6 Kelebihan Nokia X1, HP Jadul yang Tidak Lekang oleh Waktu

posted in: Ulasan Produk/Jasa | 0

Pada zaman sekarang smartphone dapat kita temukan dengan mudah. Mulai dari anak-anak hingga orang tua sudah menggunakan handphone “sentuh-geser” ini. Ada begitu banyak jenis smartphone yang tersedia di pasaran mulai dari yang harga ratusan ribu sampai yang puluhan juta. Dari yang spesifikasinya biasa-biasa saja sampai yang super canggih.

Sama seperti teman-teman yang lain, sekarang saya juga menggunakan smartphone. Tapi sebelumnya dan sampai sekarang saya masih menggunakan handphone andalan saya yaitu Nokia X1. Handphone ini memiliki banyak fitur dan ditawarkan dengan harga yang termasuk murah mengingat banyaknya keuntungan yang didapat.

Nokia X1

Handphone ini merupakan “hibah” dari adik saya. Dia mendapatkan handphone ini pada tahun 2011 dengan harga Rp. 400.000,-. Berikut beberapa kelebihan Nokia X1 berdasarkan pengalaman saya.

1. Dual SIM Card

Nokia X1 sudah bisa dual SIM card (GSM). Ketika dulu operator seluler saling bersaing dengan paket telepon dan SMS nya sehingga kita dibuat bingung mau menggunakan SIM card yang mana, dengan handphone ini kita bisa menggunakan dua jenis SIM card.

Kalau mau telepon menggunakan kartu A, untuk SMS menggunakan kartu B. Hanya saja terkadang ada masalah dengan salah satu SIM card dimana salah satunya menjadi sulit dihubungi dan jika dihubungi akan ada pemberitahuan bahwa nomor tersebut sedang tidak aktif.

2. Tahan Banting

Sejak awal menggunakan Nokia X1 hingga sekarang, sudah tidak terhitung berapa kali handphone ini terjatuh. Bahkan pernah jatuh sampai baterainya lepas. Walaupun begitu sampai sekarang kondisinya masih bagus dan nyaman digunakan. Coba bandingkan dengan smartphone zaman sekarang yang dilindungi dengan berbagai macam aksesoris mulai dari pelindung layar sampai softcase dan hardcase untuk melindungi smartphone dari benturan. Semua itu karena smartphone sangat sensitif dan mudah rusak jika terjatuh.

3. MP3 Player dan Radio

Nokia X1 juga dapat digunakan sebagai sarana hiburan. Bisa digunakan untuk memutar file musik mp3 dan mendengarkan radio. Ukurannya yang kecil membuatnya dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam saku sehingga kita dapat mendengarkan musik dengan mudah dimana saja. Jika tidak menggunakan handsfree, suara dari speaker built-in nya pun sangat jernih dan keras.

4. Memori Eksternal

Nokia X1 juga sudah mendukung penggunaan memori eksternal sampai 16 GB. Dengan ini kita bisa menyimpan banyak data seperti file-file mp3 favorit dan memutarnya dengan mp3 player.

5. Baterai Irit

Handpone ini sangat irit baterai. Hanya perlu dicharge sekali dalam sehari. Bahkan pernah bertahan selama tiga hari ketika intensitas menelepon dan SMS saya sangat jarang. Berbeda dengan smartphone zaman sekarang yang sering sekali bermasalah dengan baterai. Sangat mudah low batt. Sehingga untuk mengatasi hal ini sekarang banyak bermunculan power bank.

6. Senter

Ada jargon yang berkembang untuk handphone ini yaitu BBS (Blackberry Senter). Hal ini karena handphone ini terkenal dengan fitur senternya. Memang tidak seterang senter pada smartphone, akan tetapi cukup berguna ketika tiba-tiba lampu mati atau untuk mencari barang di celah-celah gelap dan sempit.

Kesimpulan

Saya sangat puas menggunakan handphone ini. Handphone dan baterainya awet serta kaya fitur. Walaupun smartphone sangat penting pada zaman sekarang, akan tetapi Nokia X1 tidak bisa saya tinggalkan. Banyak juga saya lihat teman-teman yang masih menggunakan handphone ini walaupun mereka telah memiliki smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.