Berbagai Alternatif Ekspedisi yang Ada di Indonesia

posted in: Berita | 1

Dalam menjalankan bisnis yang melibatkan pengiriman paket antar kota di Indonesia, terkadang Anda tidak bisa menggunakan satu jasa ekspedisi saja. Karena pelanggan-pelanggan Anda mungkin ingin menggunakan jasa eksepedisi yang berbeda-beda.  Sebab mereka memperhitungkan harga, kecepatan dan tingkat profesionalisme ekspedisi berdasarkan pengalaman mereka.

Memang mengirim barang dengan menggunakan berbagai ekspedisi merepotkan apalagi kalau layanan kurir di tempat Anda terpencar dalam jarak yang jauh atau bahkan jenisnya terbatas. Namun untuk Anda yang berada di posisi strategis, ini bisa menambah daya tarik bagi konsumen yang ingin membeli dari Anda.

Mengapa pelanggan lebih senang berbisnis dengan seller yang memiliki pilihan pengiriman yang luas? Karena terkadang untuk keperluan-keperluan tertentu jasa ekspedisi yang satu lebih baik dari yang lain. Selain itu berkaitan dengan harga, seringkali kalau dari kota A ke B ekspedisi X lebih murah, tapi kalau A ke C, ternyata ekspedisi Z lebih murah. Oleh karena itulah orang cenderung memilih ekspedisi yang berbeda untuk kebutuhannya.

BACA JUGA: 3 Akibat Anda Tidak Memberikan Alamat Lengkap Ketika Berbelanja Online

Untuk itu saya akan memberikan daftar dari nama-nama ekspedisi yang ada, serta memberikan informasi untuk beberapa layanan ekspedisi yang pernah saya gunakan.

1. JNE

Ini adalah salah satu ekspedisi yang sudah ternama di Indonesia.

Dalam merambah pangsa pasar ekspedisi JNE sering bekerjasama dengan berbagai marketplace besar seperti Tokopedia dan Shopee.

2. J&T

Salah satu keunggulan dan J&T adalah layanan jemput barang di tempat. Jadi Anda tidak perlu susah-susah ke luar rumah atau kantor untuk mengirim paket. Nanti barang akan ditimbang, resi ditulis tangan, dan pembayaran dapat langsung dilakukan di tempat.

J&T didirikan oleh Jet Lee, CEO ponsel Oppo. Tidak tanggung-tanggung ia menggelontorkan 400 miliar untuk bisa merambah pasar Indonesia.

Untuk saat ini, J&T demi meraih pangsa pasar, di kota-kota tertentu, mereka suka  menawarkan kerjasama dengan orang-orang yang banyak menggunakan jasa ekspedisi, misalnya toko online. Mereka menawarkan program diskon untuk pengiriman paket dalam jumlah tertentu.

3. POS Indonesia

Ini adalah layanan pengiriman yang sudah ada sejak dahulu kala.

4. Pahala

Ini adalah ekspedisi yang sering dipilih apabila orang mengirim paket-paket berat misalnya di atas 5kg.

Bisa jemput paket di tempat dengan minimum berat 50 kg.

5. Wahana

Sebagian orang memilih Wahana karena harganya umumnya lebih murah walau tidak selalu. Hanya saja kekurangannya biasanya paketnya lebih lama sampai dibandingkan kurir lain.

Wahana biasanya mewajibkan asuransi untuk barang-barang yang bernilai di atas Rp. 299.000,-.

6. Deliveree

Kalau Anda perlu mengirim barang dan sampai hari itu juga di kota Anda. Anda bisa mencoba layanan ini. Mereka seperti Gojek tapi hanya berfokus pada barang.

Mereka menyediakan beberapa jenis kendaraan, mulai dari motor, city car, hingga mobil box, tergantung dari berat dan ukuran paket.Biayanya mereka dihitung dimulai dari 5km pertama kemudian baru km selanjutnya. Selain itu juga ada biaya untuk service-service tertentu.

7. Gojek

Pendiri Gojek, Nadiem Makarim melihat peluang untuk lebih memberdayakan ojek di tanah air. Dari yang awalnya hanya menunggu di pangkalan, kini dengan bantuan apps, kebutuhan akan mobilitas dengan menggunakan ojek dapat lebih dimaksimalkan.

Gojek tidak memiliki armada kendaraan sendiri, melainkan memanfaatkan ojek-ojek yang sudah ada sebelumnya dan juga orang-orang yang memiliki motor dan ingin mencari uang.

