Kejatuhan Bank Lehman Brothers Yang Menyeret Dunia ke Dalam Krisis Tahun 2008

Di bawah ini adalah terjemahan transkrip dari video youtube di atas mengenai kejatuhan bank Lehman Brother. Semoga berguna.

LIHAT JUGA: Penjelasan Mudah Subprime Mortgage Crisis, Penyebab Kehancuran Harga Properti Amerika dan Perekonomian Dunia di Tahun 2008

Narator: “Jumat siang, pada bulan Juni tahun lalu (2008), seorang raksasa Wall Street sedang bersiap-siap untuk memberikan jawaban kepada staf-stafnya di New York, London dan di seluruh dunia. Dia ingin menghentikan rumor yang mengatakan bahwa perusahaan sedang dalam masalah.”

“Krisis? Krisis apa?”

Dick FuldDick Fuld : “Setiap dari pada kalian seharusnya percaya diri dan bangga karena perusahaan kita tetap kokoh hingga hari ini. Dan kita akan keluar dari siklus ini dengan lebih kuat lagi. Kita sudah melakukannya sebelum ini dan kita akan melakukannya kembali”

Narator: “12 Minggu kemudian bank tersebut jatuh bangkrut. Dokumenter ini adalah penjelasan dari orang dalam mengenai penyebab keruntuhan raksasa Wall Street.”

“Ini adalah kebangkrutan terbesar dalam sejarah dan suatu titik balik menuju resesi global.”

“Kepanikan yang menyusul selanjutnya memberikan dampak pada kita semua. Sebagaimana kredit pinjaman mengering, bursa saham terjatuh, bisnis berhenti beroperasi. Lalu mengapa satu kebangkrutan membawa dampak yang begitu besar bagi dunia?”

“Ini adalah yang sebenarnya terjadi pada titik balik kehancuran tahun 2008. Mereka yang berada di dalam menceritakan tentang minggu yang merubah dunia.”

Jumat, 12 September 2008

Narator: “Ketika Mentri Keuangan tiba di New York setahun lalu di minggu ini dia menghadapi dilema.  Hank Paulson, orang yang bertanggungjawab atas kebijakan perekonomian Amerika, berangkat dari Washington. Karena Lehman Brothers, salah satu Bank Investasi tertua di Amerika kehabisan uang. Apakah sebaiknya ia menyelematkannya dengan suntikan dana atau membiarkan pasar mengambil jalannya. Kalau ia membiarkannya bangkrut, apa yang akan menjadi konsekuensinya bagi perekonomian dunia.”

“Hanya dengan sebuah surat pemberitahuan ia meminta datang  seorang CEO dari sebuah bank Amerika terkemuka yang dikenal dengan sebutan “Master of the Universe” ke sebuah pertemuan untuk membahas tentang krisis.”

John TainJohn Thain
CEO dan Chairman  Merril Lynch, 2007-2008

“Pada waktu Jumat siang waktu itu, saya ada di kantor Merril Lynch di tengah kota. Saat itu sedang hujan cukup lebat. Saya mendapat panggilan telpon pada jam 5 PM dan harus berada di Fed pada jam 6 PM. Panggilan telpon seperti itu selalu buruk”

Narator: “Dan ini adalah seberapa buruk jadinya.”

Harvey MillerHarvey Miller,
Weil, Ghosthal & Manges,
Pengacara kepailitan Lehman

“Rasanya…saya yang menggunakan kata armagedon, ini akan menjadi armagedon.”

Narator: “Federal Reserve New York, panggung tempat sebagian besar krisis itu dipentaskan, letaknya di sudut Wall Street. Benteng granit itu adalah simbol dari kehebatan ekonomi Amerika.”

Rodgin CohenRodgin Cohen
Sullivan & Cromwell
Konsultan untuk Lehman Brothers

“Saya rasa tidak ada seorang pun yang disana yang tidak mengerti, setidaknya dalam garis besar taruhan yang sedang dimainkan.”

 

Bob DiamondBob Diamond
Presiden Barclay

“Kita memiliki ruang konferensi di sana, saya telah diberitahu bahwa semua CEO dari sebagian besar firma Wall Street ada disana juga. Tetapi tampaknya ada lantai yang lain dan  ruang konferensi lain”

 

Christopher FlowerChristopher Flowers
JC Flowers & Co
Private equity manager

“Kami mencoba melakukan bagian kami untuk melakukan yang dimintakan dari kami dengan situasi waktunya tidak banyak.”

 

Bob Diamond : “Mungkin saya tidak akan pernah mengalami minggu yang seperti itu lagi.”

Narator: “Berbulan-bulan Wall Street berada di dalam kekhawatiran akan Bank Lehman Brothers. Oleh karena investasi properti bank tersebut luar biasa besar. Dengan kejatuhan pasar, ia menjadi sangat rentan. Para pemegang saham melepas saham mereka dan juga saham bank lain yang memegang kredit.”

“Harga saham bank tersebut telah terus jatuh sejak Mei. Tetapi dalam 10 hari terakhir harganya terjun bebas. Pada hari Jumat siang itu, ia kehilangan hampir $8 juta per menit. Kepercayaan kepada bank tersebut menguap di bawah sorotan media.”

Alistair Darling MpAlistair Darling MP
Chancellor of the Exchequer

“Kami tahu, bahwa Lehman sedang dalam masalah. Saya ingat dengan lalu lintas yang konstan antara perbendaharaan kami dengan perbendaharaan Amerika Serikat, dan antar pembuat peraturan. Selama itu saya berbicara dengan Hank Paulson cukup sering. Dan Pada Jumat malam kami tahu, bahwa kami harus melakukan sesuatu terhadap Lehman.”

Narator: “Dalam beberapa bulan kejatuhan dari krisis kredit subprima dan kejatuhan dari harga perumahan telah memaksa perbendaharaan US untuk memberikan jaminan (bail out) kepada satu bank dari dua bank pemberi kredit rumah terbesar Amerika. Banyak orang berasumsi pihak yang berwenang akan melakukan hal yang sama kembali.”

“Tetapi pemilihan presiden tinggal beberapa minggu lagi. Namun jejak kerumunan kampanye keluar ke jalan utama dan bukan ke Wall Street yang penting. Jadi ketika para CEO berkumpul pada hari Jumat malam itu. Sudah jelas sejak awal hanya akan ada sedikit simpati dari pemerintah.”

