Menelanjangi 15+ Plugin WordPress untuk Kepuasan Narablog Pemula

Menelanjangi 15+ Plugin WordPress untuk Kepuasan Narablog Pemula

posted in: Blog | 2

Narablog pemula biasanya suka sekali coba-coba plugin. Mereka ingin tahu plugin itu untuk apa, yang paling bagus yang mana, dsb. Untuk itu saya akan mengupas 15+ plugin terbaik versi saya.

Semua plugin di bawah ini sudah saya pakai sejak lama. Kamu bisa gunakan ini untuk blog kamu atau bisa juga sekedar untuk perbandingan. Semoga bermanfaat

[toc]

1. Akismet

Sulit untuk berkata tidak kepada plugin ini. Selain gratis, plugin ini dapat menyelamatkan dirimu dari komentar-komentar spam yang menyebalkan.

Aksi tebar komentar sampah ini biasanya dilakukan oleh bot, suatu program otomatis. Tujuannya adalah untuk mendapatkan tautan balik yang dapat mendorong peringkat situs tertentu di SERP (Search Engine Result Page) dan mendapatkan aliran trafik pengunjung.

Komentar spam seringkali tidak nyambung dengan artikel. Meskipun bisa juga mereka menggunakan kalimat-kalimat yang lebih umum agar bisa nyambung ke banyak artikel, misalnya:

Artikel yang sangat luar biasa, saya belajar banyak dari artikel ini. Teruskan membuat tulisan-tulisan yang bagus ini. Saya menunggu tulisan Anda yang selanjutnya.

Yang pasti komentarnya selalu dilengkapi dengan tautan-tautan yang tidak jelas, contoh:

Kkomentar spamKenapa sebaiknya kamu pasang plugin ini:

  1. Semua narablog pasti akan dapat komentar spam.
  2. Akismet mampu bekerja dengan luar biasa.
    Data statistik menunjukkan, bahwa blog dapur-uang.com pada bulan September 2014 digempur dengan spam sebanyak 1885 kali. Berkat plugin ini saya tidak perlu berurusan dan membuang waktu saya menyortir satu-persatu spam yang masuk.

Hasil kerja akismet

2. WordPress SEO

Plugin besutan tim Yoast ini akan sangat membantu sekali SEO blog kamu. Fiturnya komplit, misalnya ada:

1. Meta tag.
Meta tag adalah suatu koding HTML yang disematkan di setiap laman artikelmu. Mesin pencari menggunakannya untuk menampilkan judul artikel dan penjelasan singkatnya pada hasil pencarian. Contoh:Hasil pencarianUntuk menggunakannya pada saat pembuatan artikel kamu cukup mengisi field-field yang diminta, selebihnya plugin yang akan mengaturnya.

2. OpenGraph Facebook, Twitter dan Google+.
Opengraph fungsinya mirip dengan meta tag. Dengan mengisi field-field yang diperlukan kamu bisa mengatur tampilan saat artikel dibagikan di medsos

3. Verifikasi untuk Webmaster Tools.
Webmaster Tools adalah layanan gratis yang disediakan oleh mesin pencari populer seperti Google, Bing, Yandex untuk memelihara keberadaan situs kita di dunia maya.

Disana kita bisa juga mendaftarkan blog kita  agar lebih cepat terindeks di database mereka. Prosesnya memerlukan beberapa langkah. Dengan plugin ini proses itu dapat dipersingkat dan lebih mudah.

4. Sitemap.
Sitemap adalah sebuah daftar mengenai struktur blog kamu sehingga bot penjelajah mesin pencari dapat dengan baik menelusuri blog kamu dan mengindeksnya di database mereka.

5. URL Canonical.
Bagi yang baru di dalam dunia internet mungkin ini istilah yang membingungkan. Penjelasan sederhananya adalah satu laman bisa terindeks dengan dua atau lebih url yang berbeda. Hal ini membuat satu laman seperti memiliki konten duplikat. Ini kurang menguntungkan bagi SEO. Dengan URL Cannonical, mesin pencari menjadi tahu, bahwa seluruh url itu merujuk pada satu laman saja.

3. Better WordPress Google XML Sitemaps

Memiliki sitemap untuk blog kamu adalah baik, karena memudahkan mesin pencari menjelajahi dan mengindeks blog kamu.

