Cara Buat Iklan di Google Adwords untuk Pemula

Cara buat iklan google adwords

Saat Anda memulai bisnis online maupun offline, suka atau tidak suka Anda harus belajar yang namanya marketing. Sebab tanpanya, niscaya lapak usaha Anda akan sepi bak kuburan.

Semua yang memulai usaha sendiri pasti akan berhadapan dengan tantangan untuk mendapatkan pelanggan. Oleh karena itu di tutorial ini saya akan mengajarkan salah satu cara alternatif pemasaran yang tersedia di internet saat ini, yaitu menggunakan Google Adwords.

Tutorial ini saya rancang berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Silahkan di Bookmark (CTRL+D) agar sewaktu-waktu bisa kembali lagi ke sini.

Daftar tutorial:

Jika tutorial ini berguna, bagikanlah ke yang lain, klik tombol bagikan di bawah ini.
Bila ada pertanyaan, silahkan komen di bawah selama saya memiliki pengetahuannya, saya akan coba jawab.

Pendahuluan

Sebelum Anda membuat iklan pertama, ada beberapa pemahaman dasar yang perlu Anda ketahui.

Pertama, ada tiga tujuan utama orang melakukan pemasaran, yaitu:

  1. Brand awareness – membuat orang sadar, bahwa Anda itu ada
  2. Buying customer – mendatangkan prospek yang nantinya diharapkan berubah menjadi pelanggan.
  3. Edukasi – membuat orang mengenal sebuah produk dan mengerti kenapa mereka perlu membelinya.

Pada dasarnya pemasaran adalah sebuah cara untuk membeli pelanggan. Istilah kerennya adalah akuisisi pelanggan / customer acquisition. Setelah Anda mengeluarkan sejumlah uang untuk pemasaran, Anda berharap ada yang menaggapi usaha marketing Anda dan mau bertransaksi atau berbisnis dengan Anda.

Tentu setiap pengusaha menginginkan dari upaya pemasarannya, setiap sen uang yang telah dikeluarkan akan kembali lagi dan menghasilkan profit. Atau kata para marketer, ada ROI-nya (Return of Investment).

Bagaimana cara melakukan pemasaran? Salah satunya adalah dengan memasang iklan di internet.

Bagaimana cara beriklan di internet?

Google Adwords bisa menjadi sebuah alternatif. Google Adwords adalah sebuah layanan pemasangan iklan dari Google. Perusahaan ini telah mendesain layanannya sedemikian rupa sehingga Adwords bisa diatur dan dikelola langsung oleh para penggunanya secara online. Dengan demikian Anda bisa melakukannya langsung dari depan layar komputer.

Apabila Anda memiliki modal yang agak besar, Anda bisa membayar perusahaan yang menawarkan jasa pengelolaan iklan Adwords Anda.

Dimanakah iklan akan tayang?

Iklan yang Anda buat nantinya bisa tampil di:

  1. Situs-situs pencari Google, misalnya mesin pencari Google, Google shopping, peta Google, pencari gambar Google dan grup.
    Contoh iklan google adwords di mesin pencari
  2. Situs pencari lain yang merupakan bagian dari jaringan pencari yang berpartner dengan Google misalnya AOL.
  3. Pencari di perangkat mobile.
  4. Di Google Display Network, yaitu situs-situs yang dijelajahi oleh calon pembeli (misalnya, blog dapur-uang.com) dan juga situs Google, seperti Gmail, Blogger dan Youtube.

Kelebihan Google Adwords

Iklan yang kita pasang tertarget. Artinya iklan Anda akan ditampilkan ke orang-orang yang memiliki relevansi atau keterkaitan dengan isi iklan yang ditayangkan. Sebab setiap iklan memiliki kata-kata kunci atau keywords tertentu. Dan kata kunci inilah yang akan disesuaikan dengan pencarian orang-orang yang sedang menjelajahi dunia maya.

Secara lebih spesifik, Anda juga bisa menarget berdasarkan lokasi, misalnya Anda hanya orang yang di jakarta saja yang bisa melihat iklan Anda. Tujuannya agar anggaran iklan Anda tidak sia-sia terbuang kepada orang yang tidak ada kaitannya dengan profil pelanggan Anda.

Kelebihan lainnya, yaitu bahkan dengan uang Rp.100.000 (minimal untuk saat ini) Anda sudah bisa beriklan. Walaupun dengan dana segitu apakah sudah cukup untuk mengorbitkan usaha Anda tentu itu lain cerita.

Biaya Iklan Adwords

Pada dasarnya para pemasang iklan Adwords akan saling berkompetisi untuk kata kunci yang paling sering digunakan. Setiap kali orang mencari sebuah kata, frase atau kalimat di mesin pencari Google, maka Google akan menjalankan sebuah lelang/ bidding (secara otomatis) yang akan menentukan iklan siapa yang muncul dan di posisi mana.

Tentu orang ingin iklannya lebih sering muncul dan berada di posisi paling strategis, yaitu di paling atas. Nah, pemasang iklan yang berani membayar lebih tinggi untuk suatu kata kunci tertentulah akan mendapatkan keuntungan tersebut.

Ada 3 macam strategi lelang, tergantung dari fokus pemasaran Anda, yaitu:

1. Jika fokusnya adalah mendapatkan traffic ke situs/ tokol Anda, maka Anda memilih strategi bidding berdasarkan klik pada iklan Anda, atau dikenal dengan CPC bid. CPC singkatan dari Cost Per Click.

Biaya yang akan dikenakan adalah berdasarkan jumlah klik pada iklan Anda dikalikan dengan biaya CPC atau biaya per klik yang telah Anda tentukan maksimalnya. Biaya CPC-nya bisa saja lebih murah dari maksimal bid yang telah ditentukan tergantung dari berbagai faktor.

2. Jika fokus Anda adalah awareness atau sekedar memberitahu bahwa Anda itu ada loh. Maka strategi bidding-nya adalah berdasarkan Cost Per Mile atau dikenal dengan isitlah CPM bid. Per Mile artinya per seribu,jadi setiap 1000 kali tayang, maka Anda dikenakan biaya. Di dalam strategi bidding ini, tidak peduli dengan berapa jumlah klik yang Anda peroleh. Jadi kalau dalam 1000x tayang bisa mendapatkan 100 klik atau 200 klik biayanya tidak beda.

3. Jika fokus Anda adalah konversi, maka strategi biddingnya adalah Cost Per Acquisition atau CPA bid. Disini Anda tetap membayar berdasarkan setiap klik pada iklan Anda. Bedanya Google akan membantu mengoptimalkan setiap klik sehingga memenuhi target konversi Anda.

Konversi yang dimaksud disini bisa berarti, pembelian sebuah produk, jumlah orang yang berlangganan dengan memberikan email mereka, dll.

Pembayaran

Cara pembayarannya sebenarnya cukup mudah. Anda harus mendeposit sejumlah uang terlebih dahulu dengan menggunakan kartu kredit. Hal ini memang agak menyulitkan bagi mereka yang tidak memiliki kartu kredit.

