Cara Menghasilkan Backlink Selain Membuat Konten yang Menarik

posted in: Blog | 0

Backlink berkualitas adalah penentu utama yang menempatkan blog atau situs kita berada di urutan teratas dalam hasil pencarian mesin peramban.

Kenapa kita ingin berada di urutan paling atas? Karena hasil pencarian teratas adalah yang selalu dilihat orang terlebih dahulu. Sebab yang teratas merupakan hasil pencarian yang paling relevan.

Untuk menghasilkan backlink berkualitas metode yang paling disarankan oleh Google adalah dengan membuat konten (artikel, e-book, video, dll.) yang menarik dan bermanfaat bagi orang. Sehingga orang mau membuat backlink ke kita atau membagikannya dengan yang lain.

Kita semua tahu membuat konten yang bagus itu memerlukan kreativitas, pengetahuan, waktu, dan kerja keras. Lalu pertanyaannya apakah ada cara lain untuk menghasilkan backlink?

Matt Cutts, kepala webspam Google tetap menekankan, bahwa membuat konten adalah tetap jalan yang terbaik, tetapi ada hal-hal lain yang bisa dilakukan di seputar pembuatan konten itu sendiri yang masih berkaitan.

1. Menciptakan kontroversi
Dengan cara “menyerang” orang atau perusahaan, dengan menjadi hater dan menyuarakan ketidaksukaan atas sang target.

Menurut Matt ini adalah cara yang paling buruk untuk menghasilkan backlink. Meskipun hal ini bisa bekerja untuk si pelaku, tapi tidak menyenangkan bagi orang lain.

Jadi sesekali saja mungkin tidak apa-apa. Sebab mungkin awalnya orang akan memperhatikan, tapi lama-lama mereka akan menjadi jenuh.

2. Berpartisipasi di sebuah komunitas dan membantu orang.
Ini bukan bearti menyebarkan spam di berbagai blog atau forum, tetapi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan. Sehingga orang menjadi senang dan lebih terbuka untuk membuat backlink ke situs kalian.

3. Membuat penelitian sendiri.
Sebagai contoh: seseorang membandingkan seberapa baik beberapa webmail yang berbeda dalam pencegahan spam. Ia melakukan perbandingan selama sebulan, mendapatkan datanya, lalu memblognya. Dari hasil tulisan tersebut banyak orang yang membuat backlink kepadanya.

4. Newsletters.
Jika sudah ada orang-orang yang mengunjungi blog kalian, permudah agar informasi atau artikel itu muncul di inbox, ini akan menambah traffic dan konversi.

5. Social media.
Pikirkan dimana orang menghabiskan sebagian besar waktunya, dan pergilah ke sana. Jika orang menghabiskan waktunya 5 jam sehari di Facebook, mungkin sebaiknya kalian juga perlu ke sana.

Karena mengenal mereka juga akan ada manfaatnya dalam berbagai bentuk, mungkin suatu hari kalian bisa di undang untuk bebicara di sebuah konferensi. Kalau kalian sampai diundang di depan orang banyak, pasti kalian akan mendapatkan banyak backlink. Sebab orang akan memblog secara live. 

6. Membuat daftar.
Ini sama lemahnya dengan menciptkaan kontroversi. Misalnya: menulis artikel: 50 Cara untuk Membangun Backlink. Meskipun ada saja orang-orang yang akan melihat dan membuat backlink. Tapi lama-lama orang akan bosan. Sesekali saja tidak apa-apa.

7. Membuat blog.
Membuat blog itu mudah, dan kalian tidak perlu selalu memperbaruinya.

Kalian bisa menggunakan Tumblr atau Posterous atau lainnya. Tidak perlu ada perawatan aplikasi.

Blog adalah kartu bisnis kalian.

8. Memberikan jasa atau membuat produk yang berguna.
Misalya membuat ekstensi Firefox, WordPress plug-ins, jasa yang orang ingin coba.

Open-source juga sesuatu yang bagus hingga orang banyak yang berterima kasih karena gratis dan beberapa dari mereka akan membuat backlink ke kalian.  Jadi lakukan satu kali pekerjaan dan dapatkan hasilnya terus-menerus.

9. Desain web yang baik.
Pastikan situs Anda memiliki arsitektur yang bagus dan mudah dijelajahi, URL-nya bisa dibookmark. Pastikan Google bisa mendapatkan semua halaman di situs kalian.

10. Buat beberapa video.
Orang bisa mendapatkan sesuatu yang berguna dan menontonnya kapan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.