Penjelasan SEO Secara Sederhana

posted in: Marketing/Sales | 0

SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu pengaturan untuk membuat blog/situs web mudah dibaca dan di-ranking tinggi oleh mesin pencari. Dengan demikian pada hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu isi blog/situs web muncul di urutan pertama mengalahkan kompetitor lain yang bersaing untuk kata kunci tersebut. Contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini.

SEO dapur-uang.com

Mungkin kamu bertanya mengapa kita harus bersaing untuk menduduki peringkat petama dalam hasil pencarian Google? Jawabannya adalah sebab yang paling sering di klik orang adalah hasil pencarian di halaman pertama pada hasil yang teratas. Berada di atas berarti mendapatkan lebih banyak trafik.

Mesin pencari

Berbicara tentang mesin pencari saat ini hanya ada dua yang terbesar yaitu Google dan Bing. Kebetulan mesin pencari Google lah yang paling banyak digunakan orang. Kehandalannya dalam menyajikan hasil pencarian yang paling relevan dan berkualitas tidak diragukan lagi.

Oleh sebab itu blogger atau pemilik situs web, berlomba-lomba meng-SEO kan blog/website mereka agar tampil “sexy” di mata search engine besutan Lary Page dan Sergey Brin ini.

Trafik

Tujuan SEO hanya satu yaitu agar isi blog/situs web tampil di urutan paling atas dari hasil pencarian pengguna internet. Sebab hasil pencarian teratas akan mendapatkan klik terbanyak. Hal ini akan berefek positif pada jumlah trafik yang mengalir ke blog/situs web yang bersangkutan.

Trafik adalah satu hal yang sangat diinginkan oleh semua orang yang ingin eksis di dunia internet.

Page Rank (PR)

Salah satu faktor yang Google gunakan dalam memuntahkan hasil pencariannya adalah Page Rank. Semakin tinggi Page Rank halaman blog/situs web kalian, semakin cepat kalian akan ditemukan orang, semakin dalam Google menelusuri isinya, dan semakin sering Google datang berkunjung untuk melihat apakah ada artikel yang baru.

Perlu diketahui, bahwa Google menggunakan 200 faktor berbeda lainnya yang digunakan sebagai penilaian untuk menentukan peringkat.

Page Rank secara sederhananya adalah seberapa banyak tautan balik (backlink) ke suatu blog/ situs web dan seberapa penting/ besarkah bobot tautan itu.

Sebagai contoh :

Kalian dan teman kalian memiliki blog. Kalian memiliki 10 tautan yang mengarah ke blog kalian, sementara teman kalian memiliki 20 tautan yang mengarah ke blognya. Siapakah yang memiliki Page Rank lebih tinggi?

Mungkin jawabannya pertama adalah teman kalian. Tetapi, bagaimana kalau tautan kalian berasal dari CNN, New York Times, Forbes, dkk. sementara teman kalian hanya berasal dari teman-teman kuliahnya.

Jadi Page Rank tidak sekedar jumlah tautan, melainkan juga seberapa penting/besar bobot tautan tersebut.

Bobot Page Rank pada dasarnya dihitung dengan cara sebagai berikut: Katakanlah Page Rank sebuah blog adalah 100, dan di blognya ada dua tautan keluar. Salah satunya menuju ke blog kalian, maka nilai bobot tautan itu adalah 50.

Oleh karena secara matematika bisa terjadi sebuah loop atau pertautan yang berputar-putar terus tanpa henti, maka ada saatnya Page Rrank itu menghilang atau menurun seiring waktu.

Bila kalian ingin kalian mendapatkan tautan balik, kalian bisa lakukan beberapa cara berikut ini:

  1. Berikanlah suatu jasa tertentu. Misalnya kalian banyak tahu tentang SEO, kalian bisa berikan masukan kalian untuk blog/situs web orang lain.
  2. Sediakan hasil penelitian/analisis asli.
  3. Buat tutorial yang berkualitas dan bermutu.
  4. Membuat niche yang berkaitan dengan kreatifitas.
  5. Membuat sesuatu yang open source, misalnya Worpdress.
  6. Live blogging
  7. Membuat artikel berjenis daftar, misalnya 10 Makanan yang Tidak Bikin Gemuk Meskipun Dimakan di Malam Hari.
  8. Menulis kontroversi, walaupun tidak disarankan.