Langkah 1, Buat Akun

Akun Gmail atau email Google Anda tidak bisa digunakan untuk Adwords. Anda memerlukan sebuah akun khusus untuk memasang iklan. Artikel ini akan mengajarkan Anda cara membuatnya.

Update 19 Nov 2014: Daftarkan akun googlemu di google Adwords. Maka Anda dapat langsung menggunakan Adwords. Cukup lakukan tahap 1- 3

Sebelum Anda mulai dengan tutorial ini, Anda harus telah memiliki sebuah email (apa saja) agar Anda dapat menyelesaikan tahap akhir dari pembuatan akun Google Adwrods.

Ok, mari kita mulai dan ikutilah tahapan-tahapan berikut ini :

Tahap 1 Pergilah ke http://adwords.google.com nanti Anda akan di-redirect ke suatu halaman seperti di bawah ini.

Tahap 2 Klik tombol: START NOW

Membuat akun google adwordsTahap 3 Isi email Anda, kemudian klik tombol: Save and Continue.Membuat akun google adwordsTahap 4 Isi fomulir seperti di bawah ini dengan lengkap untuk membuat akun Anda . Lalu klik tombol: Next step

Membuat akun google adwordsTahap 5 Sebuah email verifikasi akan dikirimkan ke email Anda, silahkan cek.Membuat akun google adwords Tahap 6 Kliklah tautan yang ada di dalam email itu untuk memverifikasi email Anda.Membuat akun google adwordsTahap 7 Nanti Anda akan dibawa ke sebuah halaman situs yang menyatakan, bahwa email Anda telah diverifikasi. Selanjutnya kliklah tautan: Click here to continue.

Membuat akun google adwordsTahap 8 Selamat Anda telah selesai membuat akun Google Adwords. Klik tombol: Take me to my account, jika Anda ingin langsung segera membuat iklan. Membuat akun google adwords

Langkah 2
Konfigurasi Pembayaran

Untuk Indonesia sekarang selain pembayaran menggunakan kartu kredit berlogo Visa dan Mastercard, Anda sudah bisa membayar menggunakan transfer bank. Hanya saja diperlukan waktu 5-10 hari hingga dana tercatat di akun.

Alternatif lainnya adalah pinjam kartu kredit orang lain, menggunakan jasa perusahaan yang menawarkan pengelolaan iklan adwords, atau menggunakan VCN dari BNI.

Untuk penggunaan VCN dulu saya pernah ditelpon oleh tim Adwords Indonesia dan disarankan untuk tidak menggunakan VCN, tapi kini tampaknya kebijakan itu sudah berubah. Jika dilihat pada laman support Adwords tentang memilih bentuk pembayaran, disana tercantum metode pembayaran dengan kartu kredit sekali pakai. Itu berarti VCN sudah secara resmi dapat dipergunakan.

Anda dapat melihatnya secara langsung di https://support.google.com/adwords/answer/2375433?hl=id

Metode pembayan dengan kartu kredit sekali pakai

LIHAT JUGA: Uji Coba Pembayaran Google Adwords dengan VCN BNI

Ini Dia Penjelasan Biaya Tambahan Misterius 2 x Rp.10.000 Ketika Membayar Adwords dengan VCN BNI

Cara mengatur pembayaran di Adwords:

Tahap 1. Klik gambar: ikon gir di pojok kanan atas. Lalu klik pilihan: Billing

Menyetel pembayaran billing google adwordsTahap 2. Pilih lokasi untuk alamat penagihan Anda. Lalu klik tombol: Continue.

Menyetel pembayaran billing google adwords1Tahap 3. Isi alamat penagihan Anda

adwMenyetel pembayaran billing google adwords2Tahap 4. Pilih cara pembayaran Anda, otomatis atau manual. Untuk tutorial ini kita pilih: manual payments. Dengan kata lain Anda deposit uang dulu. Lalu setiap biaya dipotong dari uang yang telah dibayarkan. Cara ini juga lebih sesuai untuk Anda yang ingin membayar pakai VCN.

Menyetel pembayaran billing google adwords3Tahap 5. Centang kotak: Yes, I agree to the terms and conditions above. Lalu klik tombol: Submit and activate my account.

Menyetel pembayaran billing google adwords4Tahap 6. Klik tombol: Make a payment

Menyetel pembayaran billing google adwords 5

Tahap 7. Isilah form mengenai kartu kredit Anda, lalu isikan jumlah yang ingin Anda bayarkan, jika sudah klik tombol: Review Payment.

Menyetel pembayaran billing google adwords 6

Tahap 8. Jika pengisian form kartu kredit Anda sudah benar dan Google telah berhasil melakukan pengujian penarikan dana dari kartu kredit Anda, Anda akan dibawa masuk ke halaman konfirmasi.

Catatan mengenai pembayaran otomatis / pascabayar

Untuk pembayaran otomatis atau pascabayar Anda akan ditagih setelah iklan berjalan. Waktu penagihan adalah bila telah lewat 30 hari atau biaya telah mencapai jumlah yang telah ditetapkan. Setelah Anda menetapkan menggunakan pembayaran otomatis maka Anda tidak dapat merubahnya.

Cara ini lebih sesuai untuk Anda yang tidak memiliki waktu terlalu banyak untuk selalu mengontrol akun Adwords Anda.

—————————————

Jika tutorial ini berguna, bagikanlah ke yang lain, klik tombol bagikan di bawah ini.
Bila ada pertanyaan, silahkan komen di bawah selama saya memiliki pengetahuannya, saya akan coba jawab.

Langkah 3
Buat Iklan Teks Pertama

Artikel ini memberikan pemahaman dasar dan langkah-langkah untuk membuat iklan google Adwords dalam bentuk yang paling sederhana, yaitu format iklan teks. Plus sebuah tips yang dapat mencegah jebolnya anggaran iklan.

Sebelumnya perlu Anda ketahui, bahwa antarmuka Google Adwords telah mengalami beberapa kali perombakan. Jadi tak perlu heran, bila terkadang ada hal-hal yang sudah tidak pada tempatnya lagi. Misalnya dulu ada menu billing ada di posisi paling atas, sekarang berpindah ke dalam ikon gir di pojok kanan atas.

Bagi pemula dashboard Adwords bisa terlihat membingungkan. Akan tetapi lambat laun Anda akan terbiasa dan dapat bernavigasi dengan leluasa.

Pemahaman dasar

Adwords pada dasarnya memiliki struktur pembuatan iklan sebagai berikut:

struktur-adwords

Keterangan :

  1. Campaign = Kampanye
  2. Ad Groups = Grup Iklan
  3. Ads = Iklan
  4. Keywords = kata kunci

Tujuan dari struktur ini adalah untuk mengelompokkan produk atau jasa Anda ke dalam campaign dan ad groups, serta menghubungkannya dengan kata-kata kunci. Dengan demikian kualitas dan tingkat kesuksesan iklan Anda akan meningkat.

Iklan dengan skor kualitas yang tinggi dapat menekan biaya per klik atau CPC (Cost per Click).

