Mesjid Mohammad Cheng Hoo Bergaya Arsitektur Cina

posted in: Elektronik & Gadget | 0

Mesjid-mesjid di Indonesia pada umumnya mengikuti aristektur Timur Tengah. Akan tetapi ternyata di Jawa Tengah – Purbalingga ada mesjid kecil yang menyerupai kelenteng. Sebab tampilannya menggunakan gaya arsitekur Cina. Namanya Masjid Mohammad Cheng Hoo.

Beberapa waktu lalu, sepulang dari Purwokerto, saya sempat diantar oleh keluarga dari teman saya yang berada di Bumiayu untuk mengunjungi mesjid ini. Sekaligus saya diceritakan mengenai seorang Laksamana bernama Cheng Hoo yang datang ke Indonesia dan turut mempengaruhi penyebaran agama Islam di Nusantara.

masjid cheng ho4

 

masjid cheng ho2

Di atas pintu masuk ada papan nama yang bertuliskan Masjid Muhammad Cheng Hoo dengan beberapa aksara Cina.

masjid cheng ho3

Sepertinya mesjid ini terkait dengan PITI atau Persatuan Islam Tinghoa Indonesia. Setahu saya PITI diketuai oleh Anton Medan dan di papan mesjid saya melihat beberapa foto beliau.

masjid cheng ho5

masjid cheng hoo dalam3

masjid cheng hoo dalam4

Sayangnya saya sudah datang pada saat malam hari, dan pintu sudah dikunci, sehingga tidak bisa memotret bagian dalam dari mesjid Cheng Hoo dari dalam.

Tidak semua orang tahu mengenai mesjid seperti ini. Bahkan ketika saya share di WA grup keluarga, banyak yang heran kok bentuknya seperti kelenteng.

Saya sendiri pun baru mengetahui, bahwa ada orang-orang dari Cina yang berperan dalam penyebaran agama Islam di Indonesia.

 

Leave a Reply