Bahaya Menggunakan Username, Email dan Password yang Sama untuk Semua Akun Anda

posted in: Lain-lain | 0

Mengingat username dan password memang benar-benar merepotkan. Hampir di setiap layanan mengharuskan kita membuat akun. Bahkan teman saya sampai sering lupa sendiri username dan passwordnya.  Sehingga cara yang paling sederhana adalah menyamakan semua email, username dan password.

Jika Anda ingin menggunakan cara ini, disarankan Anda memisahkan antara informasi akun untuk hal-hal yang biasa dengan hal-hal yang berkaitan dengan finansial, seperti akun Paypal Anda.

bahayaSebagai contoh Anda menggunakan jasa hosting.  Sebenarnya sangat mudah bagi pengelola hosting untuk menampilkan username, email dan password Anda. Dalam beberapa situasi tertentu, ketika Anda sedang ada masalah, mereka mungkin melakukan itu sebagai langkah solusi.

Namun demikian di sinilah letak masalahnya. Dengan kemampuan seperti itu dan jika Anda menggunakan “satu kunci” untuk “semua pintu,” maka akan ada potensi bahaya yang mengintai.

Sebagai contoh Paypal adalah salah satu layanan yang paling banyak digunakan di dunia. Jika di antara karyawan hosting ada yang tidak benar, bisa saja orang itu coba-coba untuk mengakses.

Melihat potensi bahaya ini, maka ada baiknya Anda memisahkan username/email dan password yang Anda gunakan untuk hal-hal biasa dengan hal-hal yang berhubungan dengan finansial.

Memang agak merepotkan, tetapi keamanan dan kenyamanan selalu berbanding terbalik.

Leave a Reply