Untuk setiap level struktur, Anda akan memberikan sebuah nama. Pemberian namanya tergantung dari cara pengelompokan Anda. Lebih jelasnya akan diterangkan lebih lanjut di bawah.

Saat Anda membuat iklan, disarankan agar Anda melakukan urutan kerja sebagai berikut:

Pikirkan tentang 1. campaign > 2. Ad Groups > 3. Keywords > 4. Ads

Campaign

Cara pembuatan struktur yang sederhana adalah seperti pengelompokkan barang di departemen store. Sebagai contoh tokol Anda menjual baju dan sepatu. Anda dapat memberikan nama campaign-nya:

  1. Baju
  2. Sepatu

Namun demikian untuk kebutuhan lain Anda juga bisa membaginya berdasarkan promosi, seperti:

  1. Promosi Hari Kartini
  2. Promosi Natal dan Tahun Baru

Ad groups

Misalnya kita gunakan campaign: baju. Untuk Ad groups-nya Anda bisa membaginya berdasarkan kategori baju, misalnya:

  1. Dress
  2. Cardigan
  3. Blouse

Keywords

Setiap ad groups akan memiliki sekelompok keywords. Idealnya Anda memikirkan 20-40 kata atau frase yang kira-kira akan digunakan oleh calon pembeli saat melakukan pencarian di Google.

Misalnya Anda hendak membuat kata kunci untuk ad groups: dress. Orang yang ingin membeli dress mungkin akan menggunakan kata-kata sebagai berikut:

  • dress murah
  • jual dress cantik
  • jual long dress
  • little black dress
  • long dress
  • dress buat pesta
  • dst…

Fungsi keywords ini adalah agar nanti Google dapat mencocokkannya dengan pencarian orang di mesin pencari Google saat Google hendak menampilkan iklan Anda.

Ada sebuah tips yang sangat penting pada saat penetapan keywords, saya sebut dengan gaya pencocokan (match). Mengetahui dan menerapkan hal ini pada keywords dapat mencegah pemborosan anggaran pemasaran Anda.

Gaya Pencocokan
4 macam gaya pencocokan dengan cara penulisan keywordsnya, yaitu:

  1. Broad match
    Cara penulisan: dress murah
  2. Phrase match
    Cara penulisan: “dress murah”
  3. Exact match
    Cara penulisan: [dress murah]
  4. Broad match modifier
    Cara penulisan: +dress +murah

Secara lebih jelas akan saya bahas di bawah ini.

1. Broad Match
Pada gaya ini, apapun yang diketikkan orang di mesin pencari Google, asal di dalam pencariannya terdapat kata-kata yang sama dengan kata kunci yang telah Anda tetapkan, meskipun susunan urutan katanya berbeda atau terpisah, maka iklan Anda akan ditampilkan.

Kita ambil contoh kata kunci: dress murah. Bila ada yang mengetikkan di mesin pencari Google: majalah murah tentang dress India, maka iklan Anda muncul.

Masalah yang sering terjadi dari penggunaan gaya ini, meski jangkauannya luas tapi tingkat relevansinya dalam kaitannya menemukan calon pelanggan yang ingin mengeluarkan uang untuk belanja bisa menjadi kecil. Karena prospek yang mampir di tokol atau situs Anda lebih tidak kualifait.

Meskipun demikian, jika tujuan Anda adalah untuk menciptakan brand awareness, maka cara ini sangat baik untuk digunakan.

Selain itu pada laporan Anda dapat melihat daftar pencarian yang dilakukan oleh orang yang menyebabkan iklan Anda dimunculkan, sehingga dari sana Anda bisa menemukan ide baru untuk kata-kata kunci baru.

2. Phrase Match
Gaya pencocokan ini akan lebih mengecilkan kemungkinan iklan Anda ditampilkan ke orang-orang yang tidak relevan. Karena hanya pencarian yang di dalamnya terdapat kata kunci Anda dengan urutan yang sama persis, barulah iklan Anda ditampilkan.

Sebagai contoh, untuk kata kunci: dress murah, iklan Anda akan muncul bila ada yang mencari di mesin pencari Google:

  • jual dress murah
  • dress murah singapore
  • desainer dress murah

Iklan tidak akan tampil bila susunannya berbeda, misalnya: jual murah dress

Negative Keywords
Sebagai tambahan dari contoh kasus di atas Anda dapat semakin meningkatkan efektifitas iklan Anda dengan menyembunyikan iklan dari pencarian yang tidak relevan, seperti: dress murah singapore. Kemungkinan besar pencarian ini tidak ada kaitannya dengan bisnis Anda. Nah untuk pengoptimalannya Anda dapat menetapkan negative keywords.

Bila Anda tetapkan kata desainer sebagai negative keywords, maka meskipun di dalam pencarian orang mengandung keywords yang telah Anda tetapkan, tetapi karena ada kata desainer di dalamnya, maka iklan Anda tidak akan munculkan.

Ada beberapa cara untuk menentukan negative keywords:

  1. Anda bisa coba-coba di mesin pencari Google misalnya Anda ketikkan: dress murah s.
    Autocomplete Google dapat memberikan petunjuk kata apa selanjutnya yang tidak relevan dengan iklan Anda.
  2. Cara yang kedua adalah setelah iklan Anda berjalan, Anda bisa melihat laporan daftar pencarian kata yang telah digunakan orang yang menyebabkan iklan Anda dimunculkan. Dari situ akan terlihat Anda dapat menganalisa pencarian apa yang tidak relevan dan Anda bisa menambahkannya di daftar negative keywords Anda untuk ad groups yang bersangkutan.

3. Exact Match
Gaya pencocokan yang satu ini hanya menampilkan iklan Anda, bila orang mencari menggunakan kata-kata yang sama persis dengan kata kunci Anda, tanpa tambahan kata-kata apa pun di belakang, atau di depan.

Sebagai contoh kata kunci: [dress murah], iklan hanya ditampilkan bila orang mengetikkan kata: dress murah, dan tidak akan muncul bila orang mencari menggunakan kata: jual dress murah, dress sangat murah, dress murah online.

4. Broad Match Modifier
Gaya pencocokan ini sama dengan broad match, bedanya bila di dalam pencarian ada yang salah eja, menggunakan singkatan, singular dan plural, kemudian awalan, akhiran, bila ada kaitannya dengan kata kunci Anda, maka iklan Anda akan ditampilkan.

Ads/ Iklan

Format iklan ada 4, yaitu:

  1. text ad: iklan berupa teks
  2. image ad: iklan berupa gambar
  3. rich media ad: iklan yang beranimasi atau interaktif
  4. video ad: iklan berupa video.

Iklan yang paling umum dan mudah dibuat adalah format iklan teks. Contoh:

Adwords dalam format teksUntuk setiap ad group Anda bisa membuat beberapa iklan. Gunanya untuk melihat iklan mana yang bekerja paling baik. Terkadang perbedaan kata-kata dapat membuat iklan bekerja semakin baik atau sebaliknya.

