W3TC

Settingan W3 Total Cache Untuk Percepat Loading Laman

posted in: Blog | 9

Jika kamu menggunakan WordPress, kamu perlu belajar mengoptimalkan situsmu. Sebab situs yang optimal, loadingnya lebih cepat. Search engine cinta situs semacam itu.

Kamu bisa optimalkan situsmu dengan bantuan plugin W3 Total Cache. Plugin ini sangat populer, karena selain powerful, gratis pula.

Di balik kehebatannya ada sebuah kekurangannya, yaitu settingan yang sulit dimengerti. Pengembangnya pun tidak menyediakan manual apa pun. Bagi orang yang pertama kali menggunakannya pasti akan kesulitan.

Saya tidak mengklaim saya paham semuanya, tetapi saya bisa bagikan pengalaman saya. Semoga dapat membantu.

Perlu diingat, settingan yang saya berikan disini, belum tentu bisa jalan di semua server. Karena settingan setiap server di tiap hosting bisa berbeda-beda.

Pendahuluan

Sebelum kamu melangkah lebih jauh, ada baiknya kamu memahami beberapa istilah.

1. Minify

Minify adalah efisiensi koding, menghilangkan yang tak perlu dan menggabungkan yang bisa digabungkan.

Contoh file CSS sebelum diminify:

sebelum diminifySetelah di-minify:

Sudah diminify

Ukuran file yang telah di-minify akan semakin kecil, sehingga semakin cepat saat dikirim dari server ke browser. Memang file yang telah di-minify susah dibaca oleh manusia, tetapi tidak oleh mesin.

2. Cache

Cache adalah tempat penyimpanan data sementara. Tujuannya untuk memotong proses agar lebih cepat. Lebih cepat karena dapat menyuguhkan hasil yang sama tanpa harus mengulangi lagi proses yang sama.

Misalnya dalam hal browser cache. Saat kamu membuka sebuah laman web, browser akan berkomunikasi dengan server. Ada sekian banyak proses yang harus dilalui hingga laman itu tampil di browsermu.

Dengan cache, laman yang tadi sempat dibuka, disimpan di cache, di suatu lokasi di komputermu. Sehingga bila kamu buka lagi laman yang sama, browser tinggal ambil dari cache dan bukan dari web server lagi. Dengan demikian proses antara browser dengan server akan semakin sedikit.

Settingan

Untuk settingan, silahkan klik tautan di bawah ini untuk melihatnya dalam bentuk gambar.

  1. Perfomance > General Settings
  2. Performance > Page Cache
  3. Performance > Minify
  4. Performance > Database Cache
  5. Performance > Object Cache
  6. Performance > Browser Cache
  7. Performance > User Agent Groups
  8. Performance > Referrer Groups

Catatan

Di sini saya akan membagikan beberapa pengalaman, tentang masalah-masalah yang mungkin terjadi saat menggunakan plugin W3TC.

Minify

Ada kalanya proses minifikasi CSS atau JS tidak bisa dimaksimalkan. Karena satu dan lain hal. Sehingga setelah diminifikasi, tema jadi berantakan.

Di saat seperti itu mungkin lebih baik jika kamu menggunakan combine only. 

JavaScript

javascript combine only

CSS

css combine onlyJika cara ini tidak berhasil sebaiknya tidak meminifikasi file yang bermasalah.

Browser Cache

Page Speed dari Google menyarankan kamu memasang expired date untuk file-file kamu. Tujuannya jika browser membaca expired date, itu akan memaksa browser untuk meng-cachenya.

Beberapa file seperti style.css atau JavaScript biasanya sangat jarang berubah. Kamu bisa set expired date hingga satu tahun.

Apabila browser cache telah aktif namun ketika kamu lihat Page Speed masih menyarankan untuk leverage browser caching silahkan baca artikel ini:

Oh! Ini Toh Alasan W3TC Browser Cache Tidak Bekerja

9 Responses

  1. Chris Han

    Trima kasih… Ini plugin yang paling sulit bagi saya jadi harus bnyak belajar dulu nhe!!! hehe… Trima kasih atas tipsx ea ini sangat membantu saya sekali… benar-benar antusias

  2. Chris Han

    Trima kasih ea… Ini plugin yang agak sulit jadi perlu belajar!!! Trima kasih atas tipsx sangat membantu sekali :)

  3. agifa gumelar

    Pke plugin ini loading jadi cepet, tes di google page insight sebelumnya merah semua, tpi sekarang udah naik (walaupun warnanya kuning). Thanks udah berbagi mas juan

    • Juan feju

      Hehehe… great. Sebenarnya sih masih ada trik-trik lain, tapi Agifa akan butuh hosting yang mendukung. Kalau dah siap pindah hosting, contact me, okay.

  4. Indri Lidiawati

    ijin nyimak mas juan, biar saya ngerti w3 total cache hehehe :D makasih sharingnya n salam sukses :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.