Delivery yang Konsisten Dapat Meningkatkan Profit Bisnis Anda

posted in: Bisnis | 2

Delivery di sini bukan urusan pengiriman, melainkan tentang konsistensi produk atau jasa yang Anda hasilkan.

Berikut ada dua kisah tentang penjual air kelapa. Pernjual pertama usahanya semakin besar, pelanggannya bertambah, dan jumlah kelapa yang ia habiskan per hari semakin banyak, sementara penjual yang kedua, semakin hari dagangannya makin sepi.

Kedua penjual di atas menjual jenis kelapa yang sama, berada di lokasi yang sama, harganya sama. Akan tetapi penjual pertama lebih laris dibandingkan penjual kedua.

Tahukah Anda alasannya?

Penjual pertama menjual air kelapa dalam takaran yang selalu sama. Ia menggunakan teko plastik. Air kelapa dituang ke teko tersebut dalam takaran tertentu. Apabila satu kelapa tidak cukup ia akan penuhi dengan air kelapa kedua. Baru kemudian ia tuang ke plastik dan diberikan pada pelanggan.

Sementara penjual kedua kedua, takaran air kelapa yang dijual tidak konsisten. Kadang banyak, kadang sedikit. Tergantung dari satu kelapa yang dicomot. Akhirnya pelanggan suka kecewa, karena bayarannya sama, tapi volume air kelapanya tidak menentu.

Kisah singkat di atas adalah contoh sederhana dari betapa pentingnya konsistensi delivery. Tidak ada bisnis langgeng bila pelanggannya kecewa. Prinsip ini berlaku di segala jenis usaha.

Sudahkah Anda memastikan kosnistensi delivery bisnis Anda?

Jika belum, maka tidak ada gunanya Anda melakukan marketing dan sales. Sebab orang yang sudah datang pasti kabur.

2 Responses

Leave a Reply