Itulah juga alasannya mengapa ad group dipisah berdasarkan setiap kategori barang. Sehingga di dalam sebuah ad group bisa dibuat beberapa variasi iklan yang berbeda untuk barang yang sama, dan untuk kata-kata kunci yang sama.

Pastikanlah di dalam membuat iklan, kata kunci yang Anda gunakan terdapat di dalam iklan Anda.

Mari mulai membuat iklan

Ok, disini kita akan beranggapan Anda memiliki sebuah tokol fashion yang menjual baju, dan Anda memiliki 2 kategori barang, yaitu: dress dan blouse. Anda ingin menggunakan adwords untuk pemasaran, dan hendak membuat sebuah iklan teks standar untuk ditampilkan di network search only dengan target calon pembeli adalah mereka yang tinggal Indonesia.

Pembuatan campaign

Tahap 1. Jika Anda baru selesai membuat akun, Anda akan melihat bagian halaman seperti ini. Klik tombol: Create your first campaign.Buat iklan adwords pertama kali

Apablia Anda mulai dari dashboard Adwords Anda bisa klik tombol: CampaignDashboard Adwords

Kemudian pilih di jaringan mana Anda ingin iklan Anda tampil.

Jaringan adwords

Keterangan:

  1. Search Network only: iklan tampil di mesin pencari Google, Google shopping, peta Google, pencari gambar Google dan grup.
  2. Display Network: di situs-situs yang yang menampilkan Google Adsense, Gmail, Blogger dan Youtube.
  3. Search Network with Display Select: Gabungan dari Search Network dan Display Network.
  4. Shopping: diGoogle Merchant (www.google.com/shopping)
  5. Online video: diYoutube – Tampil saat orang hendak menonton sebuah video, di daftar video sebelah kanan saat sebuah video sedang dijalankan, di posisi atas dalam hasil pencarian video.

Tahap 2. Silahkan isi campaign name-nya, baju.
Lalu pilih Type : Search Network Only
Pilih tombol radio: Standard

Buat campaign adwords

Tahap 3. Pada bagian Networks Anda bisa memilih apakah Anda ingin menampilkan iklan Anda di partner pencarian Google (include search partners) atau tidak.

Siapa saja yang menjadi partner tidak diketahui secara pasti, tapi yang dengan jelas dipublikasikan adalah AOL.

Buat campaign AdwordsTahap 4. Pada bagian Locations Anda dapat menargetkan iklan Anda agar muncul berdasarkan lokasi geografis. Dengan demikian iklan Anda tampil di depan orang-orang yang berada di lokasi tertentu saja.

Hal ini berguna jika usaha Anda hanya melayani dalam batasan wilayah tertentu. Bahkan pencarian bisa dibuat lebih spesifik lagi, misalnya pelayanan hanya dalam suatu radius tertentu saja.

Untuk tutorial kali ini, kita akan memlih Indonesia.Buat campaign adwordsTahap 5. Pada bagian languages, Anda menentukan kemunculan iklan berdasarkan bahasa.

Google akan menentukannya berdasarkan:

  1. preferensi bahasa di akun yang digunakan oleh pengguna
  2. permintaan pencarian.
  3. halaman yang sedang dilihat saat ini.

Untuk Indonesia sebaiknya menggunakan bahasa Inggris dan Indonesia. Karena kedua bahasa ini umumnya digunakan oleh orang Indonesia.

Apabila Anda ingin memilih bahasa lain, silahkan klik tautan: edit.Buat campaign adwordsTahap 6. Pengaturanbid strategy. Pada bagian ini Anda akan menentukan total anggaran per hari dan berapa nilai default bid (penawaran) maximum yang Anda izinkan untuk ad groups Anda. Default bid menentukan batas maksimum biaya CPC.

Ada dua cara pengaturan bid:

  1. Otomatis, Google yang akan mengatur bid untuk mengoptimalkan iklan Anda, menurut algoritma Google
  2. Manual, Anda yang menentukan dan mengatur sendiri jumlahnya.

Sekedar sekilas info biaya iklan Google Adwords per klik ditentukan berdasarkan semacam lelang. Mereka yang memasukkan batas bid yang lebih tinggi, memiliki kesempatan iklan mereka lebih sering tampil dan berada di posisi strategis. Akan tetapi tentu Anda ingin memperhitungkan keuntungan yang Anda peroleh dengan pengeluaran biaya marketing.

Buat campaign adwordsTahap 7. Ad extensions merupakan fitur tambahan pada iklan Anda, bebas biaya, bertujuan untuk memberikan tambahan informasi yang berguna untuk calon pelanggan, seperti alamat dan nomor telpon.

Salah satu kegunaannya, misalnya jika Anda mencantumkan alamat, kebetulan ada calon prospek yang melihat iklan Anda dan berpendapat, bahwa lokasi bisnis Anda ternyat dekat dengan mereka, mungkin itu bisa membuat mereka memilih Anda daripada kompetitor.

Ini adalah opsional apakah Anda ingin menggunakannya atau tidak.

Jika sudah selesai, silahkan klik tombol: save and continue.

Buat campaign adwords

Ad Groups

Halaman selanjutnya adalah pembuatan ad group. Pada halaman ini selain memberikan nama untuk ad group, Anda juga akan mengisi keywords, dan mulai membuat iklannya.

Isi ad group name: Dress.

Buat ad groups

Keywords

Silahkan tentukan keywords Anda. Sesuai dengan petunjuk yang sudah saya terangkan di pemahaman dasar di atas. Contoh-nya bisa sepeti di bawah ini.

buat keywords

Ads

Disinilah pembuatan iklan yang nantinya akan dilihat orang.

Sebuah iklan terdiri dari beberapa bagian yaitu:

  1. Headline, bagian yang digunakan untuk menarik perhatian orang.
  2. Description line 1&2, bagian untuk membangkitkan rasa ketertarikan orang.
  3. Display URL hanya untuk memberikan keterangan kepada pengguna, kemana mereka akan dibawa jika mengklik iklannya.
  4. Destination URL adalah url yang sesungguhnya.

Pada sisi kanan, Anda bisa melihat pratinjau iklannya. Bisa Anda lihat disana ada dua macam:

  1. Side Ad adalah pratinjau bila iklan tampil di sisi samping dari mesin pencari.
  2. Top ad adalah pratinjau yang terlihat memanjang bila iklan tampil di sisi atas dari mesin pencari.

Buat ads

Jika sudah, klik tombol: Save ad group.

Nah, sekarang Anda tinggal menunggu iklan Anda ditinjau pada hari kerja.

Perhatikan tidak semua produk atau jasa bisa diiklankan di Google Adwords, oleh karena itu perhatikanlah kebijakan dari Google Adwords.

———————————————————

Jika tutorial ini berguna, bagikanlah ke yang lain, klik tombol bagikan di bawah ini.
Bila ada pertanyaan, silahkan komen di bawah selama saya memiliki pengetahuannya, saya akan coba jawab.

Langkah 4
Memahami Istilah-Istilah di Tabel Adwords

Setelah Anda membuat iklan adwords pertama Anda dan iklan tersebut berjalan, tentu Anda ingin bisa memahami dan membaca hasil kinerjanya. Disini saya akan membantu memberikan penjelasan mengenai beberapa istilah-istilah yang ada pada tabel Adwords.

