Laptop Lelet Minta Dibanting? Sabaar…Ini cara Membuatnya Jadi Cepat

posted in: Blog | 0

Laptop lelet? Ngeklik sekali nge-hang-nya 15 menit? Jangan banting dulu laptop Anda. Coba dulu saja fitur Win 7 ReadyBoost untuk meroketkan peforma laptop Anda.

Laptop saya sudah processor Intel Core i3, memory 2GB, Graphic Card Geforce 2Gb ternyata memang tidak bisa dibandingkan dengan desktop dengan spek yang sama. Kalau komputer desktop sudah ngacir, laptop saya masih suka jalan santai, terkadang ngambek sesukanya. Naik darah bisa-bisa.

Bagi para pengguna Win7 jangan marah-marah dulu seperti saya, coba saja fitur ReadyBoost di win 7. Fitur ini menjadikan external storage, seperti flash disk atau SD Card Anda sebagai hard disk cache yang bisa mempercepat peforma pembacaan disk. Kalau tidak mengerti maksudnya, ikuti saja caranya, yang penting laptop jadi lebih cepat.

Pertama Anda perlu punya flash disk atau SD card. Kalau flash disk-nya menggunakan FAT32 file system kapasitas maksimal untuk cachenya hanya 4GB,  kalau NTFS file system limitnya 32GB.

Nah contoh kebetulan flash disk saya berkapasitas 4GB menggunakan FAT32, saya gunakan semua kapasitasnya untuk ReadyBoost.

Caranya saya colok flash disk ke laptop. Selanjutnya pada windows explorer, klik kanan pada drive flash disk (Removable Disk) dan  pilih Properties.
explorer

Nah selanjutnya klik tab “Readyboost.”
tab-ready-boost

Kalau flash disk Anda bisa digunakan untuk fitur ini, maka akan muncul pilihan seperti di bawah
readyboost

Pilih Dedicate this device to ReadyBoost untuk menggunakan seluruh kapasitas flash disk untuk fitur ini, atau Use this device untuk mengalokasikan sebagian dari kapasitasnya.

Laptop saya yang biasanya seperti angkot ngetem, kini tidak lagi demikian. Setiap klik sesuatu langsung responsif, tidak nunggu diproses dulu atau not responding.

Nah selamat mencoba. :)

*Update 11 Okt 2013

Saya memiliki Hp Android Samsung Galaxy Y. Saya test apakah kalau saya hubungkan dengan kabel usb akan bisa tersambung ke storage 4Gb yg ada, dan digunakan untuk ReadyBoost. Awalnya sih pesannya mengatakan tidak bisa, lalu saya coba klik tombol “Test Again” beberapa kali, eh ternyata bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.