Cara Beli Tiket dan Naik Kereta di Jawa

posted in: Cara | 0

Entah Anda hendak berwisata atau harus ke luar kota untuk urusan bisnis, kereta api adalah salah satu alternatif transportasi yang dapat Anda pertimbangkan.

Bagaimana cara naik kereta api? Tentu ini adalah pertanyaan bagi Anda yang belum pernah menggunakan moda transportasi ini.

Cara booking tiket kereta api

Dengan perbaikan manajemen dan teknologi di PT.KAI sekarang Anda tidak perlu mengantri di loket. Anda sudah bisa jauh-jauh hari memesan tiket untuk tujuan Anda.

Untuk booking siapkanlah KTP/SIM/Pasport/bukti identitas lainnya. Reservasi memerlukan nomor identitas. Selanjutnya lakukanlah booking via:

  1. Online
    Anda bisa memesan maksimal H-90 s/d H-2 (48jam) sebelum jam keberangkatan di situs resmi PT.KAI. Lewat dari waktu itu, tombol booking akan hilang dan Anda harus menggunakan situs lain untuk pemesanan, misalnya ticket.com

    Reservasi tiket di situs PT KAI
    Reservasi tiket di situs PT KAI

    Nanti Anda akan mendapatkan informasi pemesanan tiket di email. Catat kode bookingnya. Di stasiun cari lokasi dari Cetak Tiket Mandiri (CTM).

    Cetak Tiket Mandiri
    Cetak Tiket Mandiri

    Di TKP Anda akan melihat beberapa deret monitor layar sentuh, dan tepat di bawahnya terdapat printer. Masukkan kode booking Anda di layar, maka tiket Anda akan dicetak di tempat.

    Cetak tiket di CTM
    Cetak tiket di CTM

    Apabila Anda berangkat dari stasiun kecil, misalnya Bumiayu, dsb. CTM tidak tersedia. Biasanya Anda tinggal menuju penjaga yang berjaga-jaga di dekat pagar pintu keluar masuk area peron. Nanti dia yang akan mencetak tiket untuk Anda.

  2. Offline
    Anda juga bisa memesan di tempat-tempat seperti Alfamart atau Indomaret. Akan tetapi batas waktu pemesanan adalah antara 00.00 – 23.00.
    Setelah pembelian, biasanya kasir meminta Anda agar mencetak tiket satu jam sebelum keberangkatannya. Itu tujuannya agar Anda tidak terlambat. Kalau Anda berangkat dari stasiun kecil yang tidak ramai, mencetak tiket lima menit sebelum keberangkatan pun masih bisa.

Jika tiket sudah di tangan, carilah tempat orang mengantri untuk keberangkatan. Biasanya Andsa melihat banyak orang berbaris untuk memasuki suatu gerbang. Di atasnya terdapat nama-nama dari kereta api yang akan Anda gunakan.

Di stasiun bawalah no. identitas yang Anda gunakan untuk memesan tiket. Sebab akan dilakukan kontrol pencocokan di beberapa titik sebelum naik ke kereta api.

Mencari gerbong dan tempat duduk

Jika sudah melewati gerbang, saatnya Anda masuk ke dalam kereta. Kereta api terdiri dari beberapa gerbong. Anda perlu menaiki gerbong yang benar. Jika Anda bingung dengan kode yang tertera di tiket Anda bisa tanyakan kepada petugas yang berjaga-jaga.

Jaga tiket kereta jangan sampai hilang. Sebab nanti di kereta, tiket tersebut akan dilubangi oleh petugas.

Penutup

Di kelas ekonomi biasanya duduknya berhadap-hadapan dan pada dasarnya tidak cukup ruang untuk kaki. Anda harus saling bersilangan kaki dengan sesama penumpang di depan Anda. Jarak kursi pun cukup dekat, sehingga biasanya terjadi percakapan.

Kelas bisnis terasa lebih nyaman dibandingkan kelas ekonomi. Selain tempat duduk yang lebih empuk, tersedia colokan listrik. Tempat untuk menaruh barang berbagi hanya dengan dua orang saja.

Contoh gerbong kelas bisnis kereta Fajar Utama Yogyakarta
Contoh gerbong kelas bisnis kereta Fajar Utama Yogyakarta

 

Tersedia ruang yang cukup luas untuk kaki
Tersedia ruang yang cukup luas untuk kaki

Untuk mendapatkan tiket murah, sebaiknya Anda melakukan booking. Jika tidak, mungkin tersisa hanya tiket yang lebih mahal.

Biasanya  harga tiket untuk destinasi yang lebih jauh, sama dengan tiket destinasi yang lebih dekat. Tampaknya perhitungan harga tiket kereta apai dirata-rata. Misalnya harga tiket di Pasar Senen РBumiayu sama dengan rute Pasar Senen РSurabaya.

Khusus di Jakarta, stasiun bus Transjakarta dibangun di dekat stasiun kereta api. Sehingga Anda bisa dengan mudah dan nyaman menuju TKP

Ok, semoga informasi ini cukup membantu Anda yang hendak melakukan perjalanan dengan kereta api.

Leave a Reply