Berbagai istilah di tabel adwords

NO Istilah Penjelasan
1 Max. CPC Biaya per Klik Maksimum yang akan Anda tanggung bila seseorang mengklik iklan Anda. Anda menentukan ini saat memasukan bid di dalam ad groups.

Biaya CPC yang sesungguhnya bisa lebih rendah dari Max. CPC tergantung dari berbagai hal yang akan dijelaskan di bawah.

2 Clicks Jumlah klik yang telah Anda dapatkan.
3 Impr. Impression yang menunjukkan sudah berapa kali iklan Anda ditampilkan.
4 CTR Click Through Rate menunjukkan persentase keberhasilan iklan diklik.

Cara perhitungan:
CTR = Clicks / Impr. x 100%.
Contoh:
Kata kunci mendapatkan 5x klik, berarti Clicks = 5;
Iklan ditampilkan 100x, berarti Impr.=100;
maka CTR = 5 / 100 x 100% = 5%

5 Avg. CPC Average Cost Per Click adalah keseluruhan rata-rata Biaya per Klik.

Cara perhitungan:
Avg. CPC = Cost / Clicks.
Contoh:
Cost = Rp.1000.000,-;
Clicks = 1000;
maka Avg. CPC = Rp.1000,-

6 Cost Total Biaya per Klik + Total Biaya per Mil.
atau dengan kata lain:
Cost = Total CPC + Total CPMBiaya per Mil adalah biaya iklan per 1000x tampil.
7 Avg. Pos Menunjukkan ranking iklan/ ad rank Anda dibandingkan dengan iklan orang lain. Semakin tinggi ad rank Anda (ranking 1) , semakin baik posisi penempatan iklan Anda.
8 Label Digunakan untuk mengelompokkan kata kunci.

Penjelasan lebih detil

Ad rangking / ranking iklan (Avg. Pos.)

Inilah beberapa alasan mengapa Anda akan menginginkan ad rangking yang tinggi:

  1. CPC Anda akan menjadi yang lebih rendah (Google menghargai iklan yang baik).
  2. Penempatan posisi iklan yang lebih baik (di halaman pertama dan di atas)
  3. Iklan lebih sering tampil.

Lalu apakah yang menentukan ranking sebuah iklan?

  1. Besaran bid, yaitu besaran rupiah yang Anda rela bayarkan untuk sebuah kata kunci.
  2. Quality Score, ditentukan berdasarkan relevansi antara iklan, kata kunci, dengan landing page.
    Landing page adalah halaman yang akan dilihat oleh pengguna saat mereka mengklik iklan Anda.

Sebuah bid yang besar dapat dikalahkan oleh bid yang lebih kecil, bila quality scorenya lebih rendah.

Setiap kata kunci memiliki quality score.

Pada mula-mula di tabel belum ada kolom quality score. Untuk menambahkannya silahkan ikuti gambar berikut ini:

Kolom quality score

Cara perhitungan Quality Score

Quality Score dihitung setiap kali orang yang melakukan pencarian yang memicu munculnya iklan Anda. Faktor-faktor ini adalah penentu Quality Score Anda:

  1. Sejarah frekuensi klik pada kata kunci di iklan Anda.
  2. Sejarah frekuensi klik dengan display URL yang Anda gunakan.
  3. Sejarah akun Anda: CTR Anda secara keseluruhan dari iklan dan kata kunci di akun Anda.
  4. Kualitas landing page: Seberapa relevan, transparan, dan mudah dinavigasi (orang tidak dibuat susah mencari hal yang mereka cari.)
  5. Relevansi kata kunci dengan iklan: Seberapa relevan kata kunci dengan iklan Anda
  6. Relevansi kata kunci dengan pencarian: Seberapa relevan kata kunci Anda dengan pencarian pelanggan.
  7. Kinerja Geografis: tingkat keberhasilan akun Anda di wilayah yang menjadi target Anda.
  8. Kinerja iklan di situs-situs: tingkat keberhasilan iklan Anda di sebuah situs dan di situs yang serupa (Jika Anda menargetkan Display Network)
  9. Perangkat yang Anda targetkan: Seberapa baik kinerja iklan Anda di berbagai tipe perangkat yang berbeda desktops/laptop, perangkat mobil, dan tablet – Anda mendapatkan Quality Score yang berbeda untuk tipe perangkat yang berbeda

Saya ingin menyoroti no.5 dan no.6 yang menggarisbawahi kata relevansi inilah alasan mengapa disarankan setiap kategori barang di toko Anda dikelompokkan ke beberapa ad groups dan tidak menggabungkannya menjadi satu. Dengan demikian setiap ad groups bisa digunakan untuk mempromosikan satu hal tertentu dengan menggunakan kelompok kata kunci yang mirip atau berkaitan satu sama lain dan kata-kata kunci itu bisa dimasukkan ke dalam iklan Anda. Inilah yang dilihat oleh Google sebagai relevan, dan relevansi = pengalaman pengguna yang baik. Dan Google akan menghargai iklan semacam itu.

Arti Quality Score yang lebih tinggi

  1. Akan lebih mudah dan murah untuk sebuah kata kunci masuk ke sebuah lelang iklan.
  2. CPC yang lebih rendah.
  3. Semakin mudah untuk iklan Anda tampil di halaman pertama dari hasil pencarian.
  4. Posisi iklan yang lebih tinggi.
  5. Memungkinkan beberapa format iklan dan ad extention tertentu untuk bisa tampil. Sebab sebagian memerlukan Quality Score tertentu.
Iklan Istimewa
2 Mei, 2014 / 130 Comments / by / in
  • Ana says:

    Halo, mas Juan! Makasih udah mau share ini yaa.. Saya mau mastiin aja, penjelasan ini buat google adwords aja kan yaa?? Bukan adwords express?? Karena saya pernah coba pake adwords express dan merasa kurang maksimal..

  • Maikel Kristian says:

    kalau menggunakan manual payment, apakah harus topup saldo dulu?
    di dashboard saya muncul info seperti ini: Balance is exhausted – Your balance is exhausted, so your ads have stopped running. To get your ads running again, make a payment to add money to your account

  • suryo says:

    pernah dapat voucher adwords, cara pakenya gimana?

    Thank before

  • nanda says:

    om mau nanya kan saya iseng2 buat youtube nah di situ ada pilihan buat ngkutin google adword says ikutin petunjuk terus setelah di ikuti masukin nomilal setelah itu ga saya lanjutin mohon maaf apakah bakalan ada tagihan itu om kalo bukak adword ngegantung sampe data2 saya om apakah itu akan ada muncul tagihan om dan tigahan apa akan masuk ke email om terimakasih.

    • Juan says:

      Masang iklan itu lewat Google adwords. Tidak bisa lewat youtube.
      Kalau di Youtube, paling tawaran untuk menampilkan iklan orang lain. Kalau ada yang klik, dapat duit.

