Blog Satu Tema Lebih Menguntungkan Daripada Blog Gado-Gado

posted in: Blog | 2

Mengapa blog niche lebih menguntungkan? Karena pembaca Anda menjadi sejenis atau memiliki profil yang sama. Mengapa kalau demikian lebih untung? Berikut pembahasannya.

1. Pengunjung adalah aset Anda

Aset adalah sesuatu yang menghasilkan pemasukan.

Hal yang membuat situs Anda bernilai adalah pengunjung Anda. Tanpa mereka, maka situs Anda adalah nol besar.

Ini berlaku baik di dunia offline maupun online. Bisnis yang besar, customernya banyak. Situs yang besar, pengunjungnya banyak. Aplikasi yang siap dibeli mahal oleh investor adalah yang usernya banyak. Mengapa? Karena uang letaknya di kantong para pengunjung atau pengguna.

2. Blog gado-gado bisa “mengusir” pengunjung

Pemula biasa memilih blog gado-gado karena lebih mudah. Apa saja yang terlintas di pikiran dapat segera menjadi tulisan. Namun demikian, satu permasalahan besarnya. Relevansi.

Sesuatu yang tidak relevan bisa membuat gairah pengunjung Anda hilang. Hari ini Anda membahas tentang kecantikan, besok Anda bahas tentang politik. Pengunjung sedang asyik membaca pos Anda tentang kesehatan, tiba-tiba di akhir tulisan ditawarkan bacaan tentang motor. Bisa-bisa Anda “mengusir” pengunjung Anda.

Padahal bisnis yang besar, adalah bisnis yang punya banyak repeat customer. Blog yang besar bila pembacanya datang dan datang lagi untuk mengonsumsi apa pun yang Anda buat.

3. Blog Niche memiliki relevansi yang tinggi

Kalau Anda seorang diri. Waktu dan tenaga Anda terbatas. Maka sebaiknya Anda fokus pada satu niche. Sehingga Anda dapat merawat pengunjung Anda dengan lebih mudah. Karena profil mereka sejenis dan ada kesamaan. Dengan demikian setiap tulisan yang Anda buat akan jauh lebih relevan.

Berpikirlah seperti media majalah offline. Ketika sebuah majalah ingin menerbitkan sesuatu, tentu mereka harus memutuskan mau cetak majalah tentang apa, misalnya Animonster membahas seputar anime. Selanjutnya para pembuat kontennya harus fokus kesana.

Bayangkan ketika Anda mulai menjalankan email marketing. Anda menggunakan email untuh mencapai pembaca Anda. Pembaca Anda yang peduli tentang kecantikan, tiba-tiba Anda kirim email tentang pos terbaru tentang politik. Siapa yang peduli?

Kesimpulan

Memiliki pengunjung dengan profil yang sejenis akan lebih memudahkan perawatan. Kita bicara tentang efisiensi. Ketika Anda pengunjung Anda tumbuh besar, maka akan lebih mengntungkan saat panen alias ketika Anda mencoba untuk memonetasi aset Anda.

2 Responses

  1. Mp3libres
    | Reply

    yang penting fokus 1 niches ya gan biar blog nya bagus di mata google?

    • Juan
      | Reply

      1 Niche atau tidak, tidak berpengaruh di mata Google. Karena pe-rangkingan Google tidak ada hubungannya dengan niche. Akan tetapi kalau dilihat ke depan, akan lebih baik 1 niche. Dilihat dari sudut pandang monetasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.