John Thain: “Hanya ada Hank Paulson, Mentri keuangan dan Tim Geithner yang memiliki Fed New York yang sebenarnya menjalankan rapat itu. Dan mereka berkata kepada kami tentang masalahnya, bahwa Lehman perlu diselamatkan, kalian harus memikirkan solusinya, kami pemerintah tidak akan membantu.”

Narator: “Tanpa jaminan dari pemerintah, para saingan Lehman akan ingin sekali menyambar. Yang pertama adalah Bank of America, salah satu bank terbesar di Amerika Serikat, dan yang lain adalah pihak luar, Inggris, Barclay yang ingin berkembang melewati Samudra Atlantik

John VarleyJohn Varley
CEO, Barclay

“Kami sudah mengawasinya, kami memiliki kesempatan untuk melihat pembukuannya dengan hati-hati. Kami mengirim tim besar di New York di bawah Bob Diamond.”

Bob Diamond: “Kami tidak tahu apa yang akan kami temukan dalam uji tuntas. Tetapi saya dapat katakan dengan pasti, kami tidak akan naik ke pesawat di dalam situasi yang seserius pasar waktu itu, jika kami tidak sungguh-sungguh serius.”

John Varley : “Sudah jelas, ini akan menjadi awal dari sejarah kredit macet”

Narator: “Hanya sedikit orang yang pernah membayangkan bahwa bank investasi terbesar Amerika keempat akan jatuh begitu jauh dan begitu cepat. Kesuksesan awalnya berkat satu orang, sebuah figur yang lebih besar dari hidup, yang bangga menyebut dirinya sendiri Lehman Laiver.”

“Pada tahun 1966,  Richard Severin Fuld Junior yang berusia 20 tahun tiba di New York dan bekerja sebagai pekerja magang di Lehman Brother. Setelah ia lulus kuliah, Bank mengambilnya. Ia sangat memiliki motivasi dan bagus dengan apa yang ia lakukan, sangat bagus. Secara bertahap dan pasti ia naik ke atas,  ia ditunjuk menjadi seorang CEO pada tahun 1993.”

“Di bawah kepemimpinannya Lehman berkembang dari sebuah bank investasi tradisional yang mengumpulkan modal, dan mengelola merger dan akuisisi untuk klien,  menjadi bank yang menggunakan uang pinjaman untuk bermain di pasar.”

“Sang bos yang baru memiliki sebuah ambisi yang sederhana, mengalahkan saingannya Merril Lynch, Morgan Stanley, dan Goldman Sachs.”

“Dick Fuld menjadi CEO yang paling lama berada di Wall Street. Sepak terjangnya seperti Collosus di seluruh wilayahnya. Dan reputasinya mendahuluinya.”
Anthony FryAnthony Fry
Kepala Perbankan Investasi UK.
Lehman Brothers, 2004-2007

“Di dalam perusahaannya ia memiliki status seperti Tuhan. Ini adalah orang yang benar-benar memegang kontrol dan jelas memiliki visi untuk bisnisnya.”

“Apakah Anda ingin beragurmen dengannya. Sudah pasti tidak. Kecuali Anda memiliki dasar yang sangat kuat atas argumen Anda.”

Cindy SwabsinCindy Swabsin
Asisten Wakil Presiden,Corporate Events
Lehman Brothers, 1988 -2008

“Dia bahkan tidak mau menganggap orang lain. Biasanya saya bilang selamat pagi atau halo kepadanya, ia tidak merespon kembali, hampir seolah ia membangun tembok di sekelilingnya. Karyawan lainnya juga merasakan hal yang sama dan mereka bahkan tidak berbicara kepadanya. Mereka naik elevator bersama dan benar-benar diam.”

Narator: “Dick Fuld membangun jaringan yang terdiri lebih dari 60 kantor di seluruh dunia, mempekerjakan lebih dari 28.000 staf. Ketika Lehman Brothers membuka grand new European headquarter di Canary Wharf, bank itu benar-benar menapakkan keberadaannya.”

“Gaya kepemimpinan Fuld yang tidak biasa membuatnya dikagumi dan ditakuti pada tingkat yang sama.”

Andrew GrowersAndrew Gowers
Kepala PR
Lehman Brothers, 2006-2008

“Dick mengambil alih lantai seperti seorang negarawan dan dia terus-menerus mengirim serangan yang menakutkan kepada para short seller. Orang-orang yang menekan harga saham Lehman Brothers dengan menjual short saham short. Dan dia membuat orang terkejut dengan mengatakan….”

Dick Fuld: “jika kita melakukan dengan benar hari ini. Kita akan menekan beberapa dari para short seller itu. Benar-benar menekannya. Bukannya saya ingin menyakiti mereka, jangan salah paham, sebab itu bukan saya. Saya lembut dan dapat dicintai. Tetapi yang ingin saya lakukan adalah meraih dan mengambil jantung mereka dan memakannya sebelum mereka mati!”

Narator: “Dick Fuld memiliki nafsu yang tak terpuaskan terhadap keuntungan. Dan dia memberikan hasil. Pada tahun 1994 1 lembar saham harganya $4 seiring dengan ledakan ekonomi di tahun 2007 investasi itu sekarang bernilai 82 dollar sebuah peningkatan sebanyak 20 kali lipat.”

“Dan bagaimana caranya Bank melakukan ini? Dengan berekspansi ke produk-produk baru yang sangat menarik seiring dengan pasar yang semakin lebih sedikit diatur. Produk-produk yang sangat kompleks, termasuk credit default swap (CDS) semacam asuransi terhadap peminjam yang melewati tanggal jatuh tempo. Risiko adalah nama dari permainan ini.”

Larry McDoanaldLarry McDonald
Lehman Brothers, 2004-2008
Author, A Colossal Failure of Common Sense

“untuk bertransaksi Anda mengambil risiko untuk mendapatkan keuntungan. Semakin banyak risiko yang Anda ambil, semakin banyak uang yang Anda mainkan, semakin banyak keutungan yang dapat Anda hasilkan. Dan di dalam kasus Lehman Brothers, Dick Fuld mengatakan pada dasarnya  kepada kami, pengambil risiko di dalam kredit komersial pembiayan sekunder perumahan, kamu harus mengambil lebih banyak risiko. Risiko, risiko, risiko. Dan risiko itu mengarah kepada keuntungan.”

