Menjajal Android Lollipop 5.0 di Samsung Galaxy Grand Prime

posted in: Ulasan Produk/Jasa | 0

Dengan adanya sistem operasi Android, sudut pandang orang terhadap sebuah ponsel cerdas semakin terbuka lebar.

Perkembangan Android pun sangat masif dan cepat. Belum puas menggunakan Android versi yang satu, sudah muncul lagi versi terbarunya.

Sejauh yang saya amati sistem operasi Android sudah mengalami 10 kali regenerasi yaitu:

  1. Cupcake (1.5),
  2. Donut (1.6),
  3. Eclair (2.0–2.1),
  4. Froyo (2.2–2.2.3),
  5. Gingerbread (2.3–2.3.7),
  6. Honeycomb (3.0–3.2.6),
  7. Ice Cream Sandwich (4.0–4.0.4),
  8. Jelly Bean (4.1–4.3), KitKat (4.4+),
  9. Lollipop (5.0).

Kabar terkini yang masih simpang siur, bahwa Android akan kembali mengeluarkan generasi terbaru yaitu Marshmallow

Samsung Galaxy Grand Prime yang saya gunakan kebetulan memiliki platform Android Lollipop, secara tampilan memang terasa berbeda antara Android versi 5.0 dengan versi dibawahnya.

Android Lollipop5Hal ini terlihat jelas dari tampilan visualnya yang lebih menarik, entah ini bawaan samsung atau memang sistem yang membuatnya demikian. Warna lebih jenih dan lebih responsif saat disentuh.

Yang paling signifikan adalah sistem notifikasinya, jika pada versi sebelumnya notifikasi ada di balik layar kunci, maksudnya, Anda harus membuka dulu layar kuncinya baru Anda dapat membaca notifikasi yang ada. Khusus Android Lollipop semua notifikasi muncul di layar kunci, seperti gambar berikut:

Android Lollipop5bSebenarnya saya tidak terlalu suka dengan “kemudahan” ini, karena layar kunci terkesan jadi lebih berantakan, penuh dengn notifikasi, dan tidak ada bedanya dengan beranda.

Kelebihan lain yang menarik perhatian saya adalah, Android versi 5.0 diklaim mampu menghemat daya lebih baik dari versi-versi sebelumnya. Tetapi menurut saya sih biasa saja. Betul! baterai jadi awet, dengan syarat tidak digunakan browsing, main game, dan menonton video. Kalau tidak, ya sama saja cepat habisnya.

Namun, untuk Fitur Quick Settings, saya sangat terbantu dengan menggunakan Android Lollipop ini, karena fitur-fitur yang paling sering digunakan seperti hotspot, rotasi layar, wi-fi, Bluetooth, Lokasi, dan lain-lain, jadi lebih mudah diakses. Saya hanya tinggal menarik turun bagian atas layar, maka tampilan tersebut langsung tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.