Mau Usaha Apa, Ya? Ini Jawabannya

posted in: Bisnis | 0

Banyak orang yang ingin membuka usaha, tapi tidak tahu usaha apa. Mereka bingung dan bertanya-tanya bisnis apa yah yang menguntungkan?

Pastinya, pertanyaan bisnis apa yang menguntungkan, tidak ada orang yang bisa menjawab. Sebab kalau ada, pasti sudah dikerjakan sendiri. Selain itu ada faktor manusia itu sendiri yang menentukan keberhasilannya. Sebagai contoh, juallah burger seperti McDonald. Bisnis McDonald sudah terbukti loh untungnya. Lalu apakah Anda pasti akan untung, seuntung McDonald? Belum tentu.

Oleh karena itu cara berpikir Anda salah. Mari saya jelaskan.

Tahukan Anda, bahwa bisnis itu sebenarnya adalah tentang memberikan jawaban atas suatu masalah, contoh:

  1. Motor butuh perawatan dan perbaikan, orang tidak bisa membetulkan sendiri, maka ada bengkel.
  2. Orang butuh hiburan, maka ada bioskop.
  3. Orang ingin fitness, tapi rumah sempit dan harga alat mahal, maka ada tempat-tempat gym.
  4. Dan seterusnya.

Nah, kalau demikian, seharusnya yang pertama Anda pikirkan adalah masalah apa, di sekeliling Anda yang bisa Anda solusikan. Kemudian jualah solusinya. Kalau ada orang banyak yang butuh dan mencari, maka Anda memiliki bisnis.

Selanjutnya Anda perlu memikirkan persaingan. Semakin mudah sebuah bisnis dilakukan, maka saingannya ketat. Sebagai contoh, di satu lokasi Anda buka counter pulsa. Begitu kelihatan ramai, kira-kira sebentar lagi ada yang buka counter saingan tidak? Kemungkinan besar ada.  Dan biasanya bila tidak ada sesuatu yang membedakan antara counter satu dengan yang lain, pasti saling adu harga.

Jadi setelah Anda tahu mau buka bisnis apa, pikirkanlah kira-kira bisnis ini bisa tahan lama tidak ya?

Leave a Reply