  • Muhammad januji says:

    Terima kasih banget gan ilmunya…
    Semoga allah membalas kebaikan untuk postingan ini.sangat bermanfaat sekali buat saya yg mau buat iklan di adword.pemula banget…

  • Jual Shaklee says:

    terima kasih atas ilmunya gan…

  • Jasa Iklan Google says:

    Terimakasih infonya mudah di pahami

  • Anton tri says:

    Thanks berat om juan untuk ilmu adwords nya!

    Ada beberapa yang mau saya tanyakan nih om,
    1. Untuk pembayaran manual menggunakan metode transfer, rata2 butuh berapa lama untuk bisa masuk dalam deposit?
    2. Jikalau kita pinjam kartu kredit teman, apakah selalu otomatis deposit habis
    3. Saya mau beriklan untuk iklan saya di laman o*lx.com apakah bisa?

    Thanks om..
    Visit web saya kalau mau liburan ke malang dan bromo ya http://www.trisewamobilmalang.com

  • Ega says:

    apa kah adwords bisa digunakan untuk vlog non-commercial? hanya sekedar untuk menambah jumlah subs ataupun peningkatan dalam pendapatan adsense.. tks mas

  • west borneo says:

    kita beriklan dlu tim google kh bg soal kita gx ad saldo masih binggung hari tuh tim google ad nelpn sya tpi kurang jelas tolong jawab bg binggung juga nih

  • Kaisar Ali says:

    Terimakasih banyak atas penjelasan tentang bagaimana cara membuat iklan di adword, kebetulan say amau praktek nih . thanks yaa :)

  • Galang Adhi Wirasto says:

    sangat lengkap dan mudah dipahami, makasih mas tips-nya

  • rahmat says:

    Mas saya mau nanya saya iseng iseng bikin blog terus liat adwords saya kira itu untuk datengin iklan saya isi formulirnya tp saya sadar pas suruh masukin nominal tarif iklannya pengisian formulir sudah 67% saya saya tidak melanjutkan pengisian formulir tersebut. Sudah 2 hari ini google email saya apakah akun saya sudah aktif? Saya takut tiba tiba ada tagihan. Mohon penjelasannya terimakasih.

  • Budi Santoso says:

    Artikelnya sangat membantu, kebetulan saya berencana mau beriklan di adwords,, yang saya ingin tanyakan mengapa gmail dan email google tidak bisa digunakan untuk adwords mas admin,, berarti kita harus punya email selain punya google ya.. mohon di balas mas admin…

  • Leader PayTren says:

    terima kasih mas juan sangat membantu.
    ask.
    tentang pembayaran via transfer bank.
    apakah bisa bayar lewat sms atau m banking.?
    bank apa saja yg bisa, bank BRI kira kira bisa gk.?

  • go kampung inggris says:

    bagus gan artikelnya, sangat membantu….thank’s

  • Pinjaman uang says:

    Kl tidak ada kartu kredit ada solusi lain tdk mas?

  • Bijukan says:

    Anda sudah bisa membayar menggunakan transfer bank. Hanya saja diperlukan waktu 5-10 hari hingga dana tercatat di akun.<<<< mas saya barusan daftar pake metode transfer bank. suruh transfer ke rekeningnya. nah tapi saya masih bingung gimana nanti konfirmasi setelah transfer? kan gak ada kode transfer atau berita acara "transfer untuk adword" misalnya. hmmm jadi bingung….

  • daud says:

    Artikelnya sangat bagus dan detail.

  • budiman says:

    bagus ski…artikelnya..sangat bermanfaat. ayo..terus berkarya..dan sukses selalu

    salam
    budiman

  • Firman says:

    Gan mau nanya. Ketika sy beriklan sya mau orang lansung masuk ke halaman tentang knowledge produk sy. Tp masalahnya tdk bisa Krn ada 3 kategori stlah web saya. Misal: sy ingin orang masuk ke artikel dgn alamt http://www.herbalantinarkoba.com/articles/read/11 nah itu tdk bisa Krn di iklan hnya ada 2 strep”/” seperti http://www.herbalantinarkoba.com/index/insite
    Tidak bisa 3 strep”/” bagaimana solusinya ya?

  • Raffli says:

    Mantab gan. Makasih banyak ilmunya

  • Dhiar Alfaruq says:

    Salam.. Terimakasih Mas Juan infonya sangat berguna banget, kbetulan sya rencana mau ngiklan di google, Oyaa.. mau tanya untuk pembayarannya dsitu bisa dng kartu debit transfer dana.. apakah itu berarti bisa tf langsung via intenet banking? Dan cara untuk menentukan besaran budget perhari gimana mas? terimkasih..

    • Juan says:

      Kalau bayar dengan internet banking transfer saya pernah dan bisa. Besaran budget per hari tiap bisa diset dari level per iklan atau per group (bisa dimasukin angkanya)

  • ahmaed saiful says:

    Mas dri masa saya memulai kan google adword saya..saya sudah mendaftar di google adword tapi saya masih bingung harus bemula beriklan nya dari mana tu y,,trima kasih

  • arief says:

    mas klo transfer bank bca bisa ga?

  • cigagaktour says:

    sore Gan, salam kenal aja..! makasih atas info nya cukup detail dan gampang di pahami nya

  • febrian says:

    Makasi mas artikelnya bermanfaat.. saya buat komen biar mudah di cari artikelnya..
    By the way saya mau nanyak ni mas..
    Misalnya Kita Beriklan dengan VCN seharga 100ribu dan ketika kita pasang iklan dengan anggarna 100ribu dan ad groupnya 1 dengan kata kunci yang sudah kita pilih, apakah pihak google membatasi kata kunci berdasarkan anggaran kita ya mas.. makasi mas atas jawabnnya…^-^

  • Handikahevn says:

    Sangat Bermanfaat mas Isinya cukup lengkap dari awal pembuatan akun hingga proses pembuatan iklan bahkan istilah – istilah dalam adword pun dibahas.
    Sebelumnya saya mau tanya, apakah Google Adword ini hanya diperuntukan untuk Web komersial atau mereka yang menjual produk – produk tertentu, ataukah adword bisa kita gunakan untuk promosi blog pribadi atau blog dengan niche download. .

    Terimakasih
    Ditunggu jawabannya

    • Juan says:

      Anda sebaiknya membaca peraturan mereka tentang website2 yang boleh diiklankan. Mengenai niche download saya kurang tahu, tapi kalau blog pribadi, boleh

  • Kuliah Perbankan Termurah says:

    bisa setor tunai bank ya Mas? atau baiknya pakai krdit card?
    Trus Proses di Approve oleh pihak Google brp lama?
    dan Tayangnya kapan setelah Pembayaran?

    maaf banyak tanya soalnya sy ingin mencobanya.

    Terima kasih Tutorial dan balasannya.

    sukses selalu Mas

    Salam dari kami:
    stiebbank.ac.id

    • Juan feju says:

      Transfer uang bisa, setor tunai… ya seharusnya bisa juga yah. Kalau pakai Credit Card lebih cepat masuk depositnya. Iklan yang dibuat cepat kok dimoderasi oleh Googlenya.

