Toyota Hilux Double Cabin: Tetap Garang di Daerah Pertambangan Kalimanan Utara

posted in: Mobil, Ulasan Produk/Jasa | 0

Memiliki mobil pribadi merupakan keinginan setiap orang. Bagi Anda yang mempunyai aktivitas dan mobilitas yang tinggi, memiliki mobil merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi. Namun spesifikasi mobil yang disediakan saat ini sangat beragam.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui spesifikasi mobil yang cocok dengan aktivitas dan mobilitas  Anda. Dari berbagai macam merek dan type atau varian mobil yang tersedia, berikut saya sharing mengenai pengalaman menggunakan pick up double cabin merek Toyota.

toyota double cabin hiluxToyota Hilux merupakan kendaraan operasional dari perusahaan pertambangan tempat saya bekerja di daerah Kalimantan Utara. Mobil ini memiliki performa yang sangat tinggi untuk bersaing dengan kendaraan multi fungsi merek lainnya baik dari segi interior dan eksterior.

Interior canggih dan mewah

Untuk bagian interior pada Toyota Hilux ini sudah dilengkapi dengan spesifikasi interior kelas atas, seperti:

  1. Stir dengan material kulit
    Ini membuat stir tidak licin ketika dipegang. Terutama ketika saya harus menyetir dengan kondisi jalan yang memerlukan manuver yang sangat cepat.
  2. Panel instrumen yang informatif dan futuristik
    Seperti panel speedometer berukuran 4 inci berlayar TFT dan eco lamp indicator untuk mode berkendara. Ini mempermudah saya untuk memonitor kecepatan kendaraan di area pertambangan yang dibatasi hanya sampai 60 Km/Jam.
  3. Fitur 4×4 easy switch
    Switch ini bagi saya sangat bermanfaat terutama pada saat kodisi hujan atau jalan licin karena saya tidak perlu keluar dari mobil untuk mengubah sistim penggerak dari 2×4 menjadi 4×4.
  4. Dashboard sudah menggunakan layar touchscreen
    Input pengoperasian audionya sangat responsif, sangat berguna ketika tangan saya berminyak dan kotor.
  5. Speaker di setiap pintunya
    Sehingga audio yang dihasilkan dapat dirasakan oleh setiap penumpang bahkan dengan kondisi bising di sekitar nya.

Eksterior Toyota Hilux yang sangar dan siap melalui segala medan

Sesuai dengan spesifikasi nya, Toyota Hilux diciptakan untuk berkendara di segala jenis medan berat dan kondisi jalan yang tidak rata.

Dengan dimensi 5,2 meter, lebar 1,8 meter dan tinggi 1,8 meter mobil ini terlihat sangar dan siap melalui segala medan.

Dengan wheelbase 3,08 meter, bobot sekitar 2 ton, ground clearance yang tinggi,  serta suspensi depan type whisbone dan belakang type leaf spring rigid axle memberikan kenyaman dan keamanan dalam berkendara. Bahkan ketika mobil melewati jalan yang berbatuan dan berlobang, tidak memberikan hentakan yang berlebihan.

Pada bagian roda yang menggunakan ban 225/70 dan velg berukuran 17 inci memiliki daya cengkram yang sangat baik terhadap kondisi jalan apapun.

Mesin penghasil performa maksimal

Pada bagian mesin, Toyota Hilux ini dibekali dengan spesifikasi mesin yang secara garis besar mengusung mesin type diesel DOHC 4-Cylinders In Line 16-Valve. Mesin diesel ini merupakan mesin empat silinder segaris itu dengani kubikasi sebesar 2.494 cc.

Toyota Hilux ini akan memberikan tarikan yang dirasakan sangat responsif serta power yang lebih maksimal. Mesin pada Toyota Hilux diesel ini mampu mengeluakan tenaga sebesar 144 Ps pada putaran mesin 3.400 rpm dan menurut saya bahkan masih bisa lebih, karena saya sudah mencoba nya diluar area pertambanga hingga kecepatan 160 Km/Jam.

Mesin pada Toyota Hilux diesel ini sudah mengadopsi teknologi Fuel Injection sehingga proses pembakaran pada ruang mesin berjalan lebih sempurna. Torsi yang mampu dihasilkan oleh mesin Toyota Hilux diesel ini dirasakan sangat besar terutama pada 1.600 hingga 2.800 rpm karena masih bisa menanjak jalan dengan kemiringan 60o dengan beban total kendaraan, penumpang dan barang lebih kurang hingga 3 ton tanpa mengalai kesulitan dan slip.

Namun, seperti kebanyakan kendaraan diesel lainnya, Toyota Hilux akan terasa cukup kasar saat dipacu dengan tenaga penuh dan di gas secara mendadak. Selain itu transimisi atau sistem penggerak yang digunakan adalah transmisi 6-Speed manual.

toyota double cabin hilux2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.