Hosting Berbayar Saya Jadi Gratis, Mau Tahu Caranya?

Tahukah Anda, ternyata ada beberapa cara agar Anda bisa mendapatkan hosting gratis.

Saya bukan berbicara tentang blogger.com, thumblr.com, wordpress.com dan lain-lain yang sejenis, melainkan benar-benar tentang self hosting gratis.

Untuk mendapatkannya ada cara yang memerlukan usaha, mengandalkan keberuntungan, dan sebagian lagi tinggal register aja.

Sebagai hidangan pembuka mari saya tunjukkan, bahwa hosting saya sudah gratis:

Pada awal mula saya membayar untuk shared hosting saya, kini saya sudah tidak perlu lagi. Selamanya. Tanpa embel-embel perjanjian atau kontrak.

Saya akan bagikan cara saya mendapatkannya dan juga beberapa cara lainnya berdasarkan pengalaman saya.

Cara 1: Mencari paket hosting gratis

Di luar sana ada beberapa perusahaan penyedia jasa hosting yang menawarkan paket hosting gratis seperti idhostinger.com.

Kalau Anda pemulaaaaaaaa sekali dan ingin sekedar belajar, Anda bisa coba menjajalnya. Domainnya pun gratis, meskipun ekstensinya tidak terasa komersil, seperti:

  • .tk,
  • .hol.es
  • dan lain-lain.

Kalau Anda sudah mulai serius jangan pakai paket gratisan semacam ini. Sebab segala-galanya serba terbatas.

Anda juga tidak bisa menuntut pelayanan yang cepat dan baik. Gratisan soalnya.

Jadi silahkan gunakan penawaran itu hanya untuk belajar saja.

Cara 2: Mendapat penawaran sponsor dari hosting

Berdasarkan pengalaman saya, ada kalanya divisi marketing dari pihak hosting mencari para blogger untuk diajak kerja sama. Mereka bersedia memberikan hosting gratis dengan timbal balik, misalnya:

  1. Membuat artikel ulasan – Anda diminta untuk menulis hal-hal yang baik tentang hosting tersebut dan memberikan backlink.
  2. Memasang banner – Anda diminta memasang iklan banner mereka di posisi strategis di situs Anda.

Silahkan Anda menimbang-nimbang, apakah Anda ingin menerima tawaran semacam itu atau tidak.

Saya pernah mendapatkan tawaran dari keduanya. Akan tetapi saya memutuskan untuk tidak mengambilnya.

Alasannya?

Dalam model sponsor dengan membuat artikel ulasan, pada kasus saya:

  1. Menabrak kredibilitas
    Mereka ingin saya membuat ulasan positif langsung di depan, tanpa mencicipi terlebih dahulu hostingnya. Saya bisa saja mengarang bebas, tetapi saya merasa tidak nyaman untuk melakukannya.
  2. Perjanjian kerja sama yang bisa meledak
    Di dalam perjanjian terdapat kalimat yang kurang lebih mengatakan, bahwa pihak hosting dapat membatalkan kerja sama itu kapan saja.
    Saya selalu merasa tidak tenang dengan isi perjanjian yang bisa membuat saya sewaktu-waktu berada di pihak yang tidak diuntungkan, baik saya melanggar perjanjian atau pun tidak.
  3. Layanan live chat yang kurang baik
    Ditambah lagi ketika saya uji layanan live chat ketika tengah malam, saya mendapati ciri-ciri dari layanan live chat yang tidak bagus, yaitu memutuskan percakapan begitu saja.

Dalam model sponsor dengan memasang banner, pada kasus saya:

  1. Saya harus mengendorse
    Kalau banner hosting tanpa mengikutsertakan nama blog saya, maka itu akan menjadi seperti iklan mandiri. Tapi begitu nama blog saya disertakan, berarti saya mengendorse hosting tersebut. Saya tidak bisa mengendorse hosting yang saya tidak tahu bagus atau tidak. Saya hanya mendapatkan waktu 1 minggu untuk menjajal.
  2. Pelayanan tidak 24/7
    Masalah bisa terjadi kapan saja. Jadi kalau harus menunggu lama untuk mendapatkan solusi pada saat kita frustasi dan stress, rasanya tidak enak. Meskipun mereka akan menempatkan orang khusus untuk menangani masalah partner mereka, tetapi itu artinya saya tidak akan pernah tahu, pengalaman macam apa yang pembaca saya akan peroleh, jika mereka memilih hosting itu berdasarkan endorsement saya.

