Ini Dia Penjelasan Biaya Tambahan Misterius 2 x Rp.10.000 Ketika Membayar Adwords dengan VCN BNI

posted in: Uang | 11

Bagi yang pernah membayar adwords dengan VCN BNI mungkin bingung dengan adanya biaya tambahan Rp. 10.000 atau 2 x Rp.10.000 yang tidak jelas juntrungannya. Pada hari Senin, 14 Oktober 2013  dan Rabu 16 Oktober 2013 misteri itu terungkap melalui penjelasan dari salah tim Google adwords, ibu Luna R.

Cerita singkatnya begini, pada tanggal 5 Oktober 2013 subuh akhirnya saya berhasil membayar iklan adwords menggunakan VCN BNI, setelah mencoba beberapa kali dan gagal . Namun setelah saya cek saldo ternyata ada pemotongan biaya tambahan misterius sebesar Rp.10.000 sebanyak dua kali.

Sebagaimana saya sudah ceritakan di artikel sebelumnya, bahwa saya sudah sempat mengontak pihak layanan pelanggan BNI.  Salah satu operatornya mengatakan, bahwa biaya pemotongan itu bukanlah dari BNI. Oleh karena itu pada tanggal 12 Oktober 2013 saya memutuskan untuk melayangkan sebuah pertanyaan kepada google malaui tautan Help yang ada di pojok kanan atas di google adwords panel, sebagai berikut:

Hello Google, I’m Juan from Indonesia. This is my first time using Google Adwords. I used a prepaid method in an amount of Rp.100,000.00. When I saw my balance, there were extra charges, 2x Rp.10.000. Are these charges derives from Google? Could you explain what are they? I already asked my bank, they said those charges are not coming from them. Thank You

Saya pakai bahasa Inggris karena tidak tahu, yang terima orang bule atau orang lokal. :D
Intinya saya menanyakan tentang biaya tambahan misterius itu.

Tak dinyana pihak Google merespon melalui staf representatifnya, Ibu Luna via email dan via telpon.  Oleh karena satu dan lain hal saya tidak bisa menampilkan isi emailnya disini, tetapi inti penjelasan dari ibu Luna adalah sebagai berikut: Ketika seseorang memasukkan data kartu kredit, maka sistem akan secara otomatis melakukan penarikan sebesar Rp.10.000 untuk menguji apakah kartunya bisa digunakan. Jika bisa, uang itu pada akhir bulan akan dikembalikan.

Yang menjadi pertanyaan adalah menurut keterangan via email dan telpon, penarikannya untuk tes kan seharusnya Rp.10.000 lalu kenapa terjadi dua kali?

Nah kalau dalam kasus saya menurut Ibu Luna dengan mengacu pada historikal di sistem Google saya pernah mencoba dua kali memasukkan data kartu yang berbeda, namun yang pertama, oleh karena suatu alasan yang tidak diketahui, gagal. Selanjutnya yang kedua kalinya, berhasil. Jadi oleh karena terjadi dua kali pengetesan kartu oleh sistem maka terjadilah pemotongan 2 x Rp.10.000.

Nah itulah penjelasan yang bisa saya bagikan dari biaya tambahan misterius 2 x Rp. 10.000 ketika membayar adwords dengan VCN BNI.

The end…

Tunggu…ceritanya belum selesai, duitnya kan dikatakan akan dikembalikan ke kartu kredit di akhir bulan, lah bagaimana caranya, wong kartu kreditnya sesungguhnya tidak ada? Selain itu mengapa ibu Luna menyarankan untuk tidak menggunakan VCN untuk pembayaran adwords? Silahkan baca artikel : Google Tidak Menyarankan Pembayaran Google Adwords dengan VCN BNI

 

11 Responses

  1. Davin Risy Al Hanif
    | Reply

    mas, bagaimana uangnya? apa dikembalikan pada akhir bulan? saja juga mengalami hal yang kurang lebih sama

    • Juan Feju
      | Reply

      Tidak bisa mas Davin, sebab VCN tidak bisa menerima uang masuk kan.

  2. Faisal
    | Reply

    Waduh, padahal saya baru mau pasang iklan pake vcn bni. :(

  3. Fauzan
    | Reply

    Harusnya klo ga bisa revert back itu verivikasi failed bro, tp punya bro koq bisa ya?
    Revert back keterangannya : Koreksi atas pembelian
    Bsk ane coba subuh jg bro, dgn asusmsi traffic ke adwords lg sepi, biar bisa kurang dr 1 jam.
    Krn ini adwords Sipngapura

  4. Fauzan
    | Reply

    masbro, ternyata setelah diskusi dgn CSR adwords, masalah ada di livetime VCN yang cm 1 jam, krn kemungkinan adwords perlu > 1 jam utk revert back dana ke VCN.

    Klo boleh tau dulu sekitar jam berapa ya yg berhasil apply adwordsnya dgn VCN?

    Thanks

    • ekajuan
      | Reply

      Subuh, jam 3-an

    • ekajuan
      | Reply

      Bro Fauzan, apakah dana masih bisa revert back ke VCN. Kalau di saya dana yang ditarik oleh sistem itu tidak balik lagi. Dugaan saya karena saya menggunakan VCN dan bukan kartu kredit.

  5. Fauzan
    | Reply

    http://m.kaskus.co.id/thread/520024a63f42b24543000005/panduan-vcn-bni-debit-online-buat-belanja-di-toko-online-yang-terima-mastercard/17

    masih belum berhasil juga ni bro, padahal data sudah benar
    ada saran?

  6. Fauzan
    | Reply

    Bro, mau tanya
    ane kasusnya mirip sama ente, tp sampe sekarang masih belum berhasil juga
    2 x kena charge 10rb tapi tetep ga bisa
    baca di kaskus, katanya harus nunggu dulu pengembalian dana dengan keterangan “koreksi ats pembayaran” baru bisa buat pasng adwods
    Punya bro gtu jg ga??
    trims

    • ekajuan
      | Reply

      Hello Bro Fauzan,
      Kalau kejadiannya di saya, begitu pengisian data kartu kredit sudah benar dan diterima, sudah bisa langsung buat adwords. Tidak perlu nunggu apa-apa lagi.
      Selain itu saya kan pakai VCN. Jadi tidak mungkin dana bisa dikembalikan, karena secara fisik, saya tidak punya kartu atau akun kartu kredit.
      Bisa kasih link yang di kaskusnya, bro?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.