Apa itu SWIFT/BIC, IBAN dan Sort Code?

posted in: Uang | 11

Apabila Anda berurusan dengan transfer uang antar bank lintas negara Anda akan bertemu dengan istilah SWIFT/BIC dan IBAN.

Kalau Anda transfer uang lewat bank secara domestik/lokal di negara tertentu, seperti di Inggris atau Irlandia, Anda perlu Sort Code.

swift bic iban sort codeApa itu SWIFT/BIC, IBAN, dan Sort Code?

SWIFT/BIC
SWIFT adalah kode khusus untuk merujukĀ  salah satu bank yang ada di seluruh dunia. Nama lainnya adalah Bank Identifier Code (BIC). Formatnya:

AAAA BB CC DDD

AAAA = Kode bank
BB = Kode negara
CC = Kode bank pusat
DDD = Kode bank cabang (opsional)

Contoh SWIFT/BIC untuk Bank Central Asia (BCA) kantor pusat di Indonesia adalah CENAIDJA.

Untuk daftar lengkap kode-kode SWIFT silahkan lihat di sini.

IBAN
IBAN singkatan dari International Bank Account Number. Ini nomor akun untuk transaksi terima uang secara internasional, namun tidak menggantikan no akun bank standar Anda.

Saya menggunakan bank BCA dan saya sudah menghubungi Halo BCA menanyakan perihal IBAN. Berdasarkan informasi dari operator, akun saya ada nomor IBAN-nya. Hal ini saya singgung, sebab saya sempat membaca di suatu forum, ada orang yang kebingungan. Banknya yang di Perancis meminta nomor IBAN dari akun pacarnya, sementara pacarnya yang di Indonesia mendapat info dari bank, bahwa rekeningnya tidak memiliki IBAN.

Apakah semua akun bank di Indonesia pasti ada IBANnya? Nah ini saya kurang tahu, jika ada yang punya informasi silahkan komen di bawah.

Sort Code

Sort Code adalah kode identifikasi bank. Istilah lainnya adalah Branch Clearing Code dan Rounting Number. Bank-bank seperti di Inggris dan Irlandia memerlukan kode ini untuk transfer uang antar bank di dalam negeri.

Namun demikian kode ini juga digunakan untuk transfer uang dari luar negri untuk bank-bank yang tidak memiliki IBAN.

Saat saya mencoba mendaftar ke Payoneer (semacam paypal) saya harus mengisi sebuah form yang menanyakan Branch Clearing Code.

Ok, itulah sekilas info. Meskipun sekilas, kalau tidak tahu, pas butuh, pasti pusing.

Baca juga:

  1. Cara Tarik Uang dari PayPal ke Bank Lokal
  2. Menabung di Bank Sebenarnya Meminjamkan Uang kepada Bank
  3. BCA Online Banking, Transfer Berhasil Tetapi Saldo Tidak Terpotong
  4. Belanja Online Aman Tanpa Transfer Bank, Tanpa Pakai Kartu Kredit/Debit

11 Responses

  1. F.E.sudiyono

    Untuk BCA, Bisa di isi dengan CENAIDJA. (Pengalaman dari Belanda sampai dengan cepat dan cukup 3 hari). Kalau BRI dengan BRINIDJA. ** Hanya ingin berbagi saja.

    • Juan

      Kalau BCA tidak ada nomor IBAN di buku rekening. Tanya saja ke customer service. Nanti juga dikasih tahu.

  2. robert fedilis

    saya telah mengirim wang keluar negara tetapi masalahnya mereka meminta code iban,bagaimana saya boleh mendapatkan code iban itu

    • Juan

      Tanyakan kepada pemilik rekening. Kalau dia tidak tahu, minta dia hubungi customer service dan menanyakan perihal itu.

    • Nurul

      Hallo. Saya kerja disalah satu bank swasta di Indonesia. Sepengalaman saya ketika nasabah ingin mentransfer sebagian dananya ke rekening luar negeri, rekening tujuannya sudah include IBAN. Jadi no rek tersebut alpha+numeric, dan banyak. Biasanya yg selalu ada IBAN itu di benua Eropa da Turkey. Semoga membantu yaa.

  3. Gunarta

    Mohon bantuan Mas/Mbak:saya ada masalah trfan kena hack rek barkley bank,dia mengganti rek bank saya dengan rek barkley bank seseorang.tapia nama rek saya tercantum form wire trf.apakah rek bank beda dengan nama rek uang trf bisa masuk ya..mohon infonya ya freinds..Tq

  4. Penny

    Dear All,
    Iya saya kesulian mencari kode IBAN bank mandiri, jadi yang dari Jerman tidak bisa transfer dikarenakan tidak ada kode IBAN.
    Bagaimana ya ini, transfer antar bank susah nya minta ampun.

Leave a Reply