Semua alasan di atas adalah cara saya memandang tawaran tersebut. Dalam kasus Anda mungkin Anda memiliki pemikiran lain atau penawaran yang berbeda. Semua keputusan berada di tangan Anda.

Saran saya: sebelum Anda mengambil keputusan untuk menerima tawaran mereka, sebaiknya Anda pastikan bahwa hostingnya memang enak dipakai. Buat apa dapat hosting gratis yang tidak nyaman digunakan dan pelayanannya buruk.

Cara mendapatkan sponsor hosting ini memerlukan faktor keberuntungan. Karena penawarannya mendarat di inbox Anda tanpa Anda minta.

Namun demikian dengan mengetahui kebutuhan hosting untuk memasarkan diri, bila Anda sudah memiliki trafik ribuan, mungkin Anda bisa mencoba menawarkan diriĀ  ke divisi marketing dari layanan hosting yang sekarang Anda gunakan. Minta mereka untuk mensponsori Anda. Siapa tahu mereka tertarik.

Cara 3: Cara ala situs dapur Uang

Cara saya mendapatkan hosting gratis berbeda dari kedua cara di atas.

Saat ini blog dUS menggunakan hosting Fastcomet (FC). Perusahaan ini memiliki program referal. Dengan mengikuti program inilah saya bisa mendapatkan hosting gratis.

Singkatnya, jika Anda merekomendasikan 5 orang kepada FastComet dan kelima orang itu mengambil hosting di sana, serta dalam kurun waktu 45 mereka tidak refund (FC memiliki garansi 45 hari uang kembali ), maka Anda bisa mendapatkan hosting gratis selamanya di shared hosting.

 

Syarat utamanya adalah Anda sendiri adalah pengguna dari FastComet dan memiliki paypal.

Secara lebih rinci, yang harus Anda lakukan adalah menggunakan hosting mereka, join program afiliasi mereka, mengirimkan 5 bisnis kepada mereka, satu-satu atau sekaligus. Jika sudah terkumpul 5 dan memenuhi syarat, hubungi pihak biling untuk memproses hosting Anda untuk menjadi gratis selamanya.

Saat ini blog dUS berada di paket cloud shared hosting – paket Ecommerce. Di sana saya dapat:

  1. Kapasitas storage Cloud SSD unlimited – Jadi saya tidak perlu terus-menerus memikirkan penghematan space.
  2. Bandwidth ‘unlimited’ – Arti unlimited di sini selama penggunaannya masih masuk akal. Istilah asingnya ‘Fair Use’.
  3. Domain gratis – Untuk domain-domain tertentu.
  4. Gratis SSL – Berdasarkan pengalaman kalau blog Anda di SSL-kan seluruhnya, blog menjadi pelan. Kurang cocok untuk full SSL di shared hosting. Sebaiknya SSL digunakan untuk toko online di laman transaksi saja.
  5. RAM 2 GB – Sebetulnya saya mendapatkan peningkatan hingga 4 GB. Saya rasa saya dapat bonus.
  6. CPU 4 Core
  7. 450.000 inodes – Artinya Anda bisa memiliki max 450.000 files di server mereka. Ini adalah jumlah terbanyak untuk penawaran hosting saat ini.

Biasanya orang-orang yang sudah merasa stres di hosting mereka, lalu mengambil rekomendasi saya, akan bisa merasakan perbedaan pelayanan yang sangat signifikan, mulai dari kecepatan dan keramahannya.

Kelebihan dari program referal FastComet adalah saya tidak perlu khawatir dengan perjanjian sponsor yang tiba-tiba bisa dibatalkan. Karena saya telah bekerja untuk mendapatkannya.

