Lampu Belajar Dimmer Maspion MDL 902

Sebetulnya banyak pilihan lampu belajar lain yang dipajang di toko elektronik tempat saya membeli lampu belajar Maspion ini. Namun saya memilih yang satu ini, setelah saya bertanya banyak kepada salah satu pelayan toko tersebut. Menurutnya lampu belajar ini memang sedikit mahal, tapi memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan lampu lain, misalnya:

  1. Gagang atau leher penyangga yang elastis, berbeda dengan lampu belajar lainnya yang statis. Jadi bisa dinaikturunkan atau diputar ke segala arah.
  2. Pada umumnya lampu belajar terbuat dari bahan plastik dengan kualitas rendah sehingga mudah gosong pada bagian terdekat lampu, berbeda dengan produk ini.

lampu belajar dimmer maspion

Pelayan toko tersebut juga menambahkan, jika lampu belajar Maspion ini merupakan lampu belajar yang paling laris saat itu. Jadi saya memutuskan untuk membelinya.

Saya cukup senang belajar dengan menggunakan lampu belajar merk Maspion ini. Karena sinar atau pancaran cahayanya sangat terang dan terfokus, tidak pecah atau mbleber. Kekuatan cahayanya pun bisa diatur. Apabila terlalu terang, ada tombol pengatur yang bisa diputar untuk meredupkannya.

Saya pernah membantu paman yang berprofesi sebagai guru untuk mengoreksi LJK (Lembar Jawaban Komputer) muridnya saat try out UNAS. Lampu dengan motif warna yang sangat sederhana ini sangat membantu proses pengoreksian, karena cahaya yang terpusat itu dan lehernya yang bisa diarahkan ke lembaran tersebut.

Pernah juga secara tidak sengaja saya menyenggol kabel dan lampu belajar ini terjatuh. Berkat penyangga lampu yang sangat lentur dan elastis lehernya tidak patah.

Salah satu kendala yang pernah saya alami saat menggunakan lampu Maspion ini, adalah mudah konslet. Saya tidak tahu persis mengenai hal elektro atau daya listrik. Yang pasti, sudah lebih dari sekali saya membawa lampu belajar ini ke tukang service karena matot (mati total), meskipun sudah ganti lampu.

Menurut mekaniknya, jaringan atau kabel lampu belajar ini tidak begitu kuat jika lampu dinyalakan dalam waktu yang lama. Jadi, pemakaian tidak boleh diforsir. Sempat saya bertanya kepada mekanik tersebut, apakah semua lampu belajar seperti itu. Mekanik tersebut mengatakan tidak. Menurutnya, lampu belajar pada umumnya memiliki rangkaian listrik yang berpusat dan rapi pembungkusan (kabelnya). Jadi, dari situ saya mengetahui kelemahan lampu belajar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.