Khan Academy, Sekolah Online Gratis dengan Materi Kelas Dunia

posted in: Blog, Lain-lain | 2

Biaya pendidikan memang mahal. Namun kalau kamu memang niat belajar, internet membuka akses ke pengetahuan kelas dunia dengan biaya nol rupiah.

Saat ini saya sibuk belajar game development. Dalam proses pembelajaran saya terbentur masalah-masalah yang harus diselesaikan dengan matematika, misalnya saja menghitung sudut, jarak antara dua titik, dsb. (materi zaman sekolah)

Untuk mendapatkan bantuan ilmu pengetahuan saya memanfaatkan Khan Academy di www.khanacademy.org.

LIHAT JUGA: Tambah Pintar (dan Kaya) dengan Belajar Bikin Game

Khan Academy adalah organisasi non profit yang mendedikasikan dirinya membuat materi edukasi kelas dunia dalam bentuk video.

Bahasa utamanya adalah bahasa Inggris. Bagi sebagian orang mungkin ini merupakan halangan. Namun usah khawatir, Khan Academy juga menerjemahkan video-video mereka ke dalam Bahasa Indonesia. Kamu bisa akses di https://id.khanacademy.org/

Khan Academy adalah situs belajar online gratis yang bagus. Selain tersedia ilmu pengetahuan dari berbagai topik, situs yang dipelopori oleh lulusan MIT dan Havard ini juga menyediakan sistem monitoring.

Sistem ini memungkinkan kamu untuk mengontrol kemajuan kamu. Sayangnya fasilitas ini hanya ada di situs bahasa Inggrisnya.

Mutu dan kredibilitas situs ini bisa kamu lihat dari dukungan finansial di belakangnya. Google dan Yayasan Gates. Yah, jadi kamu boleh percaya ada sesuatu yang luar biasa dengan situs yang satu ini. Uang berbicara.

Dengan kucuran dana, Khan Academy berubah dari ruangan kecil ini…

sal-khan
Sumber: fortune.com

Menjadi…

khan academy

Dari seorang diri, kini Khan memiliki tim yang membantunya membuat video-video pendidikan lainnya dan menerjemahkannya ke dalam bahasa-bahasa lain.

Aplikasi di Dunia Pendidikan

Salah satu cara sekolah di Amerika memanfaatkan Khan Academy adalah mereka meminta murid-murid untuk menonton video di Khan Academy dan belajar tentang sebuah konsep. Keesokan harinya di sekolah para murid mengerjakan soal-soal yang disebut dengan modul di Khan Academy.

Dengan aplikasi yang tersedia di Khan Academy seorang guru dapat langsung memonitor tingkat pemahaman kelasnya. Ia bisa melihat siapa sedang mengerjakan apa, siapa yang mentok, siapa yang ketinggalan dan menunjuk titik-titik kesulitan seorang anak. Dari situ ia dapat segera membantu muridnya secara personal tepat pada sasaran.

[youtube id=”edgc5bX1T10″ width=”600″ height=”350″ autoplay=”no” api_params=”” class=””]

Sang guru juga tidak perlu susah-susah membuat tes dan mengoreksi hasil tes, karena sudah disediakan dan diperiksa langsung di tempat oleh komputer.

Penutup

Saya termasuk anak yang mengalami kesulitan dengan matematika. Di sekolah saya anak yang tidak berani bertanya dan di rumah, ibu memiliki sumbu yang pendek dalam mengajar.

Zaman dulu tidak ada internet, Om Google  atau Khan Academy yang bisa jadi sumber referensi. Saya tidak ada tempat untuk bertanya.

Jadi kalau saya bandingkan masa dulu dengan masa sekarang sudah jauh lebih baik. Ada masalah? kamu bisa akses internet dan memanfaatkan situs seperti Khan Academy. Jika masih belum mengerti, kamu bisa putar ulang lagi videonya atau cari di Google. You are so..lucky.

 

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.