Beda Koil YZ125 Yamaha Asli VS Palsu

posted in: Ulasan Produk/Jasa | 2

Koil YZ125 keluaran garpu tala konon banyak diburu karena kemampuannya untuk meningkatkan performa motor 4 tak dan penghematan BBM. Oleh karena itu barang KW nya pun banyak beredar. Mereka yang awam menjadi sasaran empuk bagi penjual yang ingin mencari uang secara tidak jujur.

Di Tokopedia cukup banyak yang menjual Koil YZ125 palsu. Tentu saja mereka menggunakan berbagai cara untuk membuat seolah-olah barang dagangannya asli. Bahkan sampai ada orang yang memberikan ulasan “1000% asli!”

Barang palsu semakin ke sini semakin mirip dengan aslinya. Kalau mau pakai mata dan melihat ciri-ciri fisiknya susah dibedakan.

Saat artikel ini turun, bagian yang masih sulit untuk ditiru adalah stiker di packaging. Kalau dulu cuma urusan kertas coklat ada atau tidak, kemudian spare partnya pun masih mudah dilihat dustanya secara visual, sekarang ciri-cirinya hanya ada di stiker. Sekilas serupa tapi tak sama. Berikut penampakannya, silahkan diklik untuk diperjelas:

Kiri stiker asli, kanan stiker palsu

Pada stiker asli VS palsu:

  1. Di stiker asli (kiri), pada bagian bawah tulisan “2500 SHINGAI IWATA SHIZUOKA JAPAN” terdapat semacam garis. Itu bukan garis biasa, melainkan tulisan “YAMAHA” yang berentet dan sangat kecil (kiri). Stiker palsu tidak ada (kanan). Tulisan “YAMAHA” ini sangat kecil. Kalau Anda pelototi pun tidak kelihatan tulisannya. Kecuali Anda coba foto pakai HP.
    Mengapa tulisan ini sulit dipalsukan? Karena mesin cetak biasa, sangat amat susah untuk bisa mencetak sekecil itu dan ketika dizoom masih terlihat jelas.
  2. Jika dibandingkan 2 gambar di atas, pada stiker asli (kiri) tulisan kata “YAMAHA YAMAHA YAMAHA” yang berwarna merah dan ditiban angka “1 PC”, panjangnya hanya sampai di awal garis minus kedua dari kode 4SS-82310-….. sementara yang palsu kepanjangan.
  3. Silahkan perhatikan juga posisi barcode kecilnya relatif terhadap kode barang atau pinggir stiker.
  4. Di stiker palsu (kanan) juga terdapat angka “1”, sementara stiker asli (kiri) tidak.

Untuk lebih jelas silahkan lihat video untuk stiker YZ 125 asli.

Semoga dengan informasi ini Anda dapat selalu terhindar dari kerugian akibat penipuan.

2 Responses

  1. Rizky R

    Saya cari di tokopedia, rata2 tulisan yamaha yamaha yamaha merah cenderung melewati garis strip kedua, serta type jenis font angka nya berbeda dengan yg di video, tetapi tidak ada angka 1 dan barcode cenderung ke arah kanan stiker, apakah itu bsa d katakan palsu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.