AdSense: Kenapa Pendapatan Hanya Berkisar $0 Terus

posted in: Blog | 36

Mimpi mendapatkan beribu-ribu dolar membayangi angan-angan para Publisher Adsense. Inilah jalan menuju kebebasan finansial. Yes!

Mereka pun bersemangat melamar AdSense berulang-ulang, meskipun ditolak dan ditolak lagi.

Ketika sudah mendapatkan akun AdSense mereka melongo. Sebab penghasilannya dari hari ke hari, bulan ke bulan bertengger di angka $0.

Perbaiki ekspektasi

Para AdSense Publisher pemula biasanya memiliki ekspektasi yang keliru. Sebab mereka tidak memiliki bayangan tentang target yang harus mereka capai. Selain itu AdSense bukanlah cara cepat menjadi kaya.

Ditambah, terkadang mereka membaca artikel-artikel seperti Cara Mendapatkan $100 per Hari dari AdSense dengan Mudah yang ditulis oleh orang-orang yang belum mendapatkan $100 per hari.

Berapa banyak trafik yang diperlukan untuk menghasilkan $100/bulan?

Mari kita sedikit realistis dan menuju ke urusan angka. Pada dasarnya penghasilan Anda tergantung dari 3 hal:

  1. Jumlah pengunjung
  2. CTR (Click Through Rate) – Berapa persen dari total pengunjung yang klik iklan.
  3. CPC (Cost per Click) – Uang yang Anda dapatkan per klik.

PENGUNJUNG x CTR x CPC = $$$

Mari kita jangan bicara berpenghasilan muluk-muluk. Katakanlah target pertama kita $100 per bulan. Itu adalah jumlah minimum untuk bisa tarik uang dari AdSense.

PENGUNJUNG per bulan = $100 / (CTR x CPC)

Kasus terburuk, CTR hanya dapat 0.50% atau bahkan bisa lebih rendah. Untuk blog berbahasa Indonesia anggap saja rata-rata CPC $0.08 per klik. Yah, angkanya memang sadis, bahkan bisa lebih sadis lagi.

Berapakah total jumlah pengunjung per bulan dan per hari yang dibutuhkan untuk menghasilkan $100 per bulan?

PENGUNJUNG per bulan:

$100 / (0.50% x $0.08)

Hasilnya:

250.000 orang

PENGUNJUNG per hari:

250.000 / 30 hari

Hasilnya

8.333 orang

Yah bisakan Anda menarik 8.333 orang tiap harinya?

Tentu angka ini bisa berubah kalau Anda bisa meningkatkan faktor-faktor penentu di atas. Misalnya jika Anda bisa meningkatkan CTR sebanyak 2x, maka kebutuhan trafik akan berkurang setengahnya. Bila CPCnya meningkat, maka kebutuhan akan visitor akan lebih rendah lagi.

Hadapi kenyataan

Dalam menghasilkan uang kita harus menghadapi kenyataan. Beberapa realita dalam AdSense adalah:

#1
Nilai rata-rata CPC iklan tiap negara berbeda – beda

Berapa uang yang Anda dapatkan dari setiap klik, tergantung dari seberapa berani pemasang iklan Google keluar uang. Semakin besar, maka semakin besar pula penghasilan Anda.

Kebiasaan belanja para pengusaha di masing-masing negara berbeda-beda sehingga rata-rata CPC iklan-iklannya tidak sama.  Menurut WordStream, Emirat Arab memiliki rata-rata CPC 8% di atas AS. Indonesia, 62% di bawah AS.

10 negara peringkat teratas dengan rata-rata CPC tertinggi beserta bahasa yang digunakan, di luar Emirat Arab dan AS, adalah:

  1. Austria – bahasa Jerman
  2. Australia -bahasa Inggris
  3. Brazil – bahasa Portugis
  4. The United Kingdom – bahasa Inggris
  5. New Zealand – Maori & bahasa Inggris
  6. Chile – bahasa Spanyol
  7. Switzerland – bahasa Jerman, Perancis, Italia dan Romansh
  8. Italy – bahasa Italia
  9. Canada – bahasa Inggris
  10. Germany – bahasa Jerman

Ternyata 6 dari 10 negara menggunakan bahasa Inggris, maka pertimbangkanlah untuk menggunakan bahasa tersebut untuk menarik visitor dari negara-negara tersebut. Dengan demikian iklan yang tampil juga akan berasal dari negara-negara ber-CPC iklan tinggi.

#2
Potensi nilai rata-rata CPC setiap niche berbeda

Seperti dikatakan di atas, besaran nilai CPC iklan tergantung pada besaran belanja pemasang iklan. Untuk barang atau jasa yang nilainya jutaan, biasanya memungkinkan pengusaha untuk keluar uang lebih banyak demi mendapatkan pelanggan melalui iklan.

Jadi biarpun Anda menarik pengunjung dari AS, CPC iklan di niche yang berkaitan dengan kesehatan bisa berbeda dengan niche tentang agama.

3#
Sebagian niche memiliki CTR yang rendah

Ada niche yang kurang cocok untuk AdSense, misalnya niche tentang AdSense atau tentang blogging. Sebab pengunjungnya adalah orang-orang yang melek dan melihat iklan setiap harinya. Mereka telah terlatih untuk mengacuhkan iklan.

Blog-blog yang berkaitan dengan produk dan jasa memiliki kesempatan sukses yang lebih tinggi. Sebab relevansinya dengan iklan produk/jasa juga lebih tinggi.

Bukan berarti Anda tidak bisa sukses dengan niche di luar itu, tetapi Anda akan butuh trafik yang luar biasa banyak, melebih angka yang saya tulis di atas.

#4
Tidak semua orang bisa membuat konten hebat

Blog yang berhasil biasanya memiliki konten yang berguna atau menghibur. Blog berkualitas biasanya dikelola oleh seorang expert. Oleh karena ia bisa bercerita banyak hal yang insightful, sebab ia mengerti banyak hal.

Tapi kenyatannya tidak semua orang memiliki keahlian di bidang tertentu.

Tidak apa-apa Anda bisa membuat blog yang berisi tentang perjalanan Anda dalam mencapai sesuatu.

Misalnya:

Anda kelebihan berat badan, lalu Anda ingin menguruskan badan. Anda dokumentasikan semua yang Anda lakukan untuk mencapai berat yang Anda inginkan.

Sebagaimana Anda tahu, banyak orang yang berjuang untuk bisa kurus. Dan mereka tidak tahu caranya. Orang-orang ini bisa saja mengikut proses perjalanan Anda. Dan saat berhasil, semakin banyak orang yang ingin tahu caranya.

Cara ini seperti sudah dilakukan oleh orang-orang seperti:

  1. Patt Flyn dengan situs GreenAcademyExam.com
    Awalnya dia membuat blog itu untuk membantunya belajar untuk melewati suatu ujian sertifikasi. Ternyata banyak orang yang membaca catatannya. Akhirnya dari situ ia membuat produk sendiri tentang cara melewati ujian itu dan menghasilkan pendapatan online pertamanya.
  2. Leo Babauta dengan zenhabits.com.
    Dia adalah orang yang awalnya memiliki hidup yang beratakan. Namun perlahan-lahan,  ia mengubah kebiasaannya dengan Zen. Ia berhenti merokok, belajar lari marathon, belajar makan makanan yang sehat, ia dokumentasikan itu di dalam blognya. Orang-orang ingin belajar darinya, sebab mereka ingin hidup mereka jadi lebih baik.

#5
Para blogger senior banyak gagal dan telah ngeblog bertahun-tahun

Banyak AdSense Publisher pemula yang baru ngeblog 2 bulan, sudah mengeluh. Kenapa ya tidak ada yang klik iklan saya. Pertama lihat dulu perhitungan di atas. Selanjutnya belajar dari yang senior. Darren Rowse dulu memiliki blog sampai 30 buah. 28 diantaranya gagal dan hanya 2 yang berhasil berkembang, Problogger dan Digital Photography School.

Menurut Darren kemungkinan diperlukan waktu 1-3 tahun untuk berhasil. Namun itu pun tidak pasti.

Patt Flyn butuh proses 1,5 tahun lebih untuk bisa mulai menghasilkan dari online.

36 Responses

  1. Agung Fajar Baru

    Kesuksesan memang penuh perjuangan pak, jatuh bangun jatuh lagi dan harus bangun dan berusaha berdiri tegak…. :)
    Banyak yang berambisi untuk cepat mencapai target, tapi banyak pula yang mengeluh…. tetap berusaha.
    Thanks info nya pak, saya newbie tentang blogger , udah 2 x di tolak google ads… tapi terus coba ndaftar lagi sampai di Aprove. hehe….

  2. Wans

    Betul pak ita harus sabar,,, segala sesuatu juga membutuhkan proses.. sedkit demi sedikit lama lama menjadi bukit..

    • Juan feju

      Sambil terus belajar. Karena bisa saja habis bertahun-tahun tanpa hasil yang memuaskan. Kalau dah tahu selanya dan bisa eksekusi, biaya waktunya akan lebih sedikit.

  3. wirahadi kusuma

    Terima kasih atas penjabarannya mas, dapat menambah wawasan baru bagi saya yg masih pemula. Sepertinya tidak hanya mampu membuat artikel yg bagus tapi butuh strategi yg matang agar iklan adsense bisa tepat sasaran dan mendapatkan klik iklan. :) Nice info mas

  4. thomo

    hmmm… menohok namun itulah kenyataannya… harus banyak minum susu lagi nih

  5. ariefsigli

    terjawab sudah bermacam pertanyaan saya tentang adsense. ternyata butuh masih banyak waktu untuk saya mencapai traffik mumpuni. sunguh kasian diriku

  6. Malian kholid

    Saya pemula dan masih sangat bingun dg akun youtobe yg saya miliki, akun saya baru 5 hari dg jumlah view 110 dan total video 5, saya bingun cara memunculkan iklanya, apakah iklan itu kita yg membuat atau sudah otomatis muncul setelah vidio di upload

    • Juan feju

      Setahu saya ada tanda untuk bisa monetize. Tapi mesti lamar dulu sebagai Adsense Publisher

  7. purnadi

    PR-nya sekarang adalah bagaimana menarik pengunjung ke web kita, tetap semangat bos, sama sya juga belum berhasil.