Terobsesi tautan balik

Google menyarankan untuk tidak terlalu berkonsentrasi pada tautan balik, melainkan berusahalah untuk menjadi relevan dan membangun reputasi.

Relevan artinya kalian menuliskan apa yang kalian ingin tulis, lakukan itu dengan sering, dan perhatikan hal-hal teknis yang ada, tetapi jangan berlebihan.

Hal-hal teknis berkaitan dengan menjadi relevan

Kata kunci

Gunakanlah kata kunci (keyword) di dalam artikel kalian secara natural. Caranya adalah sebagai berikut:
Pikirkan kata apa yang akan kira-kira digunakan orang di Google bila ia ingin membaca artikel tentang flash disk. Mungkin ada yang menggunakan kata: flash drive, usb drive, thumb drive, atau usb.

Kalian bisa gunakan kata-kata ini misalnya: Saya baru saja membeli sebuah flash drive. Di kardusnya sih tertera Thumb Drive S-155. Harganya sekarang Rp.100.000. Kalau kalian ingin banding harga bisa cek ke usb-drive.com.

Untuk meneliti keyword yang berkaitan, saat ini kalian bisa menggunakan keyword planner (sebelumnya bernama keyword tool). Untuk mengaksesnya kalian harus memiliki akun adwords dan login https://adwords.google.com. Klik menu drop-down Tools yang letaknya di atas dan pilih “Keyword Planner.”

Di dalam artikel janganlah menggunakan kata keyword yang sama berulang-ulang secara berlebihan. Karena setelah 2-3 kata kunci, Google sudah bisa menilai isi artikelnya. Memperbanyak kata keyword yang sama berulang-ulang tidak akan membuat artikel kalian semakin relevan di mata Google.

Membuat tebal kata kunci juga tidak membantu. Bahkan penggunaan bold secara tidak tepat akan mengganggu pembaca kalian.

Sebagai tambahan, kategori juga bisa kalian gunakan untuk mengoptimalkan SEO kalian. Jadi daripada menggunakan kata-kata yang tidak jelas, misalnya “Keren”, kalian bisa menggunakan kata: WordPress, SEO, Marketing, dll.

URL

Kalian bisa mengambil kesempatan untuk lebih meningkatkan posisi kalian di hasil pencarian dengan membuat URL blog/website kalian mudah dibaca oleh orang dan mesin pencari.

Sebagai contoh bila kalian menggunakan WordPress maka secara default formatnya kurang lebih seperti ini: https://dapur-uang.com/blog/?p=326. Ini akan mengurangi Page Rank kalian. Padahal kalian kehilangan kesempatan untuk menaruh keyword disana.

Trik tambahan lain yang bisa kalian gunakan untuk URL adalah sebagai berikut,  misal judul artikel kalian : Cara Merubah WordPress Menjadi Berbahasa Indonesia. Daripada membiarkan url kalian sama dengan judul, kalian bisa merubahnya menjadi: cara-ubah-wp-jadi-bahasa-indonesia.

Sebab orang bisa juga menggunakan kata ubah untuk merubah; wp untuk worpdress; dan bahasa untuk berbabasa.

Ini bukan spam, memasukkan kata-kata yang tidak ada hubungan dengan artikel kalian. Melainkan hanya memberikan sedikit variasi kata.

Sebagai pemisah kata gunakanlah strip atau dash “-” untuk memisahkan dua kata, misalnya “cara-ubah”. Penggunaan garis bawah atau underscore “_” tidak disarankan, walaupun masih bisa dibaca oleh Google. Tetapi janganlah menyambung seluruh kata, seperti “caraubah”.

Cara membangun reputasi

Bagaimana kalian bisa semakin dikenal, mendapatkan Page Rank yang lebih tinggi, dan orang membuat tautan balik ke kalian?

Kuncinya jadilah menarik.

Cara menjadi menarik:

  1. Jangan menulis apa yang sudah ditulis oleh banyak orang tanpa ada nilai tambah ke dalamnya.
  2. Menulislah dengan sering, sebab jika kalian menulis dengan sering orang akan semakin ingin datang lagi dan lagi untuk melihat apakah ada sesuatu yang baru.

Rahasia blogging adalah mulailah dari kecil dan bangun dan terus bangun. Tidak ada yang bisa langsung menjadi besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.