalo kaya gitu?

    • Juan feju
      | Reply

      Well, untuk hal itu saya tidak tahu. Tetapi kalau kita lihat publisher raksasa seperti Buzzfeed, Huffintonpost mereka bahkan publish di atas 7000 artikel dalam 1 bulan.

  29. fxmantap
    | Reply

    1000 artikel wow super dan memang benar kalau kerja sendiri untuk hasilkan 1000 artikel dalam 1 bulan memang mustahil hehhe. tapi jujur kata ini artkel membantu memberikan gambaran jelas. So terima kasih banyak sudah memberikan ide-ide yang menurut saya sangat bermanfaat banget!!!

    • Juan feju
      | Reply

      Kalau aslinya sih seribu artikel mungkin tahunan baru nyampai :D

  30. muhlis
    | Reply

    wahh… Hebat benar langkah-langkah yang anda lakukan untuk membuat artikel ribuan dalam kurung waktu kurang dari sebulan, itulah adsense perlu pengunjung yang melimpah setiap hari dan itupun harus yang unik untuk bisa mendapatkan penghasilan dari adsense. Saat ini sya masih setiap dengan menjadi publisher affiliate, sya memanfaatkan SE google untuk membawa kata kunci yang tertarget untuk menjual barang, dan hasilnya lumayan PO tiap bulan hanya dgn 100 pengujung perhari (meskipun POnya kecil tpi Alhamdulillah) sya juga pikir-pikir suatu saat nanti bisa menjadi publisher adsense… salam

  31. tentangwebsites
    | Reply

    wach mantab mas juan.. jika saya pahami ini adalah sebuah adsense akademisi, jadi hasil expeimen anda sudah bisa di gunakan sebuah skripsi dengan beberapa lampiran yang terbukti, jadi titlenya nanti: Juan feju, S. Ads, he ma’af mas bergurau, tapi memang saya salut dengan experimen anda yang membuahkan persepsi yang jelas, blog saya yang dulu saya buat dengan pemikirnku sendiri stabil melayang, yang lain hasil dari copy writter stabil tidur, padahal saya merasa artikel hasil Copywrite lebih panjang dan berkualitas serta saya ambil judul dari hasil riset kata kunci terlebih dahulu. tapi masih kalah dengan artikel sederhna hasil olahanku sendiri tanpa riset kt kunci terlebih dahulu karena memang awlnya belum mengenal riset kata kunci ini.

  32. Pricilia
    | Reply

    Blog saya yang berplatform blogspot bisa mendatangkan visitor 6k/day,,artikelnya cuma 60 buah,,dan saya tidak memakai trik apapun..apakah ini kebetulan?

    • Juan feju
      | Reply

      Sebenarnya kuantitas konten bukan satu-satunya yang menentukan besaran trafik.

      • Pricilia
        | Reply

        Jadi bagaimana pendapat anda tentang blog saya tersebut ? Apakah SEO itu cuma akal-akalan saja? atau ada sesuatu yang tidak beres ?

        • Juan feju
          |

          Apakah Priscilia menggunakan jasa SEO?

          Search Engine Optimization itu teknik mengoptimalkan situs dengan mempelajari cara kerja algoritma Google dan tuning situs ke arah sana.

          Ada dua jalan, optimasi dengan mengakali Google (blackhat), atau dengan natural (whitehat).

          Contoh mengakali, MOZ – situs yang mempelajari tentang search engine melakukan eksperimen. Mereka menduga kalau makin banyak orang klik artikelnya di hasil pencarian, maka ranking artikel itu akan naik. Dengan kata lain Click Through Ratenya dibuat tinggi. Maka si empunya MOZ mengirim email ke subscribernya untuk partisipasi dalam eksperimen itu. Ia suruh mereka mencari artikelnya di search engine dengan kata kunci tertentu, lalu menyuruh mereka mengkliknya. Dalam waktu singkat ranking artikel itu merangkak naik. Berarti dugaan terbukti.

          Dengan rangking yang tinggi di hasil perncarian, maka kemungkinan mendapatkan trafik semakin besar. Inilah tujuan SEO.

          Namun eksperimen MOZ itu termasuk mengakali karena dilakukan secara tidak natural. Ada banyak cara mengakali algoritma Google. Walaupun saya bukan ahlinya, saya hanya sekedar tahu.

