Skype, Cara Berkomunikasi Jarak Jauh Hemat Biaya untuk UMKM Online

posted in: Cara | 0

Ketika usaha Anda mulai membesar dan memiliki kantor cabang, komunikasi yang baik menjadi sangat penting agar tidak terjadi salah pengertian. Apalagi jika pekerjaan di tempat A secara konsisten mempengaruhi  pekerjaan di tempat B dan sebaliknya.

Anda bisa saja menggunakan telpon atau HP sebagai media komunikasi. Tapi berapa besar biayanya nanti. Apalagi kalau Anda masih UMKM yang harus tekan biaya sana sini. Nah, ada solusinya, yaitu menggunakan skype.

Penggunaan Skype memang memerlukan jaringan internet broadband yang cepat. Akan tetapi kalau Anda memang berbasis usaha  online, tentu internet sudah pasti ada.

Mengapa Skype?

Berikut adalah alasan menggunakan Skype:

1. Selain Anda bisa chatting sengan teks, Anda juga bisa chatting menggunakan suara dan atau video.

2. Skype juga bisa bisa video calling dengan beberapa orang (Telekonferensi). Jadi Anda bisa meeting meskipun berjauhan.

3. Apabila Anda menggunakan komputer, Anda juga bisa berbagi layar dengan lawan bicara Anda. Sehingga dia bisa melihat layar Anda.

Kebutuhan teknis

Penggunaan Skype bisa dari Smartphone maupun Desktop. Jika Anda tidak mau instal apapun Anda bisa coba Skype versi online.

Smartphone

Pertama Anda perlu memasang aplikasinya terlebih dahulu. Kalau HP Anda Android silahkan unduh dari Google Playstore.

Apabila Anda ingin menggunakan Panggilan Video dari Smartphone, maka Anda perlu memiliki HP dengan kamera yang bisa depan belakang.

Desktop

Penggunaan Skype di desktop mengharuskan Anda memiliki:

  1. Webcam
  2. Headset dengan mic.

Kalau Anda menggunakan laptop, bisanya sudah ada built-in camera. Anda tidak perlu beli webcam lagi. Sehubungan dengan headset dan mic, disarankan Anda menggunakan headset dengan sambungan USB untuk kualitas suara yang baik.

Setelah itu Anda juga masih perlu mengistal softwarenya dari website resminya.

Meskipun Anda sudah memiliki perangkat keras yang baik. Masalah yang sering terjadi, biasanya apabila sambungan internetnya kurang ok. Sehingga suara menjadi terputus-putus, mengecil, atau tidak terdengar.

Penutup

Masih banyak lagi fitur dari Skype mulai dari bisa mengirim lampiran file hingga melakukan panggilan ke telpon PSTN alias telpon rumah (tentu ada biayanya)

Semoga informasi ini berguna bagi Anda yang sedang menjalankan usaha, dan sedang berusaha menekan cost.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.