Andrew Gowers: “Menurut saya Wall Street menyadari demikian juga banyak orang percaya, bahwa Morgan Finance penuh dengan alkimia. Bahwa itu adalah sebuah cara untuk mengambil risiko dan mendistribusikan secara luas, sehingga seluruh sistem menjadi tidak berisiko. Dan ini membentuk rasa percaya diri yang palsu di dalam pasar”

Narator: “Untuk para staf yang ikut dengan kredonya Dick Fuld, sejalan dengan keuntungan datang penghargaan yang merubah kehidupan.”

Larry McDonald: “Di tahun yang baik seperti di tahun 2006 saya menghasilkan lebih dari $30 juta, itu memberikan saya lebih dari $1 juta bonus. Dan saya tahu trader yang menghasilkan $10 juta setahun di tahun yang baik, tetapi trader seperti itu, mereka menghasilkan $100 juta -$150 juta untuk perusahaannya.”

Narator: “Pada 2004, Omzet Lehman $11,5 milyar dan ia membayar stafnya lebih dari $5 milyar termasuk berbagai bonus. Pada tahun 2007 omzet hampir dua kali lipat dengan staf mendapat bayaran dan bonus lebih $9 milyar. Dengan Dick Fuld pada puncaknya. Antara tahun 2000 -2008 dia membawa pulang $310 juta -$500 juta. Angka yang sesungguhnya masih diperdebatkan.”

Jumat tengah malam

Narator: “Sekarang di Federal Reserve waktu malam Jumat itu, September tahun lalu, rival yang Dick Fuld hendak hancurkan sedang duduk untuk menentukan nasibnya.”

“Ia tidak diundang ke dalam pertemuan para CEO untuk membahas situasi krisis. Bahkan orang seukuran dia merasa sifat kompetitf Dick Fuld akan menjadi pengalihan yang tidak menyehatkan.”

“Setelah para CEO bank meninggalkan rapat, ada akuntan dan pengacara yang terus lanjut bekerja sepanjang malam.”

Rodgin Cohen: “Bau pizza dan aroma tubuh yang belum mandi tidak begitu menyenangkan. Tetapi kamu belajar menyesuaikan diri sebagai bagian dari bisnis. Tetapi intensitasnya ada pada tingkat yang lebih tinggi dari biasanya. Taruhannya begitu besar”

Narator: “Mereka sedang melakukan uji tuntas terhadap akun-akun Lehman untuk menyatukan gambaran yang akurat dari keuangan bank itu.”

“Prosesnya berjalan lambat karena manajemen dari Lehman menghabiskan lebih banyak waktu dengan Bank of America.”

Bob Diamond: “Sejujurnya kami merasa kesulitan mendapatkan traksi, Jelas bagi kami, bahwa manajemen Lehman Brothers menghabiskan sangat banyak waktu dengan salah satu perusahaan dalam  uji tuntas. jadi kami mulai dengan permulaan yang pelan.”

“Itu karena Lehman  memberikan perhatiannya kepada penjamin yang lain itu. Bank of Amerika adalah yang lebih dipilih untuk membeli institusi investasi yang sedang sakit itu. Ada bagian yang sangat menguntungkan dari Lehman Brothers seperti divisi investasi, yang ingin mereka selamatkan. Tetapi ketika advisornya memeriksa akun-akun Lehman, apa yang mereka temukan mengejutkan mereka.”

Christopher Flower: “Saya harus akui dari semua yang kami harapkan, kami tidak terlalu senang dengan yang kami lihat, lebih buruk dari yang kami duga.”

Narator: “Mereka menghitung kejatuhan di bidang properti telah membuat lubang yang sangat besar pada neraca laporan keuangan Lehman. Baru saja sebulan lalu Bank Lehman mengatakan bahwa portofolionya bernilai $40 milyar, sekarang telah jatuh menjadi sekitar $25 milyar.”

Christopher Flower: “Mereka mungkin telah membayar sebuah properti seharga $100 juta, dan di neraca mereka tertulis $100 juta, tetapi pada kenyataannya nilainya $50 juta atau $25 juta. Dan ketika Anda mulai menambahkan semua kerugian-kerugian itu, dari properti itu dan properti itu dan seterusnya, berakhir dengan sebuah angka yang besar. Sebuah angka yang begitu besar, kerugiannya begitu besar, hal itu berarti perusahaan akan bangkrut kecuali ia mendapatkan dukungan dari pemerintah Amerika.”

Narator: “Tetapi orang yang bertanggungjawab atas keuangan negara, Hank Paulson sudah secara jelas menyatakan, bahwa itu bukanlah pilihan. Yang terjadi kemudian membuat semua orang terkejut.”

Sabtu, 13 September 2008

Narator: “Esok paginya sebagian besar penduduk New York sama sekali tidak sadar tentang drama yang sedang terjadi di Lower Manhattan dan seiring pagi berjalan, taruhannya menjadi semakin tinggi. Dick Fuld masih mengandalkan Bank of America untuk memberikannya sebuah proposal, tetapi ia segera mengetahui, bahwa penjaminnya itu memiliki minat lain pada Bank yang lain.”

“John Thain, CEO of Merril Lynch adalah orang baru, tetapi dia memiliki permasalahannya sendiri, harga saham Merril Lynch jatuh, karena investor menjual saham mereka. Karena mereka takut dengan betapa rentannya bank ini juga terhadap kejatuhan properti.”

“Maka ketika dia kembali ke Fed pada Sabtu pagi, dia memiliki ketertarikan khusus terhadap kesulitan yang dihadapi oleh rivalnya. Melihat representatif Lehman, Wiltz di bawah tekanan dia khawatir jika ketegangan akan selanjutnya beralih ke banknya sendiri yang sedang bermasalah. Maka dia mengambil kesempatan untuk menyelamatkan dirinya sendiri.”

John Thain : “Melihat dia dan memahami tekanan emosi atas apa yang sedang terjadi padanya, dan kemudian mengetahui, bahwa pada hari Sabtu mungkin mereka sudah menjadi bangkrut, maka semua usaha mereka akan gagal. Entah bagaimana hal itu menguatkan saya, saya tidak ingin menjadi orang itu seminggu kemudian.”

Narator: “Maka dia mengambil kesempatan untuk menyelamatkan banknya sendiri.”

John Thain: “Maka dari sudut pandang saya, masalahnya sudah bukan lagi cara menyelematkan Lehman, karena saya berasumsi Lehman akan bangkrut, melainkan menjadi apakah artinya itu bagi pasar finansial, dan apa artinya bagi Merril Lynch, dan bagaimana saya memastikan, bahwa saya melindungi pemegang saham Merril Lynch, dan pegawai Merril Lynch, dan klien-klien Merril Lynch agar Merril Lynch tidak berada pada posisi yang sama seminggu kemudian.”

