Kerja Kantor jadi Praktis dengan Printer Multi Fungsi Brother MFC – 6490CW

posted in: Ulasan Produk/Jasa | 0

Setiap hari saya melakukan berbagai aktivitas di kantor seperti memindai dokumen, menggandakan surat, menerima fax dari instansi lain atau mencetak berkas. Guna menunjang ketugasan saya tersebut, pihak kantor telah menyediakan Printer Brother MFC-6490CW. Sebuah printer multi fungsi yang menjadi andalan saya dan rekan-rekan di kantor.

Printer ini memang bukan sekedar printer biasa. Beberapa perangkat terintegrasi dalam satu printer. Saya tidak lagi membutuhkan mesin fax, telepon, alat scan. Cukup satu printer Brother MFC-6490 CW dan pekerjaan saya akan cepat selesai dan pastinya efisien. Tidak perlu turun ke lantai satu untuk memfotokopi ataupun harus ke ruangan kepala untuk mengirimkan fax.

Printer Multi Fungsi Brother MFC – 6490CW

Printer di kantor di beli sejak tahun 2013, sampai sekarang sudah hampir 2 tahun lebih. Hingga sekarang ini tidak ada kendala, hanya sesekali terjadi jamming atau kertas yang akan di foto kopi nyangkut di bagian belakang. Cara memperbaikinya cukup mudah, tinggal di buka di bagian belakang dan ditarik kertasnya. Selesai.

Printer Brother MFC- 6490CW menggunakan jenis tinta refill atau sejenis dengan tinta infus. Kita bisa mengisi ulang dengan mudah Karena letaknya berada diluar dan terlihat saat tinta mulai habis. Jenis tinta refill terbilang cukup hemat. Satu kali pengisian bisa di gunakan hingga 5000 lembar. Pastinya tinta yang digunakan asli dari Brother karena meminimalisir kerusakan printer head. Pernah sekali printer ngadat karena kami menggunakan tinta refill tiruan. Hasilnya warna tidak muncul dan kami harus mengganti salah satu perangkat.

Sayang, ada salah satu kekurangan dari printer Brother MF-6490 CW ini. Yaitu agak lelet saat mencetak. Printer multi fungsi memang mampu mencetak banyak, tapi soal kecepatan saya memilih printer laser jet yang kecepatannya mencetak “wuswus”. Berbeda dengan printer multi fungsi yang cenderung agak lambat. Jika saya harus mencetak banyak dan waktunya terbatas, saya memilih menggunakan printer laser jet. Printer multi mungsi hanya digunakan untuk mencetak fax, atau beberapa dokumen yang harus difoto kopi.

Salah satu kelebihan dari printer multi fungsi   bisa terhubung dengan wifi, saya tidak perlu membawa flashdisk dan memasukkan data yang akan saya print ke computer yang terhubung dengan printer multi fungsi. Saya bisa mencetak langsung dari computer saya meski ruangannya berbeda dengan bantuan wi fi. Jika computer atau laptop kita terkoneksi dengan wifi, kita langsung bisa mencetak dan pastikan computer kita sudah terinstal driver printer.

Sesuai dengan banyaknya fitur yang dimiliki printer multi fungsi ini harganya pun pasti berbeda dengan printer yang hanya bisa mencetak saja. Harga sekitar tiga jutaan dan printer ini cocok untuk alat kantor. Untuk segmen rumahan, printer ini bagi saya terlalu berlebih karena banyak fitur yang tidak terpakai dan mubazir. Dan yang paling mencolok adalah ukurannya yang besar. Empat kali lebih besar dari printer biasa dan pastinya memakan banyak tempat dan membuat rumah saya makin sempit saja.