Solusi Terintegritas untuk Kontrol Keuangan, Stok, Pesanan dan Tagihan, serta Sistem Point of Sales

posted in: Bisnis, Ulasan Produk/Jasa | 0

Mula-mula Anda mencatat segalanya serba manual, pakai tangan. Akan tetapi ketika usaha Anda membesar, pekerjaan membludak. Hal yang perlu dicatat semakin banyak, monitoring semakin susah. Anda kewalahan.

Hal-hal dasar yang perlu dikontrol biasanya:

  1. Keuangan
  2. Stok
  3. Pesanan
  4. Tagihan

Mencari solusi yang terintegritas, susah. Kalau ada, harganya puluhan juta hingga ratusan juta. Kalau pakai solusi gratisan, seperti openERP/Odoo, terkendala bahasa dan teknis.

Mungkin ada solusi berbayar agak terjangkau, tapi pisah-pisah. Akibatnya total biayanya jadi membengkak. Selain itu ada data yang sama harus dicatat berulang-ulang ke sana – kemari. Sungguh menyusahkan dan tidak nyaman.

Ada satu solusi yang terintegritas untuk 4 hal di atas. Layanan pelanggannya cukup baik dan relatif terjangkau,yaitu  BeeCloud atau BeeAccounting. Pada dasarnya keduanya sama. Bedanya yang satu solusi online, yang lain, offline.

Ulasan

Saya pernah menjajal BeeCloud. BeeAccounting belum pernah. Oleh karena itu saya akan mengulas tentang BeeCloud.

Perlu diingat, BeeCloud BeeCloud masih terus dikembangkan. Jadi dikemudian hari mungkin ada hal-hal yang saya tulis disini menjadi tidak relevan.

Kekurangan

Ada 7 hal yang saya lihat sebagai kekurangan:

  1. BeeCloud belum bisa menampilkan kode barang.
    Meskipun di master item, kode abrang dapat dibuat, akan tetapi di berbagai transaksi, kode barang tidak tampil. Kendalanya keterbatasan lebar platform. Padahal kode barang termasuk komponen penting untuk referensi.
    Solusinya Anda bisa tambahkan sendiri kode barang di nama barang.
  2. BeeCloud belum bisa menampilkan gambar produk.
    Gambar adalah salah satu cara untuk mengenali barang. Misalnya saat barang dari supplier masuk, bagian gudang perlu mengindetifikasi barang yang datang dan memasang label kode.
    Karena ketiadaan fitur ini, maka Anda perlu menggunakan sistem lain untuk mengenali barang.
  3. BeeCloud belum bisa membuat label alamat
    Bagi Anda yang berjualan online, pasti harus membuat label alamat agar bisa mengirim barang lewat ekspedisi. Padahal membuat label alamat ini adalah salah satu perkejaan yang menyita waktu.
  4. Sistem tiket trouble shootingnya masih kurang nyaman
    Kalau ada masalah Anda bisa mengirim tiket. Akan tetapi sistem yang digunakan masih kurang enak, khususnya untuk mentracking permaslahan yang pernah dikirim.
  5. BeeCloud cukup kompleks
    Kompleksitas ini bisa berarti negatif dan positif. Negatif artinya kemungkinan Anda akan butuh training sekali atau dua kali untuk bisa paham menggunakannya.
  6. BeeCloud masih belum ada sistem picking
    Untuk Anda yang berjualan online, kadang pesanan pelanggan tidak bisa langsung 100% dipenuhi, karena stok habis. Tentu seharusnya barang yang sudah diambil dari lemari, mengurangi stok. Sehingga kalau Anda mau mengecek jumlah stok terkini untuk pemenuhan yang lain, bisa. Saat ini belum bisa.
  7. BeeCloud masih memiliki bug-bug kecil
    Terkadang masih ada bug-bug kecil yang mengganggu. Meskipun bisanya bisa langsung dibereskan.
  8. Aplikasi BeeCloud di Google Playstore masih jelek
    Pada dasarnya aplikasi HPnya masih perlu banyak perbaikan untuk benar-benar bisa digunakan untuk kerja.

Kelebihan

  1. Ada pengaturan otoritas user
    Jika Anda ingin user tertentu tidak bisa melihat modul-modul tertentu, misalnya modul keuangan. Hal ini bisa dilakukan pembatasan.
  2. Sistemnya cepat
    Setiap kali Anda klik, Anda tidak perlu menunggu lama loading, langsung tampil.
  3. Multi gudang
    Bagi Anda yang tempat penyimpanannya tidak hanya di satu lokasi, BeeCloud support sistem multi gudang.
  4. Solusi pas untuk UKM
    Dana UKM itu biasanya terbatas. Dengan harga yang ditawarkan oleh BeeCloud bisa mendukung bisnis UKM.
  5. BeeCloud cukup kompleks
    Kompleks ini bisa negatif dan positif. Positif artinya BeeCloud bisa menampung proses bisnis yang lebih kompleks, seperti mengatur stok bahan mentah, mengurangi stok bahan mentah jadi barang jadi, dan sebagainya.
  6. Layanan customer service yang cukup baik.
    Hingga saat ini, mereka mudah dihubungi. Kalau ditelpon selalu diangkat. Kalau ada masalah, solusinya lumayan cepat.
  7. Bisa test uji coba
    Pelanggan paling takut kalau sudah bayar, ternyata barangnya jelek. BeeCloud mengizinkan Anda untuk mencoba sistem mereka selama sebulan gratis.
  8. BeeCloud terus berkembang
    Hingga saat ini BeeCloud masih menambah berbagai fitur untuk melengkapi sistem yang ada. Semoga saja sistem picking, toko online dapat ditambahkan.

Biaya

Untuk BeeCloud, saat ini biayanya ada yang di bawah 100rb hingga 300 ribu per bulan tergantung dari jenis paket yang diambil. Sedangkan untuk BeeAccounting mulai dari 3 jutaan hingga 10 juta. Tergantung dari lisensi yang Anda ambil

Untuk BeeCloud mungkin biayanya bisa bertambah lebih besar, jika Anda menggunakan fitur ekstra, seperti

  1. Bisa mengirim tagihan lewat email.
  2. Menggunakan POS (Point of Sales)
  3. Menambah jumlah pengguna.
  4. Training
  5. Dan sebagainya.

Pilih mana?

Ini semua tergantung situasi dan kondisi Anda.

Pertama, kalau dana Anda terbatas pasti pilihannya BeeCloud – solusi online.

Namun demikian masalah terbesar solusi online adalah keamanan. Pada dasarnya karena tersambung ke dunia maya, orang bisa coba-coba hack. Google dengan sistem keamanan berlapis yang canggih saja bisa ditembus orang, apalagi yang lain. Tentunya BeeCloud memasang langkah antisipasi untuk mengurangi risiko kejahatan. Akan tetapi ini catatan yang perlu Anda ingat.

Jadi kalau Anda masih UKM kecil, mungkin masih tak apa-apa. Kalau Anda sudah UKM besar, tentu mampu membayar lebih tinggi untuk jaminan kemanan dengan membeli solusi offline, BeeAccounting.

Kedua, Apabila Anda memiliki cabang, solusi termudah adalah BeeCloud. Sebab Anda tidak perlu menyiapkan server dan bayar orang untuk merawatnya. Semuanya diurus BeeCloud. Kecuali Anda punya modal untuk biaya server, teknisi dan hal-hal yang berkaitan dengan internet, maka pakailah BeeAccounting.

Demikian informasi dari saya, semoga membantu usaha Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.