Meskipun demikian saya tidak berencana berlama-lama di shared hosting. Sebab kalau tidak, artinya blog saya tidak ada kemajuan

Apakah FastComet sempurna? Jawabannya tidak. Mereka juga ada kekurangan. Terkadang mereka juga melakukan kesalahan.

Kekurangan lainnya adalah:

  1. Beda harga antara shared hosting dan VPS jauh sekali. Dari yang $3-$7 per bulan bisa lompat ke $40 ke atas. Itulah alasan sebaiknya blog Anda mulai belajar menghasilkan uang agar bisa membiayai dirinya sendiri.
  2. Domain .co.id tidak bisa digunakan untuk penawaran domain gratisnya.

Nah, kalau Anda ingin memiliki hosting gratis bisa mencoba 2 jalan di atas atau jika ingin mencoba cara ala blog dUS. Silahkan ke Fastcomet hosting.

Bila Anda memiliki pertanyaan atau pengalaman tentang cara mendapatkan hosting gratis? Silahkan komen di bawah.

Apakah menurut Anda artikel ini bermanfaat untuk teman Anda? Bagikanlah.

Bacaan selanjutnya:

  1. Pentingnya Memilih Hosting dengan Server yang Bagus
  2. Technical Support Hosting Yang Baik dan Buruk
Iklan Istimewa
2 Desember, 2015 / 9 Comments / by / in
  • Arfi Asta says:

    Nah, ini nich yang sy cari. Hosting Gratis. saat ini saya masih pake custom blogspot aja. blm kuat kalau mau pake hosting.. :)

  • Hanson Leo says:

    Wah akhirnya muncul juga ini artikel pak. hehehe..
    atas rekomen pak Juan akhirnya saya juga pindah ke FC. dan ternyata jauh dari apa yang saya alami sebelumnya. ga ada lagi ngerokok setengah batang baru muncul admin panel wordpress saya. semua serba cepat meskipun masih dalam hitungan detik… berharap dalam hitungan mikro detik. hehehe…
    thanks pak atas rekomennya.

    • Juan feju says:

      Semoga bisnisnya semakin lancar lancar. Dan demoga sekarang bisa lebih fokus memikirkan hal yang lebih penting lagi, daripada hanya dibuat geleng-geleng dengan hosting yang pelan.

      • Cammie says:

        men:ntakaagweww… hampir frustasi tiap hari ngejabanin tuh rubik, makasi buat tutorialnya, masi dalam tahap di pelajari lebih lanjut moga bisa dapet pencerahan nih dari tulisan om admin. makasi ya.

  • bayu win says:

    Wihh no3 menantang neh infonya cocok bagi yang suka jualan hehe.. thanks sharingnya

  • Whuaa..Yang dulu saya tanya buat rekom hosting om juan nggak kasih jawaban Di IAPD, tau gitu saya ambil FC.
    Sebab yang saya ambil sekarang space-nya hanya 1 GB Dengan perincian harga yang hampir sama jika ambil di FC,…Alamak!!!
    Kayaknya kurang memadai jika post saya rata rata kebanyakan gambarnya.

    Thanks Sharing nya Om, saya kasih cendol arab di ads-nya :D
    Btw tombol sharing counter nya pakai apa om?
    Berbayarkah??

    • Juan feju says:

      Kalau memang postnya banyak gambar, mending yang kapasitasnya yang besar. Saya juga banyak gambar karena banyak tutorial. Belum lagi kalau mau backup.
      Mengenai sharing counter – saya kan pakai tema genesis, itu counter buat genesis, gratis bisa di download dari repository WordPress, ‘Genesis Simple Share’. Apakah bisa dipasang di teman non genesis? Coba saja.

  • kandra says:

    Wuih mantap gan juan.
    Setidaknya biaya maintain domain dan hosting satu tahun bisa diminimalkan dan dialokasikan untuk channel marketing lain.
    Luar biasa. Saya harus belajar dari agan nih biar bisa bener2 menjual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *