Beda AdWords dan AdSense

posted in: Uang | 3

Dari komentar-komentar yang berkaitan dengan Tutorial AdWords saya terkadang mendapati pertanyaan-pertanyaan yang menunjukkan, bahwa orang sering mencampuradukkan antara AdWords dan AdSense.

Padahal AdWords dan AdSense adalah dua produk Google yang berbeda, meskipun ada keterkaitan.

Apa bedanya?

pertanyaanAdWords adalah produk Google untuk memasang iklan, mempromosikan produk atau jasa Anda di jaringan Google. Iklan tersebut bisa muncul di mesin pencari Google, di YouTube, di berbagai situs yang bekerjasama dengan Google, dan lain-lain.

Kalau Anda pakai AdWords, pastinya Anda keluar uang untuk bayar space iklan. Biayanya dihitung per klik atau per 1000x tayang.

AdSense adalah produk Google yang memungkinkan Anda mendapatkan penghasilan. Kalau Anda memiliki situs yang ramai, Anda bisa bisa menampilkan iklan Google di situs Anda. Iklan tersebut berasal dari dari pengusaha yang pasang iklan lewat AdWords.

Jika ada pengunjung yang klik iklan tersebut, Anda mendapat pemasukan. Besarannya variatif. Akan tetapi persentase bagi hasil antara Anda dan Google adalah 68% dan 32%.

Untuk bisa menampilkan iklan Google dan mendapatkan penghasilan, Anda harus mengajukan permohonan terlebih dahulu untuk menjadi seorang AdSense Publisher. Gratis. Namun demikin untuk IndonEsia saat ini, susah sekali untuk diterima.

Ok, semoga artikel singkat ini membantu Anda lebih memahami perbedaan AdWords dan AdSense.

Baca juga: AdSense: Kenapa Pendapatan Hanya Berkisar $0 Terus.

3 Responses

  1. Eza

    Mas Juan,
    mantap mas, saya hari ini sedang baca2 tentang google adwords.
    sebelumnya saya pikir adwords dan adsense ini 1 kesatuan.. hehe
    eeeh untungnya pas baca di komentar pada posting “Cara Buat Iklan di Google Adwords untuk Pemula”, ada komentator yang menanyakan pertanyaan ke mas juan. ternyata pertanyaan itu ttg adsense, bukan adwords.

    yang jelas. nice share mas. sangat bermanfaat.

    saya nyimak di adwords lagi deh. masih berusaha mengerti cara kerjanya :)

    terimakasih atas informasi yg mas juan share. nice!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.