Wordpress Indonesia

Cara Membuat WordPress Anda Berbahasa Indonesia

posted in: Blog | 7

Sebagian orang mungkin akan merasa lebih nyaman jika WordPress-nya bisa berbahasa Indonesia atau mungkin bahasa lain. Lalu bagaimana cara merubahnya?

Catatan singkat: Instruksi di bawah ini diperuntukkan bagi Anda yang sudah memiliki pengetahuan dasar tentang WordPress dan pengaturan file WordPress di hosting Anda.

Nah, selanjutnya untuk merubahnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Edit file “wp-config.php”. Posisi file ada di direktori tempat Anda menaruh blog Anda. Edit file tersebut dan cari:
    define(‘WPLANG’, ”);
    ganti ke:
    define(‘WPLANG’, ‘id_ID’);
    Dengan demikian WordPress akan tahu, bahwa Anda ingin WordPress berbicara Bahasa Indonesia.
  2. Instal dan aktifkan plugin Codestyling Localization.
    Setelah selesai nanti di menu “Tools” akan muncul sub menu tambahan, yaitu “lokalisasi”.
  3. Selanjutnya klik Tools > lokalisasi.

    Lokalisasi Bahasa
    Terjemahan untuk interface WordPress masih kosong
  4. WordPress Anda saat ini sebagian besar masih belum beralihbahasa, karena terjemahannya belum ada. Perlu diketahui setiap plugin, theme, dan admin interface terjemahannya terpisah sendiri-sendiri.
    Untuk penerjemahan Interfacenya Admin WP bisa diunduh datanya dari http://svn.automattic.com/wordpress-i18n/id_ID/l10n/
  5. Unduh file zip: l10n-wp-id_ID-3.3.zip
    Di dalam zip tersebut terdapat terjemahan untuk interface-nya Admin WordPress dan theme twentyeleven dan twentyten.
    Jika Anda hanya memerlukan terjemahan untuk interface salin saja semua file (semua bahasa) yang ada di direktori: wp-content/languages ke direktori yang sama di WordPress di hosting Anda.
    Apabila Anda ingin menghemat tempat dan hanya memerlukan bahasa Indonesia saja, maka salinlah file id_ID.po dan id_ID.mo saja.
    Bila Ada yang tidak berkenan dengan hasil terjemahannya Anda dapat menyuntingnya langsung di WordPress tanpa harus utak-utik dari C-Panel atau S-Panel.

Merubah bahasa di WordPress juga akan menjadi penting kalau Anda memutuskan untuk menggunakan WordPress E-Commerce untuk berjualan, dengan demikian calon pelanggan dapat berinteraksi di toko Anda dalam bahasa Indonesia.

Ada pertanyaan silahkan komen?

7 Responses

  1. muh. jasmin

    Bisa tidak terjemahan bahasa Indonesianya yang salah dibetulkan secara manual? Kalo bisa mohon pecerahannya. Terima kasih

    • Juan

      Bisa. Anda bisa menggunakan plugin loco translate. Jadi Anda bisa mengubah file terjemahannya langsung di WP. Atau Anda bisa menggunakan POedit. Kalau Poedit Anda instal softwarenya di dekstop. Download file terjemahannya, dan lakukan editing, lalu upload lagi.

  2. Rieko

    Salam pak Juan, makasih buat file id_ID.po dan id_ID.mo nya. Saya sudah salin file tsb ke direktori /wp-content/plugins/woocommerce/i18n/languages/ tapi interfacenya belum berubah. Saya salah dimana ya? Ini terjemahan untuk WooCommerce kan?

    • Rieko

      Pak kalau boleh tau kenapa ya file .mo nya gak bisa di generate, jadi kondisinya file .po saya rescan, trus warnanya jadi hijau, saya klik edit, setelah selesai saya klik generate .mo, tapi hasilnya file .po jadi merah lagi

    • Rieko

      Owh sudah pak, problem solved, ternyata Wordprress sudah mengeluarkan update-an terbaru bahasa Indonesia

    • Juan feju

      Sebagai tambahan, berdasarkan pengalaman saya, apabila sudah melakukan penambahan atau pengeditan terjemahan, filenya sebaiknya di backup. Sebab apabila WordPressnya diupdate, nanti akan tertiban lagi oleh file bahasa dari plugin yang versi baru. Akibatnya hasil kerja hilang.

Leave a Reply