Plugin ini dapat membuat file sitemap dan memecahnya agar tidak terlalu panjang. Ingat untuk memasukkan filenya ke Webmaster Tools.

Plugin ini juga dapat nge-ping mesin pencari setelah kamu menerbitkan artikel.

4. Jetpack by WordPress.com

Hubungan narablog dengan Jetpack itu seperti cinta dan benci. Plugin ini datang dengan banyak modul yang berguna. Hanya saja tidak semuanya terpakai. Bila seseorang hanya perlu satu saja, misalnya modul untuk melihat trafik blog, mau tak mau dia harus menginstal semua modul.

Saat ini total modul ada 33. Saya akan bahas 5 modul yang mungkin kamu perlukan, jadi tidak perlu cari lagi kesana-kemari:

  1. Widget visibility, mengatur widget agar bisa tampil di laman tertentu saja.
  2. Mobile theme, bila blog kamu tidak responsif, namun kamu ingin tampilannya pas untuk perangkat bergerak.
  3. Custom CSS, untuk menimpa CSS dari style default.
  4. Publicize, untuk menerbitkan artikel kamu otomatis di beberapa medsos.
  5. Extra Sidebar Widgets, widget tambahan, salah satu yang kamu mungkin pakai adalah widget Facebook Like.
  6. dll.

5. nrelate Related Content

Plugin ini dapat menampilkan sejumlah artikel yang berkaitan dengan artikel yang sedang di baca oleh penggunaan.

Jetpack sebenarnya memiliki modul berfungsi sama, hanya saja terbatas sebanyak 3 artikel saja. Meskipun dengan koding tertentu bisa berubah jumlahnya, tapi tata letaknya bisa jadi berantakan.

Saya sangat menyarankan untuk memasang plugin ini, karena dapat meningkatkan page view dan membantu artikel-artikel lama untuk dibaca orang kembali.

6. Smush.it

Smush.it akan mengoptimalkan gambar yang kamu unggah ke server.

Suatu saat bila mengetes blog misalnya dengan Page Speed test dari Google. Biasanya ada muncul saran cara mengoptimalkan situs. Gambar sering dikatakan masih bisa dioptimlakan sekian persen, sehingga ukuran filenya lebih kecil.

Dulu waktu saya belum tahu, saya coba ini itu tidak membuahkan hasil. Ternyata plugin inilah jawabannya.

7. Lazy Load

Plugin ini dapat membantu kecepatan pemuatan laman. Caranya adalah dengan menampilkan gambar yang hanya sedang dilihat pengguna saja. Silahkan pasang plugin ini.

8. Broken Link Checker

Google tidak menyukai situs yang memiliki tautan yang mati. Karena hal itu bisa memberikan pengalaman pengguna yang buruk. Sebagai tindakannya Google akan menurunkan peringkatmu di hasil pencarian mesin pencari. Tentu kamu tidak mau itu.

Plugin ini akan bisa mendeteksi tautan mati dan melapor kepadamu lewat email. Dengan demikian kamu bisa menghapusnya atau memperbaikinya.

9. Social Share Starter by KK

Daripada hanya menampilkan jumlah share masing-masing dari setiap layanan sharing, plugin ini akan mengakumulasikan keseluruhannya.

Social share starter kkTujuannya adalah agar terkesan lebih banyak orang yang membagikannya, sehingga menunjukkan positive social proof dan mendorong orang lain untuk turut melakukan yang sama.

Menurut ilmu psikologi orang cenderung melakukan hal yang sama. Sebelumnya saya pernah membahasnya dengan lebih lengkap, silahkan lihat: Angka 0 di Tombol Share Bisa Berdampak Buruk Bagi Artikelmu

10. Grab & Save

Kemudahan dan kenyamanan, inilah yang ditawarkan plugin ini. Kamu menemukan gambar yang bagus di Internet dan ingin menggunakannya? Daripada melakukan 2 kali langkah, yaitu menyimpan ke komputer, lalu mengunggahnya ke server, lebih baik simpan langsung saja ke server. Plugin ini memampukanmu untuk melakukan itu.

11. Regenerate Thumbnails

Ada kalanya kamu perlu memproses ulang gambar-gambarmu, karena kamu melakukan perubahan pengaturan ukuran gambar. Plugin ini dibuat untuk itu.

Plugin ini mungkin juga perlu kamu gunakan, kala kamu berganti tema. Karena kadang tema juga memiliki pengaturan gambar sendiri untuk fitur-fiturnya. Untuk itu kamu perlu mengulang proses pembuatan seluruh gambar.

12. WP Maintenance Mode

Plugin ini untuk memberikan halaman pengumuman, bahwa blog kamu sedang dalam perawatan.

13. Images Cleanup

Dari satu gambar yang kamu unggah ke server, WP akan membuat beberapa file gambar untuk beberapa ukuran yang berbeda. Masalahnya tidak semua ukuran selalu digunakan. Jadi ada file yang mubazir dan hanya memakan tempat. Jika kamu mau menghapusnya gunakanlah plugin ini.

14. WP Clean Up

Ada saatnya kamu mau menghilangkan hal-hal yang tak berguna di blog kamu seperti data tentang “revision” “draft” “auto draft” “moderated comments” “spam comments” “trash comments” “orphan postmeta” “orphan commentmeta” “orphan relationships” “dashboard transient feed”

Gunakan plugin ini untuk bersih-bersih.

15. Polylang

Apakah kamu memiliki blog mulitbahasa? Polylang dapat mengakomodasi kebutuhanmu. Plugin ini juga terdapat switcher sehingga kamu bisa berganti bahasa dengan mudah, misalnya dari Bahasa Indonesia ke Inggris dan sebaliknya.

16. WP-PageNavi

Kalau kamu ingin blog kamu memiliki halaman navigasi dengan angka-angka daripada hanya sekedar tombol “newer post” dan “older post”, kamu bisa menggunakan plugin ini.

17. TablePress

Dulu saya mencari kesana-kemari plugin yang bisa menyortir dan mefilter tabel. Kamu tidak perlu buang waktu, gunakan saja tablepress.

18. Video Thumbnails

Pakai plugin ini bila kamu ingin bisa mendapatkan gambar thumbnail dari video yang kamu embed dari YouTube, Vimeo, Facebook, Vine, Justin.tv, Twitch, Dailymotion, Metacafe, VK, Blip, Google Drive, Funny or Die, CollegeHumor, MPORA, Wistia, Youku, and Rutube.

Plugin rada-rada

Apa maksudnya rada-rada? Artinya kamu perlu hati-hati dalam  menggunakannya.

1. Ad Injection

Menurut saya plugin ini sangat bagus sekali bagi publisher Adsense. Karena fitur untuk mengelola iklan kamu sangat lengkap, misalnya:

  1. Bisa menyisipkan iklan pada konten.
  2. Tersedia widget – lengkap dengan fitur rotation (beberapa iklan tayang bergantian).
  3. Bisa untuk memblok IP yang mencurigakan.
  4. Bisa mengatur iklan muncul di paragraf atau karakter ke berapa.
  5. Bisa mengaktifkan atau menonaktifkan iklan di jenis laman tertentu
  6. dsb.

LIHAT JUGA: Teknik Lengkap Memasang Iklan Adsense di Blog WordPressmu di Posisi Terbaik

Hanya saja kekuarangannya plugin ini sudah tidak disupport lagi oleh pengembangnya. Walaupun hingga WP versi 4, plugin ini masih bisa berjalan. Dari sisi keamanan kurang bisa dipastikan.

2. W3 Total Cache

Ini adalah andalan saya untuk mempercepat blog dapur-uang.com. Tetapi sayangnya semenjak WP versi 4 plugin ini berhenti berfungsi dengan baik. Pada laman supportnya juga banyak keluhan yang sudah tidak lagi ditanggapi. Jadi apakah plugin ini berhenti sampai disini? Itu belum diketahui

2 Responses

  1. Dedy Akas Website

    Terima kasih Mas Juan… berapa plugin di atas sudah saya miliki…
    Namun sepertinya saya sedang mencari… Plugin yang berfungsi untuk notifikasi komentar melalui email : (contoh : jika Sahabat berkomentar, maka dia akan diberitahu via email, jika komentarnya telah dibalas)…
    Mungkin Mas Juan bisa memberikan rekomendasi… plugin apa itu?

Leave a Reply