Sebuah Tips Penting Untuk Penulis Buku Komputer

posted in: Blog, Uang | 5

Sekitar awal Januari 2015 buku Toko Online WordPress dalam 1 Hari muncul di pasaran. Di bawah bendera Elex Media Komputindo karya saya meluncur ke toko-toko Gramedia di Indonesia.

Jumlahnya cetaknya tidak begitu banyak. Akan tetapi siapa sih yang tidak senang, bukunya bisa terbit dan dibaca orang.

Toko online dalam 1 hari

Beberapa bulan kemudian beberapa pembaca pun mulai ada mengontak, baik lewat email atau blog. Percakapannya seputar koding dan kesulitan yang mereka alami. Dari situlah saya belajar dan bisa memberikan tips berikut ini.

Tips penting, jangan hapus bahan yang kamu gunakan untuk menulis buku. Sehingga ketika ada penggemar (ciee penggemar) yang bertanya, kita masih bisa melirik kembali kodingnya.

Misalnya penggemar bertanya, sudah saya ikuti kenapa yah kok gak jalan. Kita bisa cek, apakah koding kita salah, atau kita salah tulis di buku. Jika ternyata benar semua, kita bisa minta filenya dia untuk perbandingan.

Selain itu, suka atau tidak suka, software, plugin atau apa pun yang kita gunakan sebagai bahan menulis akan selalu berubah. Versinya sudah tidak sama. Sehingga bisa timbul ketidakcocokan antara hal yang kita tulis waktu itu dengan situasi terkini.

Bayangkan, bila saya menghapus tokol yang telah saya buat. Saya tidak bisa lagi mencocokkan kesulitan pembaca yang sekarang dengan toko online yang saya ajarkan.

Akibatnya nanti saya tidak bisa membantu pembaca.

Saat orang mengalami kesulitan, mereka itu mulai masuk tahap stres. Kalau kita tidak bisa memberikan solusi mereka jadi tidak bahagia. Akan tetapi kalau sebaliknya, luar biasa. Skor kamu di mata mereka naik.

5 Responses

  1. Ainevele Ainevele
    | Reply

    Makin banyak buku-buku sekarang apalagi buku komputer. Banyak literatur makin banyak sumber wawasan baru. Selain sumber dari internet bisa juga dari buku langsung apalagi dari penulis yang bagus.

  2. Amaliyah Salsabiela
    | Reply

    Pak guru memang senang melihat kita senang :D thx

    • Juan Feju
      | Reply

      Seneng donk, biar tambah sejahtera murid-murid saya. Kalau saya mengajar tujuannya bukan mereka tambah pintar, tapi tambah makmur.

  3. Ahmad Fahrurroji
    | Reply

    Semoga semakin sukses dengan bukunya dan buku-buku selanjutnya, nanti kalo mampir ke gramedia saya nyari bukunya nih

    • Juan Feju
      | Reply

      Wah terimah kasih sekali, matur nuwun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.