Cara Melewati 1001 Alasan Valid yang Membunuh Bisnis

posted in: Bisnis | 0

Ketika Anda menjalankan bisnis pasti ada sejuta rintangan yang menghadang. Semuanya ingin menarik Anda jatuh ke bumi. Rintangan itu ada yang memukul, mencekik, atau mengunci Anda hingga tidak bergerak.

Ada 1001 alasan yang akan membuat bisnis Anda gagal. Dan semua alasan itu valid. Masalahnya jika Anda menggunakannya, maka mereka akan membunuh bisnis Anda.

Ibarat seorang yang buntung berkata, aku tidak bisa melukis karena tak ada tangan. Itu alasan valid banget. Namun kalau ia gunakan, maka ia tidak akan melukis. Akan tetapi bagi yang tidak menggunakannya akan mencari cara lain.

Di lautan PASTI ada badai dan batu karang tajam yang bisa menghancurkan kapal Anda. Ada kalanya laut menggila dan ingin mengoyak-ngoyak kapal Anda.

Ada satu hal yang bisa menyelamatkan Anda, yaitu:

Kemampuan Anda dan tim Anda bernavigasi

Kemampuan navigasi Anda dan tim akan ditentukan dari ilmu dan skill kalian. Semakin kalian tahu caranya, maka semakin kalian lihai menghindari jebakan.

Masalah di bisnis tidak akan pernah menjadi lebih mudah. Namun demikian orang-orang di dalamnya selalu bisa menjadi lebih baik.

Seraplah ilmu dari orang yang sudah melakukannya.

Menyerap ilmu dari orang lain itu lebih murah harganya, daripada Anda mencoba-coba sendiri. Karena setiap kesalahan ada harganya. Dengan belajar dari orang lain akan lebih hemat waktu dan biaya.

Memang ada kalanya kita merasa sedang menghadapi tembok besar. Sampai kita nangis-nangis tengah malam sendirian. Rasanya sudah semua usaha, ilmu dikerahkan, tapi tembok tak terlompati.

Saya mungkin ada satu logika yang bisa memberikan Anda harapan.

Kalau bisnis Anda belum sebesar McDonald, Lego, Tokopedia, Amazon, Alibaba dan sebagianya. Jawaban dari masalah Anda pasti ada di luar sana. Karena perusahaan sebesar mereka pasti sudah melewati masalah yang Anda hadapi. Jika mereka sudah berhasil lewat, berarti ada jawabannya. Anda perlu mencari.

Semoga artikel ini dapat menginspirasi Anda dan terus maju di bisnis Anda.

Leave a Reply