HeadSet Logitech H540, Harganya Rp. 531.000 Apakah Layak?

posted in: Ulasan Produk/Jasa | 2

Ketika kita harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk sebuah produk, kita bertanya-tanya apakah ini produk yang bagus? Apakah sebanding dengan harganya?

Sementara kita tidak bisa selalu menggali info dari penjaga toko. Sebagian dari mereka tidak memiliki pengetahuan tentang produk. Sebagian hanya menunjuk ke layar komputer di pojok dan menyuruh Anda cari sendiri.

Oleh karena itu saya akan membantu Anda dengan mengangkat kekurangan dan kelebihan dari produk senilai Rp.531.000 ini (Bhinneka.com) setelah pemakaian beberapa tahun.

headset logitech h540

Dulu saya membelinya karena ingin menggunakan mic-nya dengan software voice recognition, Dragon Nuance untuk memudahkan pekerjaan penerjemahan saya. Kini saya semakin tidak bisa lepas dari headset Logitech ini, akibat aplikasi pengusir nyamuk.

Loh, apa hubungannya?

Aplikasi tersebut seharusnya bisa menghasilkan frekuensi suara tertentu lewat speaker. Hanya nyamuk yang dapat mendengarnya dan mereka tidak menyukainya. Alih-alih si nyamuk ngibrit, yang ada suara speaker saya yang kabur. Suaranya hampir hilang semuanya. Saya tidak bisa lagi menggunakannya untuk mendengar musik atau nonton youtube.

Jadi untuk bisa menikmati audio dari laptop saya, saya harus selalu menggunakan headset ini. Dari sini Anda bisa ketahui, bahwa saya termasuk pengguna yang aktif dari produk ini.

3 kekurangan headeset logitech H540

Berikut adalah pendapat saya mengenai kekurangan produk ini.

  1. Bahan sintetis yang mudah rusak.
    Apakah Anda penah ke mal-mal dan melihat ban pinggang kulit yang keren-keren. Biasanya itu terbuat dari kulit sintetis. Seiring waktu lapisan yang menyerupai tekstur kulit itu akan mengelupas menjadi seperti ini:
    ban pinggang
    Demikianlah itu terjadi dengan bahan yang melapisi headset ini. Apalagi ketika Anda sering menggunakannya untuk waktu  yang lama, maka kuping Anda tentu berkeringat. Sementara keringat itu bersifat asam. Akhirnya lapisan itu akan rontok sedikit demi sedikit hingga jadi seperti ini. headset mengelupas
  2. Kurang tahan banting
    Headset ini sudah pernah terjatuh beberapa kali. Ada beberapa kerusakan yang terjadi, yaitu, tombol mute yang sudah tidak bisa on/off lagi, demikian juga lampu indikator mute yang sudah tidak lagi menyala. Regulator volume pun tidak terlalu bekerja dengan baik. Kadang kalau dikecilkan atau dibesarkan suaranya bisa melonjak.
  3. Koneksi yang bisa putus nyambung akibat kabel USB yang sering terbetot
    Kelemahan dari headset kabel adalah ada kalanya kabel itu terjepit atau tersangkut. Ketika kepala kita bergerak, kabel jadi terbetot. Jika ini sering terjadi, maka sambungannya lama-lama bisa putus nyambung seperti ABG. Suara jadi hilang terdengar. Buat saya ini problem yang cukup mengganggu.

2 kelebihan dari produk ini

Saya akan mengangkat 2 hal utama yang layak jadi perhatian, yaitu:

  1. Suara OK
    Bagi saya kualitas suaranya jernih. Untuk nonton Youtube atau main game sudah enak di telinga, tidak cempreng. Bassnya pun lumayan dan suara tidak pecah.
  2. MIC OK
    mic logitech h540
    Salah satu alasan saya memilih produk ini adalah adanya noice cancelling. Apabila Anda menggunakan headset yang murah-murah itu, Anda bisa mendengar, mic menangkap suara udara. Selain itu dengan colokan jenis USB kualitas suara yang terkirim akan jauh lebih baik daripada headset yang menggunakan colokan analog.
    Anda bisa test dengan aplikasi Google voice recognition, yang biasanya memerlukan kejernihan suara agar bisa dikenali dan diproses. Saya sudah mencobanya dan mic ini bisa berfungsi dengan baik.

Penutup

Dengan harga yang tembus setengah juta, saya sebenarnya mengharapkan kualitas yang lebih baik dari ini, apalagi dengan tersematnya merek Logitech. Meskipun ekspektasi kualitas suara dan MIC terpenuhi. Hal yang menurut saya mengecewakan adalah ketahanan produk.

Apakah lain kali saya akan membelinya lagi. Hmm.. secara pribadi dengan harga segitu kalau ada alternatif lain, saya akan pilih Headset yang lain.

2 Responses

  1. Dedy Akas Website
    | Reply

    Hallo Mas Juan…
    Terima kasih atas referensinya…
    Untuk harganya cukup mahal ya…
    Namun yang saya tahu.. kebanyakan produk logitech lainnya sangat kuat dan tahan lama…
    Dan ternyata setiap keluarannya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing ya…
    Terima kasih atas share artikelnya…
    Salam,

    • Juan feju
      | Reply

      Hal Mas Dedy, terima kasih untuk komennya. Iyah harganya memang aduhai. Saya senang ulasannya dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.