Beda Picking List dan Packing List

posted in: Bisnis | 0

Apabil Anda memiliki bisnis yang berkaitan dengan stok. Kemungkinan besar Anda akan berurusan dengan Picking List dan Packing List. Bunyinya mirip tapi berbeda fungsi. Artikel ini akan membicarakan perbedaannya.

Picking List –  saya sebut sebagai daftar comot. Ini adalah daftar yang digunakan oleh karyawan (Picker) Anda untuk mengambil barang dari rak di gudang untuk pemenuhan pesanan pelanggan. Mengapa perlu Packing List? Saat Anda masih bekerja sendiri, mungkin Anda cukup menggunakan daftar Purchase Order/ Pesanan Pembelian dari pelanggan. Masalahnya di sana tercantum harga barang dan lain-lain. Picker yang  bertugas mencomot, tidak perlu tahu informasi itu, tidak ada gunanya. Mereka hanya perlu tahu:

  1. Kode Barang
  2. Nama Barang
  3. Kuantitas
  4. Jumlah Stok
  5. Rak
  6. Gudang

Dari info ini mereka berlari untuk mengumpulkan barang dari order pelanggan.

Packing List – Ini adalah daftar item/barang dari paket yang Anda kirim. Apa gunanya? Agar orang-orang yang berkepentingan tahu isi paket yang bersangkutan. Dalam kasus tertentu, kadang dari satu Purchase Order, paketnya dipecah menjadi beberapa buah. Nah, untuk tahu isi paket A, paket B, karung A, karung B, maka dibuatlah Packing List.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.