  • Made Dwi says:

    Gan, mau tanya. saya sudah ditahap pembayaran, tapi saya bingung harus bayar berapa ya?
    dan bagaimana supaya pihak google bisa tau kalau yang transfer itu dari saya gan. karena saya memakai metode pembayaran manual gan. mohon pencerahanya, terima kasih.

  • aDit says:

    makasihh infonya om..sangat bermanfaat..kemudian ada sedikit pertanyaan.. apakah google adwords ini cara beriklan dimana kita harus punya web terlebih dahulu ya? mohon pencerahannya..trims

  • mau tanya pak, untuk penarikan pembayarannya setiap bulan apa setiap tahun sekali…

  • Tini Rukmini says:

    Terima kasih atas informasi yang sangat bermanfaat ini

  • iis komariah says:

    Hai Mas Juan,
    Makasih atas infonya yang di share ini bermanfaat, terutama bagi saya yang baru mengenal dunia google adwords ini.
    ada yang ingin saya tanyakan yaitu:
    1. saya kan install aplikasi adwords di android saya, nah pada bagian billing ada current balance misalnya Rp. 16000, apakah itu jumlah uang yang harus saya bayar ke google adwords, ato yang saya hasilkan?
    karena saya memilih budget awal misal Rp. 1000 utuk per click
    2. apakah saya bisa menghasilkan uang dari google adwords , setiap ada yang masuk ke web/blog saya dan mengklik iklan di dalamnya?
    ataukah saya malah harus membayar?

    mohon pencerahannya.

    • Juan feju says:

      Halo mbak Iis, kalau saya baca pertanyaannya, sepertinya mbak Iis mencampuradukkan antara AdWords dan AdSense. Keduanya adalah produk Google tapi berbeda, meskipun ada keterkaitan.
      Coba di baca dulu: Beda AdWords dan AdSense
      Setelah itu coba diformulasikan lagi pertanyaannya. Soalnya sekarang saya tidak tahu mbak Iis sedang bicara AdWords atau AdSense.

  • Afif says:

    mas juan, menjelaskannya cukup jelas… ya jadi sedikit tahu tentang adword…. jadi pengen beriklan di adword,,,

  • VASnews says:

    sangat bermanfaat bagi saya yang gak ngerti apa”, thanks pak!!

  • haryanto says:

    Kenapa daftar adsense harus daftar adwords dulu pak.?

    • Juan feju says:

      Tidak perlu tuh? Kata siapa daftar AdSense harus daftar AdWords dulu? Itu dua produk yang terpisah.

      • Ogie says:

        ada tutorial google adsense kah mas?
        saya masih kebingungan cara pakainya, cari2 di google juga ngga sesuai sm judulnya

        • Juan says:

          Ad sih search aja artikelnya di dapur Uang. Akan tetapi mengenai hal apa? Dan Apakah sudah dapat akun AdSensenya?

  • afif says:

    Kadang rasanya kepengen, beriklan.. tapi masalahnya artikel saya masih sedikit dan masih takut kalau berhubungan dengan kartu kredit…

    • Juan feju says:

      Ini kaitannya dengan main adsense? Jangan. Soalnya biaya iklannya lebih mahal dari biaya dapat klik dari adsensenya. Tapi kalau untuk bisa mendapatkan lebih banyak email subscriber, boleh lah.
      Kalau menggunakan kartu kredit asal jangan lewat bayar aja. Bunganya bisa mencekik.
      Coba baca: Akibat Tidak Bisa Bayar Kartu Kredit
      Jadi mesti apik pakainya.

      Ngomong-ngomong dah bisa kok pakai tranfser bayarnya. Cuma agak lama saja kliringnya.

  • Maula says:

    Terimakasih. Sangat membantu.

    Sukses terus buat bisnis Anda pak Juan :)

  • essova says:

    wah komplit penjelasannya untung baca dulu di sini…hehheeee
    karena saya dapat tawaran dr youtube di video yang saya uploud ttg “google adwords” ini. saya pikir mo di kasih duit sama google or youtube ternyata abis baca ini malah kita yg bayar dalam bentuk iklan yg akan di tempelkan. betulkan kesimpulan saya ini? ;)
    makasih info nya

  • Weww, mantap share nya Pak. Eniwe, terima kasih banyak atas ilmu yg dibagikan. Salam

  • alek yusuf says:

    Terima kasih boss . . .” Panjang umiur dan sukses selalu “

  • Nur says:

    Terimakasih Gan artikelnya sangat bermanfaat, Singkat dan Mudah Dipahami :) Nuwun

  • Wah, sumpah mas, saya lagi nyari tentang adwords banget! Terima kasih banyak mas infonya, gratis lagi :) Saya mau nanya nih mas, berarti kemungkinan terbaik adalah membayar dengan kartu kredit yah? Dan untuk perkiraan iklan satu bulan, butuh 1.000.000 rupiah mas? Kurang atau lebih? Dijawab yah mas, mampir kalau sempet http://raholia.blogspot.co.id/

    • Juan feju says:

      Saya belum ngecek-ngecek lagi apakah Google sudah menyediakan alternatif pembayaran lain. Yang pasti sih CC. Rp.1000.000 kurang atau lebih, itu tergantung. Ibarat gaji 1jt, belanjanya mau bagaimana, bijaksana atau boros. Karena biaya iklan ini tergantung lelang/persaingan. Kalau target kata kuncinya kompetitif, maka untuk bisa tampil paling atas harus bayar lebih mahal. Otomatis biaya pengeluaran lebih besar.

      • Oh, itu mas saya baru baca kalau sekarang katanya kita bisa transfer bank pakai nomor billing. Tapi saya gak ngerti mas hehe. Saya sudah mengerti cara beriklannya, tinggal proses pembayarannya saja saya kurang paham mas. Jadi yang terbaik pembayarannya pakai jalur apa? Ingin sekali saya pakai adwords buat dongkrak pendapatan adsense saya mas. Terima kasih jawabannya :)

        • Juan feju says:

          Saya rasa mana saja yang penting transaksi beres, dan bisa beriklan :). dapur Uang juga bisa beriklan lho. Tapi harus produk atau jasa. Tidak bisa website.

  • Hedy Risman says:

    terima kasih, sangat jelas sekali. tetapi dimana letak penempatan negatif keywordnya?

  • faikul says:

    Ini info yang tak tunggu2. Makasih banget gan, ngga’ sabaran ingin langsung nyicipin.

  • masaryshop says:

    artikelnya luar biasa om,saya pingin nyoba google adword tapi blum berani takut tagihanya banyak,he he hhe

  • lisson says:

    makasih,boss gw suka..ni info

  • risda subada says:

    info yang sangat bermanfaat terima kasih banyak gan. bisa contohkan keyword dan iklan untuk bisnis travel gan. terima kasih sebelumnya

    • Juan feju says:

      Saya tidak contohnya. Tapi Anda bisa research menggunakan Google Keyword Planner. Tools yang tersedia di Google Adwords. Salah satu trik yang bisa Anda gunakan adalah pada saat mengisi URL landing page, Anda bisa gunakan landing page situs-situs yang berkaitan dengan hal tersebut. Biasanya nanti bisa muncul keyword yang di luar dari biasanya.

