Lenovo Ideapad S410P – Mumpuni Untuk Main Dota 2

Seakan jalan bergandengan, kemajuan teknologi yang akan terus berkembang menuntut setiap orang memiliki alat bantu yang canggih dan memudahkan dalam melakukan hobi maupun pekerjaan. Salah satu alat bantu canggih yang lumrah dimiliki oleh setiap orang zaman modern ini adalah laptop. Laptop merupakan alat bantu yang canggih dan memiliki banyak fungsi, diantaranya; sebagai alat bantu menyelesaikan pekerjaan, media hiburan, menyimpan file atau data, serta bermain game.

Bagi Anda yang memiliki hobi bermain game atau berprofesi sebagai video editor, saya memiliki rekomendasi terbaik, yaitu laptop Lenovo Ideapad S410p. Kenapa saya merekomendasikan laptop ini kepada Anda? Lantas apa saja kelebihan dan kekurangannya? Baik, akan saya jelaskan.

Lenovo Ideapad S410Sudah sekitar tiga tahun saya menggunakan laptop Lenovo IdeaPad S410. Sebetulnya, pertama kali saya membeli laptop ini karena saya adalah pecandu game online Dota 2 yang membutuhkan laptop dengan spek tinggi. Sempat bimbang dan galau awalnya saat harus memilih laptop mana yang harus saya beli. Tanpa ragu saya memasuki satu per satu toko laptop di daerah kampus Universitas Jember untuk mendapatkan informasi mengenai laptop gaming yang mumpuni dengan harga terjangkau. Setiap toko laptop tersebut memberikan rekomendasi yang bervarian dengan alasan berbeda.

dota2Namun, ada sebuah laptop yang menarik minta saya. Awalnya, karena tampilannya yang tipis dan berbeda dengan laptop lain. Motif dan modelnya juga sangat elegan. Lalu saya bertanya kepada pelayan toko mengenai laptop tipis tersebut. Dijelaskannya, laptop Lenovo Ideapad S410 merupakan laptop khusus gaming karena memiliki spek tinggi dibandingkan dengan laptop lainnya yang dipajang di toko tersebut. Pelayan toko tersebut mengatakan jika laptop ini sebenarnya adalah laptop percobaan dari pabriknya. Dibandrol dengan harga terjangkau namun dengan spek yang mumpuni untuk game berat sekalipun.

Saya menanyakan, apa perbedaan yang lebih spesifik lagi antara laptop Lenovo ideapad S410p ini dengan laptop gaming lainnya kepada pelayan toko tersebut. Dijelaskan bahwa laptop ini memiliki VGA Nvidia Geforce 2Gb dan dilengkapi dengan RAM 4Gb. Ditambahnya lagi, bahwa laptop ini sudah core i3. Pada tahun 2012, laptop dengan spek core i3 merupakan laptop kelas tinggi yang memiliki harga sangat mahal. Tapi, laptop Lenovo Ideapad S410p hanya dibandrol dengan harga Rp6.300.000,- pada waktu itu. Jadi, saya berfikir untuk game sekelas Dota 2 pasti berjalan mulus jika menggunakan laptop ini.

Yang lebih meyakinkan lagi, pelayan toko tersebut mengatakan jika di Jawa Timur hanya distok sekitar 5000 unit saja. Wah, saya merasa semakin takut kalau laptop yang tinggal satu-satunya ini diambil orang lain. Akhirnya, setelah cukup lama mencari informasi dari setiap toko laptop, saya memutuskan untuk membeli alat canggih ini.

Dan yang pertama kali saya lakukan setelah memiliki laptop ini adalah mengisi game Dota 2 karena rasa penasaran apa game Dota 2 bisa berjalan mulus jika dimainkan menggunakan laptop tipis ini. Alhasil, tidak ada kendala sedikitpun saat memainkan Dota 2. Saya mencoba game yang menuntut spek lebih tinggi yaitu Resident Evil, dan ternyata juga berjalan mulus tanpa kendala.

Pernah suatu hari, teman satu kos yang berprofesi sebagai video editor mengalami kendala pada komputernya yang dirakit sendiri. Sedangkan project sudah hampir mendekati deadline, saya menawarkan untuk menggunakan laptop saya, namun awalnya dia tidak yakin bahwa laptop saya mampu mengoperasikan Adobe Premiere dan Vegas. Tapi, setelah dicoba, teman saya yang awalnya meremehkan, akhirnya terheran dengan kualitas laptop ini.

Lenovo Ideapad S410Secanggih apapun sebuah benda, pasti memiliki kekurangan, seperti laptop Lenovo ini. Walau kendala tidak sering, tapi juga kadang mengganggu pekerjaan atau hobi saya. Laptop ini pernah tiba-tiba mati saat saya sedang bermain game online. Drivernya pun susah dicari, jadi jangan lupa untuk back up driver bawaan laptop ini. Karena tidak seperti laptop umumnya yang compatible dengan driver bajakan, laptop ini terkesan memilih yang asli. Selain itu, laptop dengan RAM 4Gb juga menuntut software 64-Bit. Sedangkan kebanyakan laptop lain menggunakan software atau aplikasi 32-Bit.

Memiliki bentuk yang lucu dan sangat tipis menjadikan laptop ini hemat tempat apabila disimpan dalam tas. Dan, perlu diketahui bahwa laptop saya juga memiliki fasilitas USB 3.0 yang artinya memiliki kemampuan lebih cepat dalam transfer data atau file. Dalam akhir penjelasan, saya bisa menyimpulkan bahwa laptop ini bisa dikatakan sebagai laptop eksekutif.

Leave a Reply