Narator: “Dia memutuskan untuk menghubungi CEO Bank of America, Ken Lewiz di rumahnya di North Carolina. Dia memberikannya penawaran yang menarik.”

John Thain: “Saya melangkah keluar dari gedung dan berdiri di seberang pinggiran jalan dan menelpon Ken dari hanphone saya. Percakapannya relatif pendek dan saya katakan kepadanya, bahwa saya pikir akan masuk akal bagi kami untuk melihat pilihan-pilihan yang strategis. Dia bilang, bagus. Saya bisa sampai di New York dalam beberapa jam.”

Narator: “Sekarang situasinya berubah. Semua menyelamatkan diri masing-masing. Seiring bos Bank of Amerika terbang menuju ke Utara untuk ‘kencan’ rahasianya.”

“Dick Fuld sama sekali tidak tahu dia telah ditinggalkan. Dikecualikan dari Federal Reserve dia menghabiskan pagi itu di tengah kota, di markas Lehman.”

Rodgin Cohen: “Fuld sesekali menelpon apakah saya sudah mendapat kabar dari Bank of America, karena kami masih merasa sulit untuk percaya, bahwa mereka menghilang. Tentu saja jawabannya selalu, tidak.”

“Hanya beberapa blok dari situ. John Thain sedang membuat perjanjian dengan CEO Bank of America di tempat yang terpencil di Central Park.”

John Thain: “Ada sebuah Corporate Apartment tidak berbeda jauh dari kamar hotel, udara terasa agak dingin, dan hanya ada kami berdua, dan hanya kami berdua yang berbicara.”

Narator: “Bagi Ken Lewis Merril Lynch adalah proposal yang jauh lebih menarik. Ini adalah bukti dari pepatah Wall Street, bunuh atau dibunuh. Ketika sudah sore hari tim Lehman yang sudah tertolak berusaha keras untuk menunjukkan wajah yang berani.”

Rodgin Cohen: “Saya rasa pada Sabtu sore hari ada yang kelepasan bicara di dalam rapat, saya waktu itu ada di Federal Reserve, yang membuat saya menyimpulkan, bahwa Bank of America memang benar sedang berbicara dengan Merril demikian juga dengan ketidakmampuan saya untuk mendapatkan jawaban balik dari panggilan telpon saya. Jadi saya telpon Dick dan berkata, saya sangat khawatir, bahwa hal ini akurat. Dan dia bilang, aku tak dapat percaya. Dan ada sebuah kata sifat yang saya tidak akan ulangi..atau sebuah kata keterangan, mungkin, sebelum ia mempercayainya  ”

Narator: “Hal itu adalah cinta kilat. Dua hari kemudian Bank of Amerika mengumumkan bahwa ia telah membeli Merril Lynch seharga $50 milyar. Setelah ditinggalkan, sekarang Lehman hanya memiliki satu peminang potensial.”

Bob Diamond: “Waktu itu adalah siang hari saya mulai datang, kami mendapatkan tanda yang positif, kami pindah ke ruang konferensi yang lebih besar di ruang Federal Reserve dan disana ada sebuah tanda di pintu yang bertuliskan “pembeli.” Jadi kami ada dugaan, bahwa salah satu dari bank yang lain yang telah memeriksa transaksi-transaksiitu kemungkinan tidak ada disana.”

Narator: “Tim dari Barclays dan Lehman semakin mendekati ke dalam suatu kesepakatan.”

“Masih terbangun di kantornya yang terletak di tengah kota tak jauh dari alun-alun kota Dick Fuld sekarang adalah penonton yang tidak dapat berbuat apa-apa, sebagaimana yang lain memutuskan nasib dari bank yang telah ia pimpin sekian lama.”

Rodgin Cohen: “Sekarang semua harapan terdapat pada Barclays. Jadi hal itu adalah suatu kekecewaan, tetapi hal itu akan menyangga hingga batas tertentu, karena Barclays tampaknya jauh lebih tertarik daripada sebelumnya.”

Narator: “Begitu berbeda semuanya terlihat dari 9 bulan sebelumnya. Lehman Brothers merayakan sebuah akhir dari sebuah tahun yang memecahkan rekor dunia. Ia mendapatkan keuntungan lebih dari $4 milyar.”

“Dan alasan dari kesuksesan ini adalah batu bata dan semen. Baik presiden Clinton dan Bush mendukung kepemilikan rumah.”

george-bushGeorge Bush: “Pemerintah kami mendukung kepemilikan rumah. Karena hal itu baik bagi Amerika, baik bagi keluarga, baik bagi perekonomian.”

“Harga perumahan Amerika telah naik secara terus menerus semenjak perang dunia kedua. Tetapi melonjak setelah peristiwa 9 September, ketika tingkat suku bunga dipangkas. Berseminya hal ini, didorong oleh pinjaman dengan tingkat suku bunga pendahuluan (introductory rate) yang menggoda, ditawarkan kepada klien-klien yang lebih berisiko, melahirkan skandal kredit subprima (subprime mortgage).”

John Thain: “Kita sampai kepada titik yang mana mereka menciptakan kredit pinjaman yang disebut dengan berbagai kredit pinjaman ninja. Tanpa jaminan pendapatan pekerjaan dan aset, bergantung benar-benar hanya pada depresiasi harga rumah.”

Narator: “Tetapi uang sesungguhnya yang dihasilkan oleh bank-bank di Wall Street bukan berasal dari penjualan pinjaman kredit rumah kepada pemilik rumah, tetapi dengan menjual berkas dari pinjaman ini di antara mereka sendiri dan dengan berbagai institusi investor yang lain. Berkas ini diberi label sebagai aset berkualitas tinggi dan berisiko rendah oleh para bank.”

“Pada tahun 2007 Lehman adalah penjamin pinjaman real estate terbesar di Amerika. Di seluruh Wall Street dan di jalan-jalan London, terdapat sebuah asumsi yang besar.”

Andrew Gowers:  “Itu adalah sebuah mesin. Risiko-risiko yang terlibat dalam mesin tersebut adalah bahwa bank investasi seharusnya bertindak sebagai distributor, mereka seharusnya berada di bisnis memindahkan risiko, bukan di bisnis penyimpanan.”

