Toyota Kijang Super: Dari Kecelakaan Terguling 4x Sejauh 100m Hingga Jajal Full Speed

posted in: Mobil, Ulasan Produk/Jasa | 1

Berikut saya akan mengulas tentang Mobil Toyoya Kijang generasi III atau yang lebih dikenal dengan nama kijang super. Toyota kijang super merupakan mobil yang sangat berkesan bagi diri saya pribadi, karena menjadi mobil pertama yang saya gunakan untuk latihan belajar hingga saya menjadi mahir berkendara mobil.

Walaupun mobil ini di produksi pada tahun 1989 tetapi model ini hingga saat sekarang masih banyak kita jumpai dijalanan di Indonesia.

Toyota kijang superBodi kuat

Untuk ketahanan bodi mobil saya sangat menilai tinggi ketahanan bodi kijang super ini. Hal ini sudah saya rasakan ketika melakukan perjalanan mudik dari Sumatra ke Jawa, dimana mobil saya mengalami kecelakaan terguling sebanyak 4 kali dan meluncur sejauh ± 100 meter dijalanan sementara bodi mobil tidak mengalami kerusakan yang parah hanya kaca depan dan cat nya saja yang terkelupas.

Eksterior dan rasa suspensi

Pada bagian eksterior pada kijang super ini bentuk bodi mobil yang berukuran panjang 4,4 meter, lebar 1,6 meter dan tinggi 1,8 meter sudah dibuat lebih melengkung pada lekukannya sehingga kelihatan lebih modern dan dinamis dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu kijang kotak.

Pada bagian kaki-kaki, kijang super ini hanya menggunakan suspesi per torsion pada bagian depan dan leaf spring di kombinasikan dengan shockbreaker pada bagian belakang dirasakan kurang nyaman. Karena saya pernah mengalami kepala terbentur pada bagian atap mobil ketika dijalan yang tidak rata.

Interior yang minimalis

Di bagian interior Kijang super ini hanya terdapat dashboard dan panel instrument analog yang menampilkan speedometer, fuel meter dan pengukur panas engine. Pencahayaan pada panel instrumen tersebut dirasakan sangat kurang, dimana saya pernah mengalami kondisi ove heat dan mesin ngejamed karena panas mesin tidak terlihat pada pengukur panas di instrument panel tersebut. Oleh sebab itu saat ini saya selalu menyediakan senter untuk mengetahui indicator pada instrument panel.

Mesin tua-tua keladi

Mesin yang digunakan oleh kijang super ini adalah mesin bensin 1500 cc dengan tenaga yang dikeluarkan sampai dengan 63 horse power, memang dirasakan sangat kecil karena ketika saya mencoba gas hingga full gas hanya mencapai kecepatan maksiman 90 Km/jam. Dan transmisi yang digunakan adalah transmisi manual 4 kecepatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.