Jonru Ginting

Cara Terkenal Ala Jonru Ginting

posted in: Lain-lain | 0

Untuk terkenal biasanya orang melakukan hal-hal yang keren, luar biasa, atau mengagumkan. Kalau Jonru…caranya agak beda.

Siapa Jonru? Jonru adalah seorang penulis. Salah satu buah tangannya yang dulu pernah saya beli adalah Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat. Akhir-akhir ini ia mulai menjadi tenar karena postingan-postingannya yang anti Jokowi di sosmed.

Memang salah satu cara menjadi famous adalah lewat kontroversi. Metodenya adalah “menyerang” seseorang atau perusahaan dengan menyuarakan ketidaksukaan atas sang target. Jonru mempraktikkan cara ini.

Mengapa Jokowi? Soalnya kalau saya yang menjadi target, tidak ada yang peduli. Saya bukan siapa-siapa. Jadi target haruslah orang yang memiliki banyak pendukung atau penggemar.

Untuk berhasil menjalankan taktik ini orang perlu menciptakan friksi. Tulisan-tulisan atau pernyataan-pernyataan yang bersifat menyerang dapat menghasilkan gesekan. Mereka yang menjadi emosi akan balik melawan. Inilah yang dicari. Kontroversi tidak ada gunanya kalau tidak ada yang jadi panas.

Di dalam taktik ini menggodok emosi negatif sangat penting. Perasaan amarah, benci, sakit hati, dendam, dll. harus terus dibakar. Sebab dengan cara inilah orang menjadi buah bibir.

Terlepas dari apa pun motivasi Jonru, tampaknya ia lumayan berhasil menerapkan strategi ini.

Penyebaran

Untuk penyebaran, medsos adalah media yang bagus, misalnya Facebook. Sebab sistemnya dirancang untuk menjalar. Saat Jonru membuat postingan kontroversial, orang berinteraksi dengan postingannya. Entah itu like, share atau comment. Efeknya teman-teman dari yang berinteraksi tadi akan melihat postingan tersebut di news feed mereka. Kemudian mereka like lagi, komen lagi, share lagi. Akhirnya menyebarlah postingan itu.

Mengapa tulisan kontroversi itu cepat menyebar? Sebab isinya itu mempromosikan hal-hal negatif.

Otak manusia dirancang untuk bertahan hidup. Ia menjadi awas terhadap hal-hal yang negatif. Sehingga kita secara alami tertarik kepadanya. Itulah alasan mengapa media banyak menampilkan berita-berita kecelakaan, perkosaan, kematian, dan sebagainya agar laku.

Menciptakan Merek

Jonru adalah seorang penulis. Namanya merupakan sebuah merek. Merek adalah kesan yang timbul di kepala orang saat mendengar merek tersebut. Kesan tercipta melalui pengalaman.

Membuat kontroversi bisa menimbulkan kesan negatif pada merek. Dalam hal ini nama Jonru. Saya tidak mengerti mengapa ia menempuh jalan ini.

Meskipun cara Jonru bisa menarik banyak fan, tetapi mereka adalah orang-orang yang tertarik dengan politik, bukan urusan tulis-menulis. Sementara setahu saya produknya lebih banyak ke urusan tulis-menulis. Targetnya jadi tidak pas.

Kekurangan Dari Taktik Kontroversi

Konsekuensi dari taktik kontroversi adalah  menciptakan banyak musuh. Di dalam permusuhan orang pasti ingin saling menyakiti dan lebih menyakiti. Awalnya mungkin hanya lewat kata. Selanjutnya? Lihat saja tawuran anak sekolah. Dulu adu tinju. Sekarang pakai senjata. Kalau dibiarkan lama-kelamaan bukan tidak mungkin meletus peluru panas.

Bukan tidak mungkin jika kamu menerapkan cara ini akan ada orang yang tidak suka dan berbuat jahat terhadapmu. Lebih parah, orang-orang terdekat juga bisa jadi sasaran.

Perselisihan antara Jonru dengan pihak-pihak merasa terserang telah mulai menginjak ranah hukum. Berikutnya apa lagi?

Bagaimana, apakah kamu mau pakai taktik ini untuk jadi terkenal?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.