Narator: “Di seluruh Wall Street dan di kota London terdapat sebuah asumsi yang berkembang bahwa seorang penyihir finansial telah dapat menghapus risiko.”

Anthony Fry: “Saya rasa ada sebuah pandangan umum di sekitar pasar, bahwa kecanggihan pasar finansial abad ke-21 telah memungkinkan beberapa macam risiko yang berbeda diambil oleh orang-orang yang benar-benar tahu dengan apa yang mereka lakukan. Bisa dikatakan ada suatu kebebalan, tidak spesifik mengacu pada Lehman. Itu adalah kepercayaan pasar, lebih kepada suatu masalah yang akut.”

Narator: “Dan rasa percaya diri itu mengantar Lehman Brother melakukan sesuatu yang bank-bank lain yang lebih hati-hati  hindari. Dia meminjam lebih banyak lagi uang.”

“Pada bulan Agustus 2007, untuk setiap dolar yang dimiliki oleh bank, ia meminjam hingga $44. Ini disebut dengan leverage. Sementara sebagian besar para pesaingnya seperti Goldman Sach dan Morgan Stanley memiliki rasio leverage di tingkat $20-an atau di bawah $30. Lehman jauh lebih tinggi lagi.”

Larry McDonald: “Pada saat saya meninggalkan Lehman leverage kami sekitar 20:1 dan ketika saya keluar 44:1 paling maksimum. Itu artinya kami memiliki jumlah modal yang sedikit, relatif dengan jumlah hutang.”

“Dia menggunakan uang yang dipinjamnya untuk bermain di pasar properti. Pada tahun 2007 ia menginvestasikan $60 milyar di properti komersial, hotel, pusat perbelanjaan, dan pengembangan perumahan di seluruh dunia.”

Narator: “Sementara leverage memultiplikasikan keutungan ketika harga naik, dia juga memultiplikasikan kerugian jika harga turun. Dan itulah yang terjadi pada tahun 2007. Mengapa? Karena jumlah orang yang terus bertambah yang telah digoda dengan bunga pinjaman pendahuluan yang murah tidak dapat membayar ketika bunganya bertambah. Pengambilalihan aset melonjak. Harga rumah menurun drastis. Krisis subprima meledak di dunia.”

“Selamat datang di Bakersfield, California. Tempat ini bukanlah tempat yang orang akan bayangkan sebagai tujuan berpergian yang mewah. Tetapi itulah yang diharapkan oleh Lehman Brothers nantinya. Dia meminjamkan $78 juta kepada pengembang yang berencana membangun perumahan ribuan rumah baru di Central Valley yang menyengat.”

Larry McDonald: “Coba saja dengarkan, hal itu bukan suatu fokus yang besar di meja. Kemudian kamu mulai berpikir Wah ini sedikit terlalu agresif untuk perusahaan sebesar kami.”

Narator: “Iklannya menjanjikan Maccalister Ranch dengan padang golf, danau buatan dan pantai, dan rumah-rumah yang indah. Ketika mimpi menjadi kenyataan dan kehidupan yang indah benar-benar dimulai. Tetapi oasis ini hanyalah fotomorgana. Hanya puing-puing yang tertinggal.”

“Rencana itu adalah korban dari kebangkrutan Lehman. Kelesuan di pasar properti.”

John Scripter
Kontraktror bangunan

“Ini adalah gambar dari danau, bagaimana kelihatannya kalau sudah selesai. Gambar lain orang sedang menikmati danaunya. Kami dikontrak untuk membangun tembok pemisah di sekeliling proyek, sekitar 20 mil tembok jika kami menyelesaikan keseluruhan kontrak. Sebagaimana Anda bisa lihat, temboknya cukup panjang. Tembok yang itu panjangnya 3 mil.”

Narator: “John Scripter masih dihutangi sekitar $1 juta untuk pekerjaan yang belum dibayarkan.”

“Keputusan berinvestasi pada pengembangan komersil seperti inilah yang menjadi titik pembalik bagi Lehman Brothers. Bank  berinvestasi secara agresif ke pasar properti pada puncaknya, tetapi tidak bisa keluar sebelum hancur.”

Larry McDonald: “Intinya Lehman meminjamkan uang kepada McLister dan Shorthall dan mencoba untuk menyindikasikannya dan menjual pinjaman yang disindikasinya secara global, dan ketika Anda tidak bisa menjualnya dan membagi risikonya, akhirnya menjadi beban di neraca Anda seiring waktu. Sementara kami tidak memiliki nafas yang panjang. Berapa banyak uang untuk memegang aset seperti ini dalam jangka waktu yang lama. Benar-benar menjadi beban.”

Narator: “Bagi Dick Fuld, sang arsitek dari mahakarya Lehman Brothers pemberat itu pasti terasa semakin berat setiap jamnya seiring minggu-demi minggu berlalu.”

Minggu, 14 September 2008

Narator: “Minggu pagi, di New York diawali dengan rasa optimisme. Bank of America yang difavoritkan mungkin telah pergi meninggalkan, tetapi Barclays masih ada. Untuk berjaga-jaga, Lehman telah menelpon pengacara pengurus kebangkrutan yang terkenal, untuk berjaga-jaga bila terjadi sesuatu yang tidak terpikirkan sebelumnya. Tetapi dia sendiri pun berpikir bahwa sebuah perjanjian  akan terjadi sebelum siang.”

Harvey Miller: “Ketika saya datang pada hari Minggu selagi saya sedang berkendara, saya sedang berpikir, bahwa saya mungkin selesai sekitar jam 3 atau jam 4 siang menuju tempat lain untuk melakukan hal lain Saya berpikir nanti akan ada sebuah kesepakatan dan akan diumumkan sekitar siang hari, dan saya akan bebas dan melakukan hal yang saya rencanakan di hari Minggu itu. Dan demikianlah bagaimana hari saya dimulai”

Narator: “Di Federal Reserve sebuah negosiasi tengah terjadi sepanjang malam dan kelihatannya sudah mendekati suatu kesepakatan.”

Bob Diamond: “Kami telah melakukan panggilan konferensi dengan direksi di London. Saya menelpon dari sini. Saya kira sekitar jam 9.30 atau 10.00 kami menyelesaikan pertemuan pada Minggu pagi hari waktu New York. Sejujurnya kami merasa sangat optimis.

Harvey Miller: “Dan…saya rasa ada yang berkata…telah terjadi kesepakatan dan harus diperiksakan melalui FSA (Financial Services Authorization) di London.”