      Kelemahan dari Google Keyword Planner adalah ia selalu menyarankan kata kunci yang sama kepada semua orang. Hal ini menyebabkan kata kunci menjadi banyak persaingan. Dengan trik di atas, bisa membantu sedikit menemukan kata kunci relevan yang rendah kompetisi.

  • azis says:

    maaf saya masih kurang faham, cara mendaftarkan web saya yg mau di iklaninnya di bagian mana ya? terimakasih sebelumnya

    • Juan feju says:

      Tidak perlu mendaftarkan web. Tinggal buat iklannya. Di dalam pembuatan iklan akan ditanyakan URL landing pagenya.

      • ntok says:

        apakah klo kita gak punya web tp hanya link URL dari affiliate (dr akun kita) dapat di iklan langsung ke adwords. trimakasih sudah nulis artikel ini. pasti sangat bermanfaat.

        • Juan feju says:

          Secara teknis sih bisa saja. Tapi mengenai kebijakan Google berkaitan dengan mengiklankan produk afiliat saya kurang paham.

  • Terimakasih bang Juan Feju, Sangat bermanfaat tutorialnya dan saya sudah terapkan ilmu dari bang juan dari awal sampai akhir. semoga iklan saya bisa efektif. Thanks a lot. visit back bang http://www.commodorefootwear.com

  • John says:

    Pak Juan Feju selamat sore, untuk biaya adwords nya gimana ya? Terima kasih Pak.

  • mau pasang iklan di google, masih mikir2 dulu biaya nya hehe

  • sugih says:

    tutorialnya bermanfaat mas, kebetulan saya lagi mau belajar usaha di teespring mudah2an bisa sukses dengan iklan adwordnya, thanks mas.

  • arman says:

    Mantap mas tutornya. Kbetulan sy lg nyari2 tutor ttg cara iklan di adwords. Krn ada temen yg minta tlg utk mengiklankan web.nya di adword. Stelah sy menemukan artikel ini, jelas sudah langkah yg akan sy lakukan. Makasih sudah berbagi. Smg ilmunya jadi amal jariyah ya. Aamiin..

  • Ita Maulani says:

    Wah, tutorialnya sangat lengkap. Saya beruntung menemukan artikel Anda. Saya akan mencoba menggunakan adwords. Ya, seperti Anda katakan, jika ingin sukses memasarkan suatu produk, kita harus memasang iklan. Tak ada jalan lain. Ya, saya akan coba dengan panduan artikel Anda. Semoga bisa sukses.

    • Juan feju says:

      Semoga berhasil dengan marketingnya. Panduan ini hanyalah awal saja. Masih ada segudang ilmu tentang AdWords yang bisa Anda pelajari untuk menambah success rate. Semoga laku dagangannya, Ita.

  • raka says:

    materinya sangat membantu om. kebetulan sedang belajar buat iklanin web rental.

  • nizamica says:

    mantap mas tutorialnya, ane udah coba untuk iklankan website ane : Berita MotoGP doain semoga berhasilnya.

  • terima kasih , saya akan coba mbak

  • yoga says:

    Topiknya lngkap n keren om..saya mau tanya kalo adwords efektif gk ya untuk cpa affiliate??
    Saya masih newbie soalnya

  • cakramahkota says:

    postingan yg menarik

  • zulfa says:

    makasih gan nice , langsung praktek nih

  • epulkatama says:

    Itu masalahnya, pake kartu kredit, apakah ada jalan lain selain pake kartu kredit, ataukah ada cara mudah untuk mendapatkan kartu lredit. Mohon sharingnya mas :d

  • and95 says:

    makasih gan, thx infonya | and95

  • ronny says:

    Mantap gan tutorialnya..
    Pengen nyoba iklan di adsense.
    Untuk menentukan keyword yang efektif caranya gimana gan biar tertarget, Nuhun,

    http://herbalindonesiaku.com

  • Makasih gan semoga bermanfaat

  • Zee says:

    Terima kasih atas kebaikan anda untuk membagi informasi yang mudah dicerna ini secara cuma-cuma (exclude web ad of course :) ) di mana banyak orang lain yang memilih untuk menjadikan materi ini ebook seharga ratusan ribu, atau seminar jutaan rupiah :)

  • wahh,.. super sekali gan,.. tutorialnya, jadi semangat pingin ngiklan di adwords nich,… terima kasih.
    Star-Pulsa

  • Selamat pagi pak, ketika prtama kali daftar adsense, saya ditolak katanya terlalu banyak memuat gambar. Jadi gimana solusinya, padahal blog saya ttg tutorial.

    • Juan feju says:

      Banyak kok orang yang ditolak pada saat pertama kali daftar. Jadi santai saja. Soalnya kecuali trafik dah ribuan, dan nichenya semakin mendekati ranah produk/komersil, penghasilannya paling receh, gak cukup buat hidup. Lakukan perbaikan dan daftar lagi.
      Nah, mengenai kata AdSense… ya itu…tambahin kata-katanya. Sebab AdSense kan menggunakan isi konten untuk menentukan iklan apa yang akan dimunculkan.

  • Laura says:

    Terima kasih banyak ya Pa, infonya berguna skl…Tuhan berkati

  • Andri says:

    ane dpt email dr google n dpt kupon adwords gratis , gmn tuh ?

    • Juan feju says:

      Kalau kuponnya asli, silahkan gunakan. Google memang kadang membagikan kupon, untuk menarik orang mulai menjajal AdWords.
      Yang pasti dengan kupon itu setahu saya Anda tidak perlu keluar biaya apa pun.

  • Mazkit says:

    Makasih informasinya bang, sangat membantu sekali untuk saya. Tadinya saya pikir Adwords ini gratis, ternyata berbayar toh… he

  • aris says:

    pengen jg pasang iklan

  • SOFA-17 says:

    apakah ada cara arternatif lain selain menggunakan kartu kredit ? contohnya dengan melakukan pembayaran melalui Rek.BRI ??

  • kusuma wirya says:

    Mao tanya kenapa email sy ditolak waktu mao daftar adword ya.
    Mohon petunjuk kang.
    Hatur nuhun

  • kusuma says:

    Terima kaasih info nya, , ada sedikit masalah waktu sy mao daftar iklaan di adword kenapa ditolak ya email sy.
    Mohon infonya. Trimas

  • Juan Feju says:

    Salam kenal juga.

  • makasih dapur-uang.com buat review gmn cara pasang iklan di GA. Kebetulan pgn jg pasang iklan. Salam Kenal ia http://www.beautywater.id/produk/harga-beauty-water-dan-strong-acid/

  • bongseo says:

    saya lagi mempelajari adwords gan , agak susah bagi saya yang belum pernah mencoba, kalau bisa sih gan kasih juga tutor nya biar mudah dimengerti, makasih gan visit back gan tas laptop

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *