Share

Angka 0 di Tombol Share Bisa Berdampak Buruk Bagi Artikelmu

posted in: Blog | 1

Manusia cenderung mengikuti apa yang dilakukan oleh kelompok manusia lainnya. Jika blog kamu kelihatannya tidak dishare oleh orang lain, maka yang lain mungkin juga jadi enggan membagikannya. Lalu bagaimana mengatasi hal ini?

Ada satu masalah umum yang selalu terjadi dengan blog baru: ShareTidak banyak yang membagikan kontennya. Kecilnya angka pada bagian share akan memberikan kesan, bahwa konten ini dianggap tidak bagus oleh sebagian besar orang. Dari sisi psikologi, hal ini kurang menguntungkan.

Kamu tidak sendiri, saya juga mengalaminya.

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa umumnya manusia akan melakukan apa yang dilakukan oleh sekelompok manusia lain, bahkan meskipun hal itu salah. Percobaan tersebut dapat kamu lihat di video di bawah ini.

Jadi kalau angka share kamu kelihatan kecil, bisa saja membuat yang orang jadi enggan membagikannya, karena dia pikir jangan-jangan menurut orang lain tulisan ini tidak menarik dan dia akan kelihatan bodoh kalau membagikannya .

Pengaruh bukti dukungan sosial ini juga digunakan oleh situs media besar seperti mashable.com. Daripada mereka memperlihatkan angka share di FB berapa, di twitter berapa, mereka menggabungkan semuanya ke dalam satu angka untuk memperlihatkan kekuatan dukungan.

Mashable share

Cara ini juga digunakan seorang entrepreneur online yang berhasil, Pat Flynn di blognya smartpassiveincome.

Pat Flynn shareBelajar dari mereka, oleh karena itu blog saya juga menggunakan sebuah plugin yang menyerupai keduanya di atas, namanya: Social Share Starter by KK.

Social share starter kk

Alasan saya membagikan informasi mengenai plugin ini adalah karena sudah sejak lama saya mencari plugin seperti ini, dan akhirnya menemukannya. Saya yakin kalau saya sendiri mengalami kesulitan mencari, pasti ada juga orang lain yang sama seperti saya. Mungkin info ini juga bisa berguna untuk kamu.

Menurut saya Social Share Starter by KK adalah plugin yang bagus. Karena selain dapat melakukan hal seperti yang dilakukan oleh kedua situs di atas, saya dapat menentukan kapan angka dukungan sosial itu saya munculkan. Jika batas itu belum tercapai, setidaknya tidak ada angka 0 yang dapat memberikan kesan kurang sedap untuk blog saya.

Proses konfigurasinya juga terbilang mudah, hanya memerlukan waktu sebentar untuk bisa memahami. Saya suka itu.

Plugin Social Share Starter by KK harus diunduh langsung dari situsnya.

Saya tidak mengatakan, bahwa dengan plugin ini akan membuat artikel blog kamu lebih banyak dibagikan atau ditweet oleh lebih banyak orang. Pastinya ada banyak elemen yang membuat sebuah artikel itu disebar oleh orang lain. Seperti relasi antara kamu dengan pembaca kamu, judul artikel, kualitas konten, apakah artikel kamu membuat pembaca kamu terlihat pandai jika membagikannya kepada teman-temannya, dll.

Setidaknya plugin ini bisa menghilangkan efek psikologis negatif yang timbul dari angka share yang tidak ciamik seperti cuma 1 atau 2 atau bahkan 0.

Follow Juan:

Saya suka sekali internet, dan saya suka menulis.

Leave a Reply