Narator: “Ada sebuah kepercayaan, bahkan suatu asumsi bahwa Lehman terlalu besar dan terlalu penting untuk dibiarkan bangkrut. Saat ini media sudah mendengar kabar, bahwa sesuatu yang besar sedang terjadi di Federal Reserve.”

Kurt Wilberding
Photographer
The Wall Street Journal

“Pada titik ini semua pemain utama sedang berada di dalam dan saya pada dasarnya memfoto apa saja yang keluar dari garasi  itu.”

David Goldman
Photographer
Associated Press

“Segera setelah gerbang itu terbuka, kami mulai menjepret, kami mencari apa saja atau gerakan apapun, siapapun yang mengenakan jas. Kami tidak tahu siapa yang kami cari, dan begitu kami melihatnya, mata saya tidak dapat mengenali mereka. Sebab mereka bukan seperti Paris Hilton. Orang-orang ini buka selebritas. Jadi bagi saya, saya jepret siapa saja yang mengenakan jas. Dan saya akan cari tahu kemudian.”

Aaron Lucchetti
Reporter
The Wall Street Journal

“Seorang CEO tidak memiliki jendela kaca film, dia menutupi wajahnya dengan tangannya. Hal itu sungguh mengatakan, bahwa ini adalah titan bisnis yang dibenci atau telah dibenci, menyembunyikan wajah mereka,mungkin malu atau saya tidak tahu mengapa mereka melakukan itu.”

Narator: “Bank dan bos-bosnya memiliki hubungan yang kurang baik dengan media. Tiga bulan sebelumnya, ketika media cetak dan saluran berita penuh dengan berita yang mempertanyakan kesehatan bank Lehman Brothers, Dick Fuld telah mencerca mereka.”

Dick Fuld: “Saya juga begitu lelah melihat muka saya sendiri yang jelek di koran-koran brengsek itu. Tetapi sumber beritanya yang begitu dekat dengan perusahaan, bisa saja tukang hotdog yang berdiri di pojokan, dia dekat dengan perusahaan.”

David Faber
Correspondent, CNBC

“Saya rasa, kami di media tidak bertanggungjawab bagaimanapun juga atas apa yang terjadi pada bank Lehman. Menurut saya itu mengada-ada. Saya rasa beberapa orang ingin menyalahkan sang pengirim pesan. Tetapi pada akhirnya Anda berbicara tentang sebuah institusi yang membuat keputusan-keputusan untuk me-leverage neraca mereka 30 atau 40x. Tidak seorang pun di media yang memaksa mereka untuk melakukan itu. Mereka harusnya tahu lebih baik.”

Narator: “Tetapi menurut Dick Fuld pemberitaan secara terus menerus tentang saham Lehman yang jatuh menyebabkan penurunan yang terus menerus.”

Dick Fuld: “Kita harus menutupnya. Saya bercanda mengenai hal itu, itu bukan candaan! Hal ini harus berakhir. Kebocoran informasi memberi dampak yang buruk bagi kita. Itulah asal sumber gosip, dari situlah asal informasi yang salah. Kita memiliki divisi komunikasi, harus dikontrol disana. Semua orang di luar itu, tidak mempunya hak untuk bicara kepada wartawan.”

Narator: “Tetapi orang yang memiliki otorisasi untuk berbicara kepada wartawan merasa membela perusahaan sebagai suatu pekerjaan yang tidak dihargai.”

Pagi subuh

Narator: “Balik di Federal Reserve, Barclays sudah hampir memberikan suatu penawaran kepada Lehman. Tetapi seperti Bank of America sebelum Barclays, Bank Inggris menginginkan jaminan atas hutang-hutang Lehman, agar ia bisa beroperasi di keesokan harinya. Siapa yang akan menjadi menjamin kesepakatan itu? Pejabat Amerika, Pemerintah Inggris? Tampaknya tidak seorangpun memiliki jawabannya.”

Harvey Miller: “Nada suara dari percakapan mulai berubah dan Anda bisa mendengar di dalam suara-suara dari representatif Lehman suatu level keraguan, bahwa semua akan berjalan dengan baik.”

Narator: “Terjadi suatu kebuntuan. Lehman Brothers dan Barclays sudah berjalan begitu jauh dan sudah hampir membuat kesepakatan, tetapi tidak dapat menguncinya tanpa adanya jaminan. Panggilan telepon yang melewati Samudra Atlantik menjadi tegang.”

hector santsHector Sants
Chief Executive
Financial Services Authority

“Di pertengahan Minggu siang, kami, FSA memberitahu New York Federal Reserve secara kategori dari berbagai sudut pandang apa pun kami tidak bisa melihat, bagaimana kesepakatan ini dapat berlanjut, dengan ketidakmauan mereka menawarkan garansi likuiditas apa pun.”

Narator: “Lehman akan dilepas, kecuali mentri keuangan, Hank Paulson menjadi penjaminnya. Tim penasihat dipanggil. Sekarang atau tidak sama sekali.”

Rodgin Cohen: “Kami diminta untuk datang ke lantai utama, dimana sebuah grup dari bank-bank besar dikurung di balik pintu-pintu yang berat dan kami diminta untuk menunggu dan menghabiskan waktu berjam-jam menunggu disana.”

Narator: “Ketegangan terasa sekali, sebagaimana di balik pintu yang tertutup rapat Hank Paulson sedang menelpon London. Nasib Lehman tergantung pada telepon ini. Dan waktu semakin habis. Pasar di Eropa akan dibuka dalam 12 jam lagi. Jika Bank belum diselamatkan hingga waktu tersebut, semuanya akan terlambat.”

Alistair Darling MP: “Saya bicara dengan Hank Paulson pada Minggu Siang dan dia berkata, Hei regulator kamu menanyakan pertanyaan yang banyak sekali. Lalu saya tekankan, bahwa mereka bertanya untuk suatu alasan yang baik.”

Narator: “Akhirnya Mentri Keuangan, Paulson keluar dan membuat pengumuman.”

Rodgin Cohen: “Pemerintah Inggris tidak siap untuk mengizinkan Barclays melanjutkan transaksi itu. Saya tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi. Tetapi itulah yang dikatakan kepada kami. Dan kami bertanya kepada mentri, apakah ada hal tertentu yang dapat kami lakukan dan peryataannya adalah, bahwa saya tidak akan …., memohon kepada pemerintah Inggris, atau juga mengancam pemerintah Inggris dalam konteks hubungan.”

