Keuntungan Memiliki Blog 2 Bahasa dan Kaitannya Dengan AdSense

posted in: Mobil | 2

Artikel ini saya buat berdasarkan pertanyaan dari Arman salah satu pembaca blog dUS, yaitu:

Malam mas Juan, mau tanya nih, beberapa waktu lalu saya lihat blog milik mas pakai 2 bahasa, ya? Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Tapi sekarang saya cari kok ndak ada? Yang mau saya tanyakan, apa keuntungan memakai 2 bahasa yang berbeda dalam 1 blog? dan apakah baik untuk dimonetize dengan Adsense? sebelumnya, thanks atas jawabannya :)

Pertama, alasan saya sebelumnya membuat blog ini menjadi dua bahasa adalah:

  1. Awalnya saya ngeblog dengan bahasa Indonesia. Karena saya pikir tentu lebih mudah menulis dalam bahasa sendiri.
  2. Seiring waktu saya belajar, ternyata potensi CPC AdSense di setiap negara tidak sama. Negara luar, khususnya US dan Arab Saudi memiliki potensi earning lebih besar, jika bukan yang terbesar. Jadi saya menambahkan bahasa Inggris.

Namun demikian di di penghujung bulan Desember ini, saya memikirkan alternatif lain untuk memonetasi blog.

Saya belajar dari blogger-blogger besar, bahwa terlalu berbahaya untuk menggantungkan penghasilan dari satu sumber saja. Jika salurannya mampet habis sudah.

Pengalaman saya dan pengalaman publisher AdSense Indonesia lain mengatakan, pada bulan-bulan tertentu, khususnya yang terdapat liburan panjang seperti Natal & Tahun Baru dan Ramadhan, trafik  bisa turun jauh. Ini juga berimbas pada pendapatan.

Oleh karena itu saya memutuskan untuk tidak bergantung 100% pada adsense.

Alasan lain saya memikirkan alternatif monetasi:

  1. Pendapatan iklan AdSense akan tergantung dari perekonomian.
    Kalau ekonomi negri sedang turun, orang akan mengurangi belanja iklan yang berimbas pada nilai CPC dan akibatnya pendapatan kita sebagai AdSense Publisher terpangkas.
  2. Makin meluasnya penggunaan AdBlocker.
    Ini adalah sebuah aplikasi untuk menghilangkan iklan saat berselancar di dunia maya. Dan juga bertambahnya pengguna UC Browser pada mobile phone yang otomatis sudah ada adblockernya. Sebagaimana kita ketahui, pengguna mobile phone terus bertambah.

Berdasarkan statistik ketika saya pasang anti adblocker, tercatat cukup banyak orang yang menggunakan adblocker.

Menimbang rencana model monetasi saya dan berbagai hal di atas, saya memutuskan untuk kembali berfokus pada pangsa pasar Indonesia.

Keuntungan dan kekurangan memiliki blog dua bahasa

Keuntungannya:

  1. Jangkauan pembaca lebih luas – Anda akan menarik 2 kelompok pembaca berdasarkan bahasanya. Jika bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris, seperti kita ketahui pengguna bahasa Inggris di dunia luas sekali.
  2. Efisiensi bahan – 1 topik yang sudah Anda buat bisa digunakan lagi ke dalam bahasa lain.
  3. CPC AdSense luar negri relatif lebih besar – Ini karena perilaku advertiser tiap-tiap negara berbeda-beda. Arab Saudi dan US memiliki tingkat belanja iklan yang lebih besar daripada di Indonesia.

Namun demikian beberapa kekurangan memiliki blog multi bahasa dari pengalaman saya adalah:

  1. Membosankan – Kalau menerjemahkan sendiri kadang rasanya membosankan. Sebab kembali menulis hal yang sama lagi walau dalam bahasa yang berbeda.
  2. Harus memikirkan relevansi – Topik yang Anda bahas dalam satu bahasa, bisa jadi tidak relevan untuk pembaca yang menggunakan bahasa lain. Karena perbedaan latar belakang.
  3. Mengurus lebih dari “satu anak” – Karena target pangsa pasar terbagi dua. Segala persiapannya menjadi serba dua. Misal dalam mengirim newlsetter, satu ke orang Indonesia, kemudian satu lagi untuk orang luar.

Penutup

Silahkan saja kalau Anda ingin menggunakan blog dua bahasa. Itu tidak akan berpengaruh buruk ke AdSense.

Kalau Anda menggunakan WordPress, Anda bisa memanfaatkan plugin polylang. Gratis. Kompetitornya adalah WPML. Ini plugin berbayar. Biasanya para pengembang lebih memilih mengintegrasikan aplikasinya dengan WPML karena sisi komersialnya. Namun demikian pada umumnya Polylang dapat bekerja dengan baik.

Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan di atas.

Silahkan daftar ke newsletter dUS, untuk mendapatkan informasi-informasi yang semoga bisa membantu Anda menambah penghasilan.

2 Responses

    • Juan

      Tidak perlu pusing pilih server bagus hanya untuk urusan dua bahasa. Pilih saja server yang bagus, titik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.