[Update Laporan 3] Apakah 1000 Artikel akan Menghasilkan $100/Bln dari AdSense?

posted in: Blog | 3

Ini adalah laporan terakhir dari eksperimen 1000 artikel.  Sekitar akhir bulan Feb 2016 saya sudah menyetop eksperimen tersebut. Total berjalan sudah sekitar 6 bulan dan buahnya hanya mampu menghasilkan trafik 40-50 pengunjung per hari.

Dari hasil eksperimen ini saya mengambil beberapa kesimpulan:

Ada saja artikel-artikel yang bisa mendapatkan trafik dari search engine tanpa harus mengandalkan backlink. Namun untuk sebagian besar artikel yang lain, ini tidak bekerja. Jadi jika Anda berencana membeli artikel, sebaiknya pikirkan faktor lain yang menunjang keberhasilan artikel itu atau situs Anda. Jangan hanya mengandalkan kuantitas.

Mbak Indri dari blog Juragan Cipir menyarankan untuk menulis sebanyak 1000 artikel untuk menghasilkan $100 per hari. Hal ini berdasarkan pengalamannya. Namun demikian saya rasa ada faktor lain bermain di sini:

  1. Mbak Indri termasuk pemain lama. Jadi ia sudah memulai pada zaman dengan tingkat persaingannya belum setinggi sekarang.
  2. Mbak Indri memerlukan waktu 3 tahun. Di dalam kurun waktu tersebut itulah kemungkinan ia telah mendapatkan pengikut dan juga mendapatkan backlinks. Sedangkan di dalam eksperimen ini, faktor penggemar dan backlink itu tidak ada. Jadi kemungkinan inilah yang mempengaruhi perbedaan hasil eksperimen 1000 artikel saya dengan 1000 artikelnya Mbak Indri.

Selain itu apabila 1000 artikel memang bisa menjamin untuk mendapatkan $100 per bulan, maka hal ini sangat mudah dilakukan. Sebab ada orang-orang yang menjual jasa menulis Rp.5000/artikel 200-300 kata. Dengan kualitas… yah Anda tidak bisa menuntut banyak.

Jika teori tersebut benar Anda cukup modal 5 juta, maka Anda sudah bisa menghasilkan $100 per bulan. Ini seharusnya cukup bagus, 6-7 bulan sudah bisa balik modal dan mulai memberikan keuntungan.

Namun sayang kenyataan tidak semudah itu.

Silahkan Anda baca artikel AdSense: Kenapa Pendapatan Hanya Berkisar $0 Terus untuk melihat perhitungan trafik yang dibutuhkan untuk mendapatkan $100.

Oleh karena itu sebaiknya menurut saya Anda jangan sekedar berpatokan pada jumlah artikel. Sebab saya masih menjumpai orang-orang yang bertanya “Perlu berapa artikel untuk bisa gajian dari AdSense.”

3 Responses

  1. Android Maker

    Saya sendiri penasaran…blogger yang sudah menghasilkan penghasilan tetap tiap bulannya….sudah memiliki beberapa artikel…??

    • Juan

      Setelah belajar. Ternyata jumlah artikel sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada jumlah trafik. Asal tahu kata kunci yang banyak dicari orang, buat kontennya, dan yang terpenting adalah link building (tersulit), maka trafik akan besar.

  2. sarofudin

    bener mas. setiap hari saya lihat dasboard adsense via gadget . disana hanya bilangan 0, sekian. bulan ini saya tidak berpikir gajian. tapi di tanggal 22 kemarin saya kaget ada email masuk katanya pembayaran sudah di kirim. ternyata dari youtube sudah $100 lebih. kalau dari blog saja mungkin 3 bulan sekali saya baru gajian

Leave a Reply