Ulasan HP Lumia 430, Seri Lumia Termurah tapi Tidak Murahan

Jujur saja, saya adalah penggemar berat smartphone seri lumia terutama sejak Nokia di akuisisi oleh Microsoft beberapa tahun yang lalu. Pertama kali memakai lumia pada saat itu adalah lumia 520, yang masih menggunakan label nokia pada bodinya. Sampai akhirnya saat ini, setelah cukup lama memakai perangkat android, kini saya kembali memakai lumia.

Lumia 430 bisa dikatakan seri lumia paling murah saat ini, dengan banderol 800 ribuan. Saya bisa mendapat sebuah smartphone dengan spesifikasi yang lumayan, RAM 1 GB, prosessor Dual Core Snapdragon dan dual sim. Setidaknya sejauh ini spesifikasi tersebut sangat mencukupi untuk kebutuhan kerja saya setiap hari.

lumia 430

Saya sendiri sudah menggunakan perangkat lumia 430 ini selama dua bulan terakhir. Menariknya keberadaan lumia di daerah saya,  Cipanas – Cianjur cukup sulit ditemukan, saya pun menemukan perangkat ini setelah hanya tinggal tersisa satu saja, dan itu pun kebetulan adalah edisi khusus Real Madrid.

lumia 430 real madrid

Harga Murah, tapi Tidak Murahan

Kalimat itulah mungkin yang berusaha di gambarkan oleh Microsoft selaku produsen dari perangkat yang satu ini. Ya, Nokia sudah tidak lagi terpampang di bodi lumia yang saya pegang saat ini, kali ini Microsoft lah yang memegang penuh kendali atas pembuatan dan berbagai inovasi yang ada di dalam lumia.

Dengan harga termurah di seri lumia ini, spesifikasi yang saya dapatkan terbilang lumayan mumpuni. Apalagi untuk kebutuhan saya untuk bekerja (Office, Email dan Browser) dan gaming. Selain itu, OS yang disematkan pun sudah windows phone 8.1 dengan upgradable ke windows mobile 10.

Beberapa Fitur yang Hilang

Sayangnya, beberapa fitur memang sengaja di hilangkan demi menghasilkan sebuah perangkat yang ramah untuk kantong. Salah satunya adalah kamera, dimana pada seri-seri lumia yang lain justru menjadi daya tarik terbesarnya. Lumia 430 ini memiliki kamera 2 mp sebagai kamera utama kamera VGA di kamera depan.

Selain itu layar yang diusung oleh lumia 430 ini, hanya layar touchscreen capacitive saja dengan kedalaman resolusi 480 x 800 p. Berbeda dengan seri lumia yang lain, yang sudah menggunakan teknologi Gorilla Glass untuk menjaga ketahanan layar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.