Cara Mengeja Huruf di Telpon

posted in: Cara | 0

Kala Anda mengeja huruf di telpon seringkali ada beberapa huruf yang keliru didengar oleh lawan bicara. Karena ada pelafalan bunyi yang mirip satu sama lain, misalnya: B dengan D, G dengan J, dsb. Ditambah dengan kualitas suara telpon yang mungkin tidak jernih, suaranya kecil, atau sebagian orang punya kebiasaan bicara kumur-kumur.

Untuk menghindari kekeliruan orang biasanya menyebutkan kata-kata tertentu sebagai perwakilan dari huruf tertentu, misalnya Charlie untuk C, Tango untuk T, dst.

Pengetahuan ini penting sekali karena saya ingat, dulu saya sempat bingung ketika ketika lawan bicara tiba-tiba berkata-kata dengan kode-kode ini. Waktu itu saya tidak mengerti dan berpikir, “Nih orang bicara apa?”. Demikian juga sebaliknya ketika saya hendak mengeja untuk lawan bicara, saya lupa kode-kodenya. Akibatnya komunikasi terganggu.

Berikut adalah kode-kode yang umumnya digunakan saat mengeja di telpon:

A = Alpha
B = Bravo
C = Charlie
D = Delta
E = Echo
F = Fanta
G = Golf
H = Hotel
I = India
J = Juliet
K = Kilo
L = Lima
M = Mama
N = November
O = Oscar
P = Papa
Q = Queen
R = Romeo
S = Sierra
T = Tanggo
U = Ultra
V = VIctor
W = Whiskey
X = X-Ray
Y = Yankee
Z = Zebra

Tidak tertutup kemunginan Anda juga akan mendengar orang menggunakan kata-kata lain sebagi kode. Kadang di tiap negara pun punya kodenya masing-masing.

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa kode-kodenya banyak yang menggunakan istilah luar negri. Itu karena awal mulanya, pihak yang mulai menggunakan dan bahkan menstandarisasi adalah orang luar negri.

Leave a Reply