Alistair Darling MP: “Saya rasa Amerika menyadari, bahwa pada Minggu siang pada waktu kami, permainan sudah dimulai, kami tidak mungkin masuk ke dalam situasi dimana kami menjamin bank Amerika.”

Hector Sants: “Sudah jelas FSA tidak menghentikan kesepakatan Barclays. Barclays tidak pernah membawa kepada kami sebuah kesepakatan. Barclays tidak pernah menegosiasikan suatu kesepakatan yang menurut mereka memuaskan disana, menurut pandangan kami. Dan oleh karena itu tidak pernah mengajukan sebuah kesepakatan kepada kami.”

Johan Varley: “Kami sudah secara jelas apa yang akan berjalan dan apa yang tidak. Dan yang kami inginkan tidak tersedia, maka kami keluar. Selesai.”

Bob Diamond: “Menurut saya dengan mengerjakan ini selama beberapa hari dan merasa positif mengenai hal ini, jika semua bagiannya ada disana. Saya rasa saya akan bisa dapatkan sebuah kesepakatan.”

Christopher Flower: “Pada akhirnya waktu sudah habis. Tidak ada yang akan berjalan pada titik itu. Sudah di luar dari kuasa Dick, Lehman, semua orang yang mengambil keputusan bagi Amerika Serikat.

Narator: “Pemerintah Inggris tidak mengizinkan Barclay untuk melanjutkan dengan transaksinya.”

“Rodgin Cohen sekarang memiliki tugas yang tidak mengenakkan untuk melapor kepada Dick Fuld. Tidak akan ada ksatria dengan baju besi. Pemerintah Inggris tidak datang.”

Rodgin Cohen: “Itu adalah sebuah telpon yang paling sulit yang harus saya lakukan di dalam hidup saya. Dia bilang ini tidak dapat dipercaya. Bagaimana ini bisa terjadi. Kami menghabiskan beberapa menit membicarakan hal yang sama lagi. Kemudian dia beralih, apakah ada hal lain yang bisa kita lakukan.”

Narator: “Dengan Bank of America dan Barclays pergi, sekarang adalah waktunya untuk rencana C. Tetapi rencana C itu tidak ada.”

Rodgin Cohen: “Ini adalah pertama kalinya dia kehilangan ketenangannya sedikit. Karena sekarang hutang tidak dapat dihindari.

Minggu, tengah hari

Narator: “Pengacara kepailitan Lehman dipanggil ke Federal Reserve dan dibawa ke ruang konferensi utama.”

Harvey Miller: “Kami diberitahu, bahwa tidak akan ada transaksi Barclays. Oleh karena itu Lehman harus bersiap-siap mengahadapi kebangkrutan. Lalu tiba-tiba mereka berkata sampai tengah malam. Respon saya, saya tidak mengerti apa yang Anda lakukan. Dapatkah Anda jelaskan alasannya atas tindakan ini? Dan mereka bilang, kami tidak harus menjelaskan. Kalian membutuhkan kami untuk membiayai kalian, kami tidak akan lakukan itu, kecuali kalian mengajukan kebangkrutan. Yah, itu cukup memaksa. Kemudian pembicaraan berubah. kami berbicara kepada assembly. Anda sadar dengan berbagai konsekuensi dari tindakan ini? Dan apa yang akan terjadi dengan pasar. Lalu mereka bilang kami akan urus itu.”

Narator: “Para pejabat keuangan merasa yakin kejatuhan Lehman akan dapat ditahan.”

“Berita tentang kebangkrutan yang akan terjadi sudah mencapai London. Tidak akan ada uang yang datang dari New York agar Bank itu bisa beroperasi esok harinya.”

tony lomasTony Lomas
Pricewaterhouse Coopers
Administrator, Lehman UK & Europe

“Jadi sudah sangat jelas nasihatnya, bahwa Lehman harus bangkrut. Ia tidak berada di dalam posisi untuk membayar hutang ketika sudah jatuh tempo. Jadi Kenyataan itu harus dirangkul. Ada suatu reaksi kutub terhadap hal itu, ada para pengacara, akuntan yang harus mengarahkan pikirannya kepada tantangan yang harus dijawab, yaitu mengatur pengajuan kebangkrutannya dan menghadapi konsekuensinya. Kemudian ada manajer komersial, trader, dst. yang tidak dapat mempercayainya, bahwa hal ini akan terjadi dan tidak dapat berfokus ada apa saja konsekuensinya bagi bisnis dan bagi dirinya sendiri. Mereka benar-benar terkejut.”

Minggu malam

Narator: “Sebagaimana pertunjukkan malam di ruang terbuka Offenbach dimulai di Broklyn, di Federal Reserve sudah selesai.”

Harvey Miller: “Pada dasarnya kami diusir, ketika kami berjalan turun ke garasi, kami berdiri di elevator dan berkata, saya rasa mereka tidak suka dengan kita. Pada dasarnya mereka mengusir kami. Dan itu adalah situasi yang serius.”

“Ada semacam beban, kalau Anda ingin katakan, kembali ke Lehman. Ketika kami mendekati gedung Lehman, disana seperti hiruk-pikuk di jam 7 P.M. Dan saya ingat ada seseorang yang terlihat aneh, berkata Wall Street runtuh! Ini akan menjadi malam yang tidak biasa.”

Narator: “Dick Fuld sedang menunggu mereka di lantai 31.”

Harvey Miller: “Ketika kami kembali ke ruang rapat. Anda dapat langsung tahu tanpa banyak berpikir, bahwa Dick Fuld sangat cemas, sangat khawatir, dan bisa saya katakan sangat tertekan.”

Rodgin Cohen: “Dick bertanya kepada saya, apakah semua sudah berakhir? dan saya katakan, ya Dick, saya tidak tahu harus kemana lagi, saya kehabisan pilihan, saya tidak bisa memikirkan hal yang lain lagi. Dia berkata sesuatu seperti kita telah memberikan semua upaya, aku masih tidak bisa percaya.”

Harvey Miller: “ketika saya duduk disana, mereka berkata kepada diri mereka sendiri, kami tidak mengerti kenapa ini terjadi. Dimana kita telah salah langkah?”

Narator: “Di balik pintu yang tertutup, lemparan dadu terakhir. Kebetulan sepupu kedua dari presiden Bush bekerja di Lehman Brothers, apakah panglima tertinggi dapat berhasil ketika bankir pusat telah gagal. Apa yang terjadi masih diperdebatkan.”