  8. Suratno

    Sangat membatu, saya juga berpikir kalo sudah keterima di adsense bakalan cepet gajian. Tapi mindset yang saya terapkan selama ini salah. Butuh kerja keras untuk mendapatkan seperti yang di inginkan, tetapi saya optimis suatu saat blog yang saya keloka bisa menjadi besar yang tentunya untuk meyenangkan orang-orang tercinta. Terima kasih mas.

  9. Ahmad Sofi

    Kembali tersadar setelah membaca artikelnya om juan yang satu ini. Setelah beberapa bulan ninggalin blog sampai Google webmasternya minta di verifikasi ulang :D

    berat2 susah emang kalau kerja sambil ngeblog sana sini :p

    Makasih om juan buat artikelnya…

    #BukanCurhatBiasa :D

  10. febby

    Untuk pemula dan ngejar trafik cara yang saya lakukan adalah dengan membuat blog gado gado.. Hasilnya trafiknya lumayan meskipun belum bisa menghasilkan dollar..
    beberapa senior memang mengusulkan apapun niche blog, Usahakan blog” tersebut per hari 10rb pg view.. pasti menghasilkan..

    • Juan feju

      Yup, kalau bisa 10 ribu PV/ hari, kemungkinan sangat besar sudah bisa menghasilkan. Itu perhitungan dengan CTR dan CPC sangat rendah.
      Tetapi perlu dicatat, bahwa untuk mencapai angka itu tidaklah mudah. Dan nubi biasanya belum memiliki gambaran seberapa susah atau terkadang memiliki ekspektasi yang salah. Karena ia membaca pengalaman orang lain, yang biasanya tidak menceritakan semuanya atau terkadang juga apa yang dibagikan di luar sana bukanlah hasil pengalaman sendiri namun seolah-olah itu pengalamannya sendiri.

  11. masandry

    Betul sekali. Nyari dollar di GA memang butuh perjuangan dan kerja keras pantang menyerah. Dan yang terpenting adalah FOKUS. Saya hampir 4 tahun main GA baru dapat bayaran 2x karena nggak fokus. Tergoda untuk mencoba-coba bisnis yang lain terus ….

  12. Agustina

    Wah artikel ini sangat memotivasi saya membuka pikiran saya bahwa kaya itu tidak bisa dalam satu malam. Great post mas juan :-)

    • Juan feju

      Yah, segala sesuatu memang butuh waktu dan proses. Namun kalau sudah punya pengetahuan dan pengalaman yang tepat, biasanya bisa mempercepat proses itu. Masalahnya kalau kita masih baru, banyak hal yang tidak kita tahu.

  13. rush

    mantap postingannya,, sangat memotovasi. kebanyakan pemula memang terlalu sibuk untuk membaca cerita kesuksesan orang lain dan tips cara cepat dapat uang dari adsense. kita lupa bahwa tugas kita sebagai blogger adalah menghasilkan postingan berkualitas.

  14. rayhandi

    Iya betul sekali mas untuk sukses di adsense itu butuh perjuangan yang panjang jika kita tidak kuat mental kita bisa menyerah sebelum sukses. Dulu saya juga gitu saya berpikir jika adsense itu bisa menjadi jalan tikus ” CEPAT KAYA ” tapi sekarang setelah saya di terima adsense saya baru sadar. Thank untuk artikelnya yang sangat bagus dan bermanfaat terutama untuk kami yang masih meraba raba di dunia blogging!

    • Juan feju

      Hehe.. Mas Rahyandi tidak sendiri. Saya juga pikir demikian waktu di awal-awal.

    • Juan feju

      Hehe.. Mas Rahyandi tidak sendiri. Saya juga pikir demikian waktu di awal-awal.

    • Juan feju

      Oh, pusing dimananya? Mungkin saya bisa membuatnya lebih tidak memusingkan.

  15. agifa

    Memang semuanya butuh waktu mas. Saya sendiri udah 1 tahun ngeblog dan belum menghasilkan. Tpi saya tetap semangat, pantang menyerah!

  16. Ahmad Fahrurroji

    Perhitungan yang realistis mas, semuanya butuh waktu dan proses yang panjang dibarengi kesabaran juga. Apa yang ingin dicapai tidak serba instan karena tergiur dengan keinginan awal yang berharap mendapatkan penghasilan lebih dari adsense ternyata yang didapat masih zero seperti mas juan katakan.

    Makasih mas sangat membantu sekali.

Leave a Reply