Prime Air, Robot Terbang Amazon Mengantarkan Barang Pesanan Online Dalam 30 Menit

posted in: Blog | 1


Jeff Bezzos, CEO Amazon.com lagi-lagi membuat terobosan baru. Baru-baru ini ia mengungkapkan visinya untuk masa depan, yaitu robot-robot terbang pengantar barang yang dapat mengirimkan pesanan Anda dalam waktu 30 menit sebagaimana dilansir di dalam acara TV CBS 60 Minutes.

Prime Air, nama dari robot ini pada dasarnya adalah robot berbentuk kotak dengan delapan baling-baling yang memungkinkannya untuk terbang layaknya helikopter. Pengendaliannya tidak dilakukan secara remote control seperti mainan heli anak-anak, melainkan terbang secara otomatis dengan menggunakan GPS. Daya jangkaunya sekitar 16km dangan daya angkut hanya bisa membawa barang berukuran kecil seberat kurang lebih 2,5 kg langsung ke depan pintu pemesannya.

Cuplikan video yang ditunjukkan oleh Amazon belumlah menunjukkan kemampuan manuver yang sesungguhnya dari robot sejenis Prime Air. Sebuah demonstrasi dari Raffael D’Andrea,  seorang professor dari Swiss Federal Institute of Technology (ETH) di Zurich  di dalam sebuah video TED memberikan gambaran lebih jelas tentang kehebatan atletis yang bisa dilakukan oleh teknologi ini.

Jalur udara adalah jalur tercepat saat ini. Dari titik A ke titik B tidak perlu melalui jalan yang berkelok-kelok atau terhenti oleh lampu merah seperti yang sekarang dialami oleh mobil truk pengantar barang. Kecuali jika pengiriman dilakukan di kota-kota besar yang memiliki gedung-gedung pencakar langit.

Saya hanya bisa membayangkan bila teknologi ini telah memenuhi segala aspek mulai dari keselamatan hingga izin terbang. Langit Amerika pasti akan dipenuhi oleh kerumunan robot-robot yang berseliweran di atas kepala mereka. Sebagaimana diungkap oleh Jeff sendiri, 86% dari paket-paket barang Amazon berada di bawah 2,5 kg. Apakah orang-orang Amerika nantinya masih bisa menikmati langit lagi ya?

Jika Amazon sukses menerapkan sistem ini, dugaan saya hanya dalam hitungan waktu perusahaan lain yang memiliki kemampuan dana finansial akan menerapkan teknologi yang sama. Itu berarti akan lebih banyak robot lagi yang berterbangan di angkasa.

  1. hosting terbaik di indonesia
    | Reply

    Mantabs Gan ….
    Thanks Ya …
    Sehat Dan Bahagia Selalu. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.