Narator: “Larry McDonnald diberitahukan oleh rekan kerja yang ada disana sebuah cerita yang tidak diakui oleh George Walker.”

Larry McDonald: “Mereka mencoba segalanya. Mereka bisa dibilang berkumpul mengelilingi George. Ada semacam harapan, bahwa dia akan bisa menghubungi Presiden. Pada intinya ia bisa memutari Hank Paulson dan memberikan pesan kami tentang kehancuran finansial dunia yang diakibatkan oleh Lehman, secara langsung ke Presiden. Presiden adalah sepupunya, tetapi untuk mencapai gedung putih adalah situasi yang penuh stress bagi semua orang. Dia berkeringat. Akhirnya dia setuju untuk menelpon gedung putih.

Narator: “Operatornya memintanya menunggu. Orang-orang di ruangan merasa sudah menunggu selamanya. Dan seiring setiap detik berlalu. Setiap orang semakin tegang. Denyut nadi dan jantung setiap orang berdetak lebih intens. Dan akhirnya operator kembali ke telpon. Dan dia bilang, maaf presiden tidak bisa menerima telpon Anda pada saat ini. Ada semacam perasaan yang mengerikan di ruangan mengenai potensi kehancuran dan keputusasaan.”

“Dick Fuld dan dewan direksi memiliki satu tugas terakhir yang harus dilakukan yaitu meneruskan resolusi : membubarkan bank tersebut.”

Harvey Miller: “Di luar sangat gelap, benar-benar gelap. Dan Dick Fuld melihat ke atas, jelas seseorang yang sedang galau. Ia melihat ke atas dan berkata, saya kira ini adalah perpisahan.”

Narator: “Setelah 42 tahun berada di Lehman Brothers Dick Fuld kehilangan pekerjaannya. Pada puncaknya harga saham Lehman bernilai $85 per lembar saham, sekarang bernilai 3 sen.”

“Akhirnya, di tengah malam  pengacara kepailitan sudah menyelesaikan persiapannya. Mereka siap mengajukan petisi tersebut.”

Harvey Miller: “Rasanya seperti mengirim sebuah email. Jadi pada Jam 2 A.M. ketika semuanya dimulai. Sebagian besar dari kami letih secara emosi. Ya, kami mengirimnya. Itu adalah akhir dari sebuah institusi yang merupakan salah satu pendiri Wall Street. Dan  sekarang semuanya akan berakhir dengan menekan sebuah tombol pada komputer. Menyedihkan menurut saya.”

Senin, 15 September 2008

Narator: “Ketika Bank Lehman runtuh pada minggu malam, hal itu mengirim gelombang kejut ke seluruh dunia. Sebab kalau mereka bisa jatuh siapa lagi yang bisa juga jatuh.”

“Lehman Brothers merupakah sejarah kebangkrutan bank terbesar dalam sejarah, 10 x lebih besar dari Enron.”

“Dampak dari kebangkrutan  di seluruh dunia tidak pararel. Transaksi global Lehman Brothers sangat kompleks, hanya sedikit yang memahaminya. Dengan seluruh Bank di seluruh dunia sudah tidak tenang, panik menyebar, sebagaimana institusi-institusi khawatir dengan kerentanan mereka.

gordon brownGordon Brown MP
Prime Minister

“Lehman menggambarkan problem yang sangat besar ini. Level masalah kredit macet di sistem begitu tinggi. Hingga institusi-institusi yang terkemuka pun di Amerika akan berada dalam risiko. Dan yang kedua, Lehman terkait dalam keadaan yang kompleks dengan institusi yang lain. Sehingga apapun yang terjadi dengan insttusi yang satu pasti akan menyeret institusi yang lain. Jadi Lehman menggambarkan dua masalah besar ini. Yang jika kita tidak selesaikan, maka akan terjadi hal yang lebih buruk lagi.”

Narator: “5000 staf bekerja di Kantor Pusat Lehman Eropa di London ketika mereka tiba di kantor pagi itu banyak orang baru menyadari, bahwa mereka kehilangan pekerjaannya.”

“Ketika waktu perdagangan mulai mendekat dunia finansial menanti dengan cemas untuk mengetahui apa yang akan terjadi.”

“Di akhir jam bursa pada hari Senin $700 milyar telah hilang dari pasar saham global. Dow Jones, indeks pasar saham terkemuka telah turun 500 poin. Itu adalah kejatuhan terbesar dalam satu hari semenjan 9-11.”

“Pasar uang di seluruh dunia membeku. Karena kejatuhan lehman menjatuhkan rasa percaya diri Bank untuk memberi pinjaman kepada satu sama lain.”

“Kejatuhan Lehman Brothers menghancurkan sistem global berkeping-keping, namun perdebatan masih terus berlanjut apakah mentri keuangan turut campur untuk menyelamatkan bank itu.”

“Dua hari setelah kebangkrutan itu, Bank Barclay mendapatkan apa yang diinginkannya selama ini. Ia mengunci kesepakatan untuk membeli sejumlah besar aset Lehman Brothers Amerika Utara senilai $1,75 milyar. Sebuah penawaran yang sangat murah, jauh lebih murah dibandingkan dengan yang mereka mau bayarkan pada saat kebangkrutan bank.”

“Tetapi untuk staf di belakang tidak ada akhir yang bahagia.”

“Sebulan kemudian, Dick Fuld melakukan satu-satunya pemunculan di publik, dipanggil ke Wangshinton untuk menjelaskan bencana pada saat  rapat temu dengar di kongres temu dengar”

“Dick Fuld belum dipanggil untuk memberikan penjelasan di pengadilan. CEO sebelumnya telah

Untuk beberapa kasus yang membuat asetnya dinilai ketinggian sebelum kejatuhan. Dia menolak untuk diwawancara untuk dokumentasi sini.”

“Lehman Brothers adalah katalis kejatuhan 2008 mereka yang ada di Wall Street pada minggu itu mengatakan, yang menyebabkan kejatuhan raksasa ini adalah kecintaan akan uang.  Keserakahan dan keangkuhan yang mengarah kepada kejatuhan. Bank itu telah terbang bergitu tinggi dan lama sehingga mereka berpikir tidak terkalahkan. Tetapi mereka terbang terlalu dekat dengan uang.”

Punya pendapat, pertanyaan, silahkan komen