Cara Baca Harga Jual dan Harga Beli Saham untuk Nubi

posted in: Cara | 10

Bagi yang awam melihat antar muka aplikasi untuk jual beli saham mungkin terasa rumit sekali, karena penuh dengan angka-angka dan grafik.

Sebenarnya sih kalau sudah dibedah satu per satu tidak sulit-sulit banget bacanya. Nah untuk itu artikel ini akan mengajarkan sesedehana mungkin cara membaca harga saham. Jadi kalau kamu ingin beli atau jual saham tahu harus lihat angkanya yang mana.

Aplikasi saham simasnet

Tergantung dari aplikasi saham yang kamu gunakan, kalau di aplikasi Sinarmas.net untuk melihat harga saham tertentu kita lihat di Best Quote. Jendelanya seperti gambar di bawah ini.

Oh ya aplikasi ini atau yang sejenis hanya didapat setelah kamu membuka akun pada suatu sekuritas tertentu.

Saham TLKM

Beli saham

Kalau mau beli saham lihatlah antrian harga yang ada di sebelah kanan yang saya kotaki dengan warna kuning. Saham dijual

Kolom offer menunjukkan harga jual saham yang orang tawarkan. Kalau mau beli saham lihatlah harga di baris paling atas, karena itu adalah harga jual termurah. Harga tersebut menunjukkan harga satu lembar saham.

Kolom lot menunjukkan total jumlah lot yang tersedia. Kamu kalau mau beli minimal harus 1 lot. Sekedar informasi kalau dulu 1 lot = 500 lembar saham, kalau sekarang 1 lot = 100 lembar saham. Jadi untuk sekali beli dalam contoh di atas minimal kamu harus bayar Rp. 2840,- x 100 = Rp.284.000,-.

Kolom #O menunjukkan jumlah penawaran yang tersedia.

Pada gambar di atas harga paling murah adalah Rp.2840,-. Jika jumlah saham di harga ini sudah habis, maka harga akan naik secara bertahap menjadi Rp.2845.- jika sudah saham yang ditawarkan habis lagi, maka harga naik lagi ke Rp.2850 demikian seterusnya.

Jual saham

Apabila kamu ingin menjual saham maka lihatlah sisi sebelah kiri yang saya kotaki kuning pada gambar di bawah ini.  Kolom Bid menunjukkan harga beli yang orang tawarkan. Baris paling atas adalah harga tertinggi yang orang bersedia bayarkan untuk saham TLKM. Jadi kalau mau jual lihatlah baris yang paling atas itu. Pada contoh disini harganya adalah Rp. 2835,-

Jika lebih banyak orang yang menjual sahamnya pada hari itu maka harganya secara bertahap akan turun.

Saham dibeli

Info harga

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang angka-angka yang terdapat di bagian atas:

  1. TLKM adalah kode saham untuk perusahaan Telekomunikasi Indonesia.
  2. Chg menunjukkan perubahan harga dari semenjak pembukaan perdagangan. Jika positif, berarti harganya naik, semakin mahal, kalau merah, berarti harganya semakin turun.
  3. Last menunjukkan harga transaksi terakhir pada hari itu.
  4. Hi menunjukkan harga transaksi tertinggi pada hari itu.
  5. Lo menunjukkan harga transaksi terendah pada hari itu.
  6. Open menunjukkan harga saat pembukaan perdagangan. Sebelum perdagangan dimulai penawaran dan permintaan sudah masuk, kemudian dikalkulasi dan menghasilkan harga pembukaan atau open.
  7. Close menunjukkan harga saat perdagangan ditutup. keterangan harga

10 Responses

  1. Iki
    | Reply

    Mas, kalo kolom yang di bawah itu apaan ya? Yg price, T.Lot, sama T.Freq? Akumulasi dari seluruh transaksi kah?

    Sama kalo mau jual saham itu gimana sih mas? Bisa juga dari aplikasi jual beli saham itu ga? (misalnya ky di contoh sinarmas.net)

    Terus untuk bisa pantau hargaharga saham yg lengkap harus pake aplikasi yang harus buka akun sekuritas dulu ya mas? Ada ga aplikasi yang ga usah pake buka akun dulu?

    Lastly, baiknya kalo mau mulai jual beli saham, kita buka akun di BEI sendiri apa lewat perushaan jasa keuangan ya mas?

    Tq mas. Ditunggu balesannya

  2. fajar
    | Reply

    kalau saya mau mulai bersaham, saya harus mulai dari mana?

    • Juan
      | Reply

      Kumpulkan ilmunya dulu. Kemudian coba jual beli dalam jumlah kecil. Kalau pertama bukan seberapa besar uang yang dihasilkan. Melainkan seberapa banyak keputusan jual dan beli yang diambil benar.

  3. sanjuanwolf
    | Reply

    saya tertarik untuk belajar lebih dalam dan detailnya.. kiranya dimana saya bisa belajar mengenai saham saham tersebut mas feju

  4. atiqah angraini
    | Reply

    mas boleh tanya harga saham gimana cara bacanya ,,
    dalam bentuk rupiah kah apa bentuk dollar,, klo bentuk rupiah ,, harga ratusan kah, ribuankah, atau jutaan kah ???

    • Juan Feju
      | Reply

      Kalau di Indo, rupiah. Harganya sesuai yang tercantum. Itu harga per lembar saham.

  5. Febrian Ammar
    | Reply

    saya kadang mendengar bahwa seorang karyawan, misalkan karyawan di perusahaan telekomunikasi indonesia, setiap karyawan itu memiliki saham di tempat dia bekerja, itu dalam arti bagaimana mas feju?
    kalau saya sih mikirnya dengan karyawan terlibat dalam kepemilikan perusahaan, otomatis dia merasa mempunyai hak untuk ikut serta membangun perusahaan agar lebih maju.

    • Juan feju
      | Reply

      Itu artinya karyawan tersebut diberikan sebagian dari kepemilikan perusahaan tersebut. Tentunya nantinya ada surat-surat yang membuktikan itu. Kemudian dia juga akan mendapatkan hak-hak tertentu misalnya mendapatkan pembagian keuntungan. Atau ketika perusahaan dijual, maka dia juga akan mendapatkan bagian. Biasanya karyawan yang mendapatkan saham, tentu akan lebih peduli, karena kini perusahaan itu juga merupakan bagian dari hartanya. Semakin perusahaan itu bernilai, semakin berkembanglah hartanya.

      • El Haq
        | Reply

        Mas Feju kalo Avg dibagian bawah close itu artinya apa? makasih salam kenal ya

        • Juan feju
          |

          Setahu saya itu harga rata-rata saham

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.