Kini Gojek juga merambah ke urusan ekspedisi. Anda dapat memesan Gojek untuk urusan pengantaran paket atau dokumen. Sama seperti Deliveree, layanan ini dapat memenuhi kebutuhan Anda untuk menyampaikan kiriman pada hari yang sama.

8. TIKI

9. SAP

10. IDeX

11. ESL – Eka Sari Lorena

12. Star Cargo

Layanan Star Carg biasanya digunakan untuk pengiriman barang-barang berat

13. Lion Parcel

Ini adalah ekspedisi menggunakan udara. Ekspedisi ini dimiliki oleh lion air itu sendiri. Menurut informasi salah satu kelebihan dari Lion Parcel adalah pada saat bulan-bulan atau hari-hari tertentu, seperti bulan Ramadhan, Tahun Baru, Hari Natal, dsb, ketika terjadi lonjakan pengiriman paket dan kapasitas maskapai tidak memadai, maka paket-paket dari Lion Parcel akan mendapatkan prioritas. Sehingga paket Anda lebih terjamin lebih cepat sampai.

14. Mex Barlian

15. CMC

Apabila tujuan paket Anda mencakup kota-kota ini:

Bandung | Jakarta | Padang | Bukittinggi | Batusangkar | Pasaman | Solok | Pariaman | Payakumbuh | Sawahlunto | Pekanbaru | Padang Sidempuan | Panyabungan | Sibolga | Medan | Binjai | Aceh | dan kota lainnya disekitar kota yang disebutkan diatas

Mungkin Anda dapat mempertimbangkan menggunakan ekspedisi ini. Sebagai contoh biaya Jakarta – Medan hanya Rp. 3500.

BACA JUGA: Di sini! Lokasi Ekspedisi Cipta Mandiri Cargo (CMC) Cabang Roxy Mas – Jakarta Barat

 

Beberapa pengetahuan tambahan tentang jasa ekspedisi, diantaranya:

  1. Ternyata beberapa jasa ekspedisi menyediakan layanan jemput paket di tempat. Dengan demikian Anda tidak perlu datang ke gerai (lumayan hemat bensin). Ada Ekspedisi yang memerlukan berat minimum untuk bisa dijemput, tapi ada juga yang tidak.
  2. Layanan jemput paket di tempat ada yang memang resmi merupakan program dari kantor pusat, tapi ada juga yang tergantung dari masing-masing agen. Agen adalah orang-orang yang ikut waralaba/franchise dari jasa ekspedisi yang tersedia.
    Sebagai contoh J&T memiliki program layanan jemput paket resmi, sedangkan Wahana tergantung dari Agen masing-masing.
  3. Ada pengusaha yang dalam satu tempat menyediakan jasa pengiriman dari berbagai ekspedisi. Sehingga Anda bisa dimudahkan untuk urusan pengiriman.
  4. Apabila Anda sudah secara reguler menggunakan agen tertentu, kadang pemilknya bersedia untuk menagih pembayaran di setiap minggu, atau akhir bulan.

Ada baiknya Anda menjajal berbagai layanan yang ada. Sebab dengan demikian Anda bisa memilih jasa ekspedisi yang terbaik untuk Anda dan konsumen Anda.

Misalnya:

Deliveree dan Gojek sama-sama bisa digunakan untuk mengambil paket/barang. Namun setelah saya coba, Deliveree masih terasa lebih baik. Alasannya, kalau Deliveree saat drivernya mengambil order, dia akan mengontak Anda untuk konfirmasi. Sedangkan kalau Gojek, setelah dia menerima order melalui aplikasinya, nanti tiba-tiba dia bisa membatalkan. Kalau timing adalah sesuatu yang penting di usaha Anda, menggunakan jasa Gojek agak was-was.

Perhatikan juga kalau ada pelanggan Anda yang meminta secara spesifik jasa ekspedisi tertentu yang berada di alamat tertentu. Biasanya mereka sudah memperhitungkan kecepatan.  Sebab biasanya paket dari agen masih harus dipickup lagi ke cabang. Ini jadi tambah waktu. Jadi jangan Anda berkata ya, Anda akan kirim dari A, tapi Anda kirim dari B, itu akan mengecewakan pelanggan.

Informasi lainnya adalah, ada kalanya ketika Anda mengirim paket lewat agen, datanya masih memerlukan waktu untuk sampai ke database pusat. Sehingga jangan kaget, kalau pelanggan Anda tidak dapat menemukan nomor resinya saat mereka mencoba tracking.

Oke, itu sebagian dari pengalaman saya menggunakan berbagai jasa kurir atau ekspedisi, bagaimana dengan Anda? Apakah masih ada jasa ekspedisi yang belum tercantum? Dan bagaimana pengalaman Anda?

Leave a Reply