kerja tim

Tim Anda Memerlukan Masalah

posted in: Ilmu Sukses | 0

kerja timSetiap masalah yang menerpa tim Anda adalah kesempatan untuk mempererat mereka, atau memisahkan mereka. 

Konflik di dalam tim dipicu oleh hadirnya sebuah masalah. Setiap anggota memiliki cara dan perasaan yang berbeda dalam memandang permasalahan itu. Sebab kita lahir dan tumbuh dalam latar belakang yang tak sama, sehingga cara berpikir kita pun berlainan.

Namun demikian gesekan-gesekan yang terjadi antara anggota tim sebenarnya ada gunanya, yaitu untuk mencuatkan perbedaan yang masih ada di tim ke permukaan agar dapat diselaraskan.

Proses penyelarasan harus terjadi. Sebab jika tidak, tim tidak akan berfungsi sebagaimana seharusnya meskipun mereka terus bersama-sama. Ibarat jam tangan hanya dapat bekerja dengan baik bila setiap suku cadangnya bersinergi untuk menunjukkan waktu.

Cara agar proses penyelarasan terjadi:

1. Miliki satu tujuan dan kepentingan yang sama.
Perhatikan saja pasangan suami istri yang meskipun sudah tak cinta, masih dapat bertahan demi anak.

2. Kepentingan pribadi anggota harus lebih kecil daripada kepentingan bersama.
Lihatlah orang-orang yang di perusahaan besar yang saling sikut-menyikut dan berpolitik di internal, bukankah karena masing-masing memiliki tujuan dan kepentingan sendiri-sendiri yang menonjol. Ke-aku-annya begitu besar, demikian juga ego dan kesombongannya?

3. KITA dan bukan AKU
adalah kata yang harus ditekankan di dalam tim. Dengan demikian pola berpikirnya akan lebih secara kelompok.

4. Kerendahan hati dan empati
Setiap anggota tim harus belajar untuk memiliki kedua hal ini sebab hanya orang yang memiliki keduanya yang tidak egois dan mau mendengarkan orang lain.  Pernah bertemu dengan orang yang sangat pandai, yang merasa ia tidak butuh orang lain? Apakah ia mau bekerja di dalam tim? Mau mencoba mengerti orang lain? Biasanya tidak.

5. Sama-sama
artinya senang dinikmati bersama, sakit ditanggung bersama. Demikian pula dengan penghargaan dan hukuman harus dialami oleh semua anggota tim.

6. Tumbuhkan kepercayaan
Hal ini tidak tercipta satu malam. Setiap tindakan yang diambil oleh setiap individu sebagai respon saat menghadapi sesuatu, akan selalu dinilai oleh sesamanya. Apakah tindakan itu mempromosikan kepercayaan atau sebaliknya. Setiap anggota harus belajar untuk mendapatkan kepercayaan dari sesama rekan satu tim.

Proses penyelerasan membutuhkan waktu. Tidak mungkin sehari jadi. Setiap masalah yang timbul adalah kesempatan untuk mempererat hubungan antara anggota. Dari sinilah ikatan batin yang mengikat tim akan timbul. Pada akhirnya tebentuklah tim yang solid.

Leave a Reply