          Mengenai situs Priscilia, saya tidak tahu apa yang Priscilia lakukan dengan situsnya.
          Ada banyak strategi untuk meningkatkan trafik, ada banyak faktor yang dapat membuat trafik tinggi.
          jika pertanyaannya: apakah mungkin 60 artikel menghasilkan trafik 6K/day, jawabannya mungkin saja.

          Tetapi jika Priscilia menggunakan jasa SEO, teknik apa yang ia gunakan. Karena ada jasa SEO yang menawarkan jalan natural ada juga yang mengakali.

          Kalau jalan mengakali, perlu hati-hati, karena selamanya Priscilia akan kucing-kucingan dengan Google. Karena Google tidak suka diakali. Google selalu mencari cara untuk mendevaluasi teknik akal-akalan.

          Seperti dengan melepaskan Penguin update, sehingga backlink tidak berkualitas tidak akan bisa mendorong ranking. Bahkan kalau ketahuan manipulatif, diberikan penalti.

          Masalah dengan teknik mengakali: Apa yang bekerja sekarang, belum tentu bekerja di masa depan. Silahkan Priscilia baca di Google jasa SEO yang pada akhirnya membuat situs tenggelam.

          Jadi sebelum menggunakan jasa SEO, tanya teknik apa yang ia pakai. Jika ia tidak mau mengatakannya kemungkinan ia menggunakan black hat. Sebab kalau white hat, meskipun dibeberkan rahasianya, tidak semua orang bisa mengeksekusinya. Karena butuh kreativitas dan kerja keras.

  33. uangindonesia.com
    | Reply

    Gan, saya pernah pakai plugin jetpack. Tapi setelah dicek di webmastertool kok pada menu “konten yang diblokir” artikel saya 85% jadi terblokir. Setelah saya hapus plugin tersebut, seminggu kemudian saya cek lagi, hasilnya gak ada yg keblokir.

    Punya agan bagaimana? Terimakasih sebelumnya.

    • Juan feju
      | Reply

      Kalau saya tidak terblokir apa-apa. Kalau dikatakan pakai Jetpack terblokir, agak susah menganalisanya. Karena Jetpack itu isinya ada belasan plugin. Dan terblokir itu apa maksudnya atau seperti apa?

      • uangindonesia.com
        | Reply

        Di webmastertool bagian samping kiri kan ada menu “konten yang diblokir”. Nah di situ ada laporannya.

        Kalau berdasarkan analisa sok tau saya sih jetpack bagian yg bisa ngelihat statistik pengunjung, itu yg menyebabkan blokir.

        • Juan feju
          |

          Mmm.. saya sih pakai Jetpack, tapi belum pernah ngalami hal yang sama.

  34. ganisebastian
    | Reply

    Halo bang juan
    Menarik sekali, rasanya memang sulit jika kita kerjakan sendiri. Setidaknya kita butuh TIM yang solid untuk mewujudkan hasil eksperimen tersebut. Awal mulanya saya juga punya TIM 4 orang dengan standar “one article a day for one person”, tapi karena kita bukan blogger full time yang di sibukkan kegiatan kerja masing masing, akhirnya tidak terealisasi. Malahan kemarin tinggal 2 orang saja,,karena merasa penghasilan adsense minim banget (lha wong baru 6 bulan), sekarang ini malah hanya tinggal saya sendiri saja yang masih optimis ngerjain posting…Nah, itulah pentingnya arti kata “Solid”

    (Oiya, salah satu temen saya masuk IAPD, tp mungkin skrang udah gk aktif)

    kesimpulannya memang benar kata mas juan, kalau mungkin bisa ngerjain artikel bejibun dalam waktu singkat, besar kemungkinan artikelnya tidak realistis dan resiko “Tidak tertutup kemungkinan saya terkena masalah”

    Tapi kalau menerapkan “Slowly but sure”, kapan akan dapet hasilnya.

    • Juan feju
      | Reply

      Wow Gani, saya selalu suka kalau ada pembaca yang membagikan pengalamannya. Terutama bila berhubungan dengan masalah dan hambatan. Karena dari situ kita bisa belajar untuk melewati dan mengatasinya. Memang untuk urusan mencari uang dari Adsense, bisanya kalau baru mulai, ekspektasi kita berlebihan. Seperti saya dulu. Setelah menjalani, ternyata banyak temboknya.

      Begitu kita merasakan “sakit,” wajar kita membandingkan rewardnya, dan bertanya apakah ini worth it? Maka tak heran ketiga teman Gani, pergi. Sama seperti Kaskus, ketika para pendirinya kecuali si Andrew Darwis, berkata, “Ini kerjaan gak ada duitnya.” Hanya karena passionnya saja si Darwis meneruskan Kaskus. Dan hokinya pas dijual, nilainya sebanding dengan waktu yang dia tanam di awal.

      Dari Kaskus kita bisa belajar, bahwa kecintaan itu yang akan membuat kita berjalan terus saat kesulitan melanda. Selain itu kita juga bisa belajar apa yang membuat kaskus bernilai adalah jumlah usernya. Dimana-mana, yang membuat blog, forum, toko online, dll. memiliki nilai secara materi adalah usernya (makanya sukses tak bisa sendirian). Bahkan kadang perusahaan besar rela beli perusahaan yang merugi, demi mendapatkan usernya yang banyak.

      Saya suka baca kisah-kisah blogger yang sudah besar. Kebanyakan dari mereka juga makan bertahun-tahun mencapai titik tertentu. Karena mereka masuk ke dalam kurva pembelajaran, dimana biaya waktu dan hasilnya tidak sebanding. Namun ketika mereka sudah tahu cara A, B, C. Di situlah terjadi pertumbuhan.

      Misalnya saja dari percobaan ini, saya belajar o ternyata dengan kuantitas tidak serta merta boosting kita punya trafik. Mungkin seiring waktu iya, tapi saya belum bisa mengatakan itu sekarang.

      Kemudian juga dari percobaan 1000 artikel tanpa promosi VS 10 artikel+promosi di forum dUS Ternyata kinerja yang 10 artikel sih bisa lebih baik daripada hanya mengandalkan trafik Google.

      Dari hasil itulah, saya mulai memperbaiki strategi marketing saya, seperti kembali menggunakan mailing list, padahal dulu saya merasa gagal dengan strategi ini. Saya malu dan rasa percaya diri saya gugur, karena melihat open rate dan click rate yang turun, ditambah jumlah unsubscribe. Padahal kalau kita baca di blog orang lain, waaa banyak yang subscribe, trafiknya meningkat, dll.

      Tapi saya ingin berkembang, jadi saya pelajari lagi dan praktikkan lagi strategi mailing list, dan kali ini jangan berhenti, melainkan coba belajar dan perbaiki.

      Pendiri IAPD, Mbak Indri si juragan cipir, alexanya sekarang ramping dan bisa gajian tiap bulan, tapi dia butuh 3 tahun jatuh bangun. Mulai dihack orang, AdSense kena banned karena mempraktikkan ajaran di forum yang bertentangan dengan AdSense policy, dll.

      Saya sih lebih senang make money now, fast and sure. Tetapi ketidaktahuan kita inilah yang menghambat.

      Saya sekarang lebih mempelajari strategi-strategi blogging dibandingkan hanya membuat konten dan menyerahkan segalanya pada Google. Bahkan seorang Neil Patel, yang notabene ahlinya SEO dan marketing berkata, SEO itu butuh waktu, tidak peduli berapa banyak dan baik backlink yang Anda punya, Google akan memastikan Anda naik perlahan di awal, sebelum melesat.

      Itulah kenapa blog yang ramai biasanya sudah tua umurnya.

      Satu-satunya cara untuk melawan hambatan Google. Kita harus belajar strategi lain untuk menghasilkan trafik. Terutama ketika sumberdaya kita terbatas dan dan goal yang hendak kita capai lebih besar dari kemampuan kita. Seperti Indonesia, kalau bertempur melawan penjajah berhadap-hadapan bambu runcing VS senapan pasti kalah. Tapi kalau pakai strategi gerilya meskipun secara senjata kalah, masih ada kemungkinan menang.

      Kalau Blogger tidak berkembang, tidak belajar strategi, dan tidak bisa mengekseskusinya dengan baik. Maka dia akan lama menghasilkan uang. Apalagi zaman sekarang persaingan tidak seperti saat blog pertama kali mencuat. Sekarang lebih ketat. Kita harus pintar-pintarnya atur langkah.

      Menurut saya adalah naif, kalau seseorang berpikir dia akan buat blog, lalu bikin konten, tiba-tiba trafiknya melesat.

      Biasanya yang masuk ke AdSense pertama kali tidak mengerti besarnya tembok yang harus dihadapi, seperti berapa jumlah trafik yang harus dimiliki untuk bisa mulai gajian $100 per bulan. Hal itu saya bahas di sini: AdSense: Kenapa Pendapatan Hanya Berkisar $0 Terus

      Jika sudah tahu temboknya, tergantung dari sumberdaya, dan kecepatan, tentu strateginya akan berbeda. Kalau ingin satu bulan langsung cash in, gak mungkin cuma bikin konten doank.

      Saya sendiri pun masih mempelajari strategi-strategi ini. Seperti saya ingin membuat forum dUS populer, dan ramai, saya coba kasih insentif uang, bagi yang posting memiliki kesempatan memenangkan total hadian Rp.500.000,- untuk 3 orang pemenang. Hmm ternyata melempem. Entah, angkanya kurang, atau mereka tidak tahu, atau karena forumnya masih baru, jadi tidak menggairahkan. Inilah yang harus bisa saya pelajari. Selama saya tidak tahu, maka saya tidak akan bisa mencapai hasil yang saya inginkan.

      Demikian juga Gani dengan blognya.

  35. bambang
    | Reply

    halo, adakah tutorialnya scan?

    • Juan feju
      | Reply

      Maksudnya Ebook Tutorial AdSense? Tidak ada mas Bambang

  36. rush
    | Reply

    bisa mencapai 1000 artikel bukan berarti bisa mendapatkan trafik dengan mudah. umur blog juga berpengaruh untuk medapatkan posisi pertama di search engine

    • Juan feju
      | Reply

      Kelihatannya demikian.

  37. Cara Diet Mayo
    | Reply

    Kalau saya lebih memilih bersabar….menulis artikel dengan tulus….niatnya hanya untuk membantu dan bukan hanya duit belaka…dan teded….3 bulan berjalan…walau artikel belum sampai 100 biji sudah bisa dapat 5000 pv per hari…

    • Juan feju
      | Reply

      Well, untuk dapat 5000 PV per hari dalam 3 bulan itu sangat amat cepat. Biasanya tuh bisa tahunan baru orang sampai segitu, dalam arti hanya menulis artikel saja. Lalu apakah ada sesuatu yang lain yang Mayo lakukan?

  38. farid kamal ansori
    | Reply

    wah keren nih eksperimennya mas juan feju..
    menurut saya pendapat mbak indri dengan “1000 artikel akan mendapat $100 per bulan” terlalu umum. Karena masih ada faktor-faktor lain yang menentukan.
    Artinya bisa saja apa yang dikatakan mbak indri itu memang benar dan bisa, dengan catatan memenuhi syarat-syarat lainnya seperti niche dan juga kompetesi niche pada 1000 artikel tersebut.

    • Juan feju
      | Reply

      Saya rasa juga begitu.

  39. Aditra
    | Reply

    Bener sekali gan , saya juga telah berekspreimen selama 8 bulan beli 1000 artikel, trafik masih 400 / day itupun sebagian besar trafik dari artikel saya yang saya pindah dari eksperimen blog lama saya yang temanya tidak cocok buat adense. Pernah saya coba pasang adsense dan hanya dapet rata2 4 klik perhari total dapet duit adsense $ 0,2 – 0,4 per day. Memang butuh waktu yang lama untuk sukses melalui adsense bila bermain jujur. Karena tentunya google pun sudah sangat jeli dalam menilai keseriusan seorang pemilik blog. Saya kira kalau kita ingin berhasil adsense ,umur blog juga sangat menentukan kesuksesan bermain adsense, Biasanya setelah 1 tahun trafik blog akan mulai meningkat pesat.

    • Juan feju
      | Reply

      Wah menarik sekali, karena Aditra sudah mencoba juga.

      • nuansa.web.id
        | Reply

        terkadang lebih enak nulis sendiri, karena kita lebih perhatian dengan web kita. sedangkan kalo beli itu mereka biasanya asal aja dalam menulis.

  40. andesrizki
    | Reply

    Sangat